banner-detik
EDUCATION

11 Rekomendasi Holiday Camp untuk Anak SD Hingga SMA

author

Sisca Christina05 Jun 2024

11 Rekomendasi Holiday Camp untuk Anak SD Hingga SMA

Anak jenuh dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja? Coba intip beberapa rekomendasi holiday camp untuk anak berikut. Seru dan edukatif!

Sebentar lagi libur sekolah! Anak dan orang tua sama-sama senang. Anak libur belajar, orang tua libur mengantar, hehehe. Namun, kelamaan libur bisa membuat anak jadi mati gaya atau mageran. Ujungnya, libur hanya dihabiskan buat rebahan, main gawai dan pergi ke tempat hiburan satu ke tempat hiburan lainnya. Lama-lama liburan jadi gitu-gitu aja.

Apabila mommies dan anak ingin memperoleh pengalaman liburan yang berbeda, boleh juga mencoba berbagai rekomendasi holiday camp yang sesuai dengan minat anak berikut. Jika kegiatan liburan bisa lebih edukatif namun tetap menyenangkan, kenapa enggak?

Rekomendasi Holiday Camp untuk Anak dari SD Hingga SMA

Berikut ini kami himpun beberapa kegiatan holiday camp untuk anak yang bisa mommies pilih, dari yang bertema teknologi hingga alam.

1. Ingatan Gajah Holiday Camp

Ingatan Gajah adalah lembaga One-Stop Education Services yang mengasah kemampuan berpikir dengan cara yang imajinatif dan menyenangkan. Lembaga ini punya banyak pilihan program bagi anak SD hingga SMA, dari Growth Mindset hingga Public Speaking. Khusus holiday camp, ada dua pilihan program yang bisa diikuti oleh anak usia 11-18 tahun yang diselenggarakan pada 3-6 Juli 2024 di Putri Duyung Cottage Ancol, yaitu:

  • Super Brain Camp dengan tema Membentuk Disiplin dan Mental Pemenang Anak
  • Critical and Design Thinking

Untuk informasi dan pendaftaran, mommies bisa cek websitenya di ingatangajah.id/holidaycamp.

2. KodeKiddo Holiday Program

Sesuai namanya, KodeKiddo adalah tempat belajar coding & AI untu anak-anak. Selama liburan, KodeKiddo mengadakan program bermain sambil belajar coding & AI dengan proyek-proyek seru. Kelasnya tersedia secara onsite maupun online. Periodenya 17 Juni-12 Juli 2024, namun terbagi dalam 4 batch yang bisa mommies pilih. Durasi kegiatan yaitu selama 5 hari dari Senin hingga Jumat. Program ini tersedia untuk anak TK, SD hingga SMA. Info selengkapnya bisa kunjungi situs berikut kodekiddo.com/holiday-program-2024jun.

3. Livesmart YESS21 Holiday Program

Berasal dari Singapura, YESS21 Holiday Program diperuntukkan bagi anak 8-19 tahun dengan memfokuskan pada kegiatan teknik development & perbaikan diri menjadi lebih disiplin. Di program ini, anak-anak dilatih untuk membangun motivasi diri, disiplin, manajemen waktu serta belajar membangun jejaring. Program ini hadir di tiga lokasi yaitu Jakarta, Bali dan Surabaya. Jika ingin daftar, mommies bisa kunjungi livesmartid.com/programs/holiday-program.

4. Kumara Holiday Program

Ingin anak berinteraksi dengan alam semasa liburan sekolah? Coba ikuti Kumara Holiday Program yang diadakan oleh Kebun Kumara. Anak akan diajak belajar seputar dunia kebun mulai dari ekosistem di kebun, mengolah dan merawat tanah, hingga mengeksplorasi berbagai tumbuhan. Program ini terbuka untuk anak mulai dari usia 2-12 tahun. Menarik, ya? Informasi selengkapnya: instagram.com/p/C7QjIdmy74-/?img_index=1

5. Bintang Kecil Public Speaking Holiday Program

Buat si kecil yang talkative, belajar public speaking sebagai kegiatan liburan bisa jadi pilihan menarik. Lokasinya di Yogyakarta, dan tersedia kelas tatap muka. Namun, buat mommies yang berdomisili di luar Yogyakarta, bisa memilih kelas online. Pelaksanaannya mulai 24 Juni hingga 7 Juli 2024. Pilihan kelasnya:

  • Kelas Tatap Muka di Yogyakarta untuk 8-16 thn
  • Kelas online bahasa Indonesia untuk 6-16 thn
  • Kelas online bahasa Inggris untuk 6-16 thn

Pendaftaran dibuka hingga 15 juni 2024 dengan biaya relatif terjangkau, mulai dari Rp200.000-an. Informasi selengkapnya silakan klik tautan berikut: www.instagram.com/p/C7DYJWOSFu4/?hl=en&img_index=1

6. Anak Alam 2024: Eco Warrior Adventure

Rekomendasi holiday camp dengan tema alam berikutnya adalah Anak Alam 2024 yang diadakan Eco Camp. Tujuannya untuk menumbuhkan karakter cinta lingkungan pada anak-anak, sekaligus memupuk nilai tanggung jawab, disiplin, berani dan solidaritas. Diadakan selama 3 hari yaitu 24-26 Juni 2024 di Bandung. Program ini bisa diikuti oleh anak SD kelas 4-6 dan SMP kelas 7-8. Untuk pendaftaran, silakan klik tautan berikut bit.ly/DaftarAnakAlam2024.

Baca juga: Ide Kegiatan Libur Sekolah Untuk Anak Remaja dan Biayanya

7. Merry Riana Learning Center Holiday Program

Holiday program di Merry Riana Learning Center (MRLC) diadakan pada 23-29 Juni 2024, pukul 10.00-17.00. Program ini terbuka untuk anak dan remaja usia 8-19 tahun. Visi dari kegiatan ini yaitu agar anak-anak memperoleh liburan yang bermakna dengan mengikuti kegiatan produktif dan edukatif sehingga ketika masuk sekolah nanti anak lebih termotivasi dan percaya diri. Program ini tersedia di seluruh cabang MRLC. Informasi lebih lanjut bisa diperoleh di tautan berikut merryrianalearningcentre.com/holidayprogram.

8. Junior Lab Indonesia Science Holiday Program

Di program liburan ini, anak-anak diajak bereksplorasi seputar science dengan ambience gunung salju di New Zealand atau pasir pantai Maldives. Terdapat kelas offline dan online di mana anak-anak akan terjun untuk praktik langsung. Cek informasi selengkapnya di sini: instagram.com/p/C7F_oatSVaa/?locale=de-DE&img_index=1

9. Studio Kode Tech Whiz Holiday Camp

Studio Kode adalah program edukasi di bidang teknologi untuk anak usia 3-15 tahun. Ada tiga program yang ditawarkan pada kegiatan liburan sekolah kali ini, yaitu:

  • Digital Animator: peserta akan membuat dan menganimasikan karakter dengan Scratch, bekerja sama dengan HelloMotion, sekolah animasi #1 di Indonesia.
  • Android Camp: peserta belajar mengembangkan aplikasi mobile sendiri.
  • KidPreneur Camp: peserta belajar untuk memulai bisnis digital sendiri dan menjadi pengusaha muda.

Jika tertarik, mommies bisa cek informasi selengkapnya di instagram.com/studiokode.co.

10. Koding Next Holiday Camp

Rekomendasi holiday camp dengan kegiatan coding dan AI  yaitu dengan Koding Next. Untuk program coding, terbagi menjadi dua kategori usia yaitu 4-8 tahun dan 8-12 tahun dan diadakan pada 20 Juni-8 Juli 2024. Sementara untuk program AI, ada tiga kategori usia yaitu 4-8 tahun, 8-12 tahun dan 12-16 tahun dan diadakan pada 18 Juni-14 Juli 2024. Beberapa kelas yang ditawarkan antara lain Dancing with AI, Digital Art & AI Camp, Roblox Car Driving Simulator, Building Website for Startup, 3D Printer Workshop, dan lain-lain. Tersedia kelas offline dan offline. Info selengkapnya bisa cek di situs berikut kodingnext.com/holiday-camp-di-koding-next.

11. Kalananti Holiday Program

Di holiday program dari Kalananti ini menggunakan metode project based learning. Artinya, anak-anak akan membuat sebuah proyek selama belajar secara intensif 3-5 hari per minggu mulai dari 19 Juni hingga 14 Juli 2024. Tersedia kelas offline maupun online. Berikut pilihan kelasnya:

  • Scratch Jr (5-7 tahun)
  • Scratch (7-9 tahun)
  • Minecraft Education (7-15 tahun)
  • Roblox Studio (10-15 tahun)
  • Robotic (7-12 tahun)
  • App Design (7-18 tahun)
  • Entrepreneurship (7-18 tahun)

Informasi pendaftaran: kalananti.id/holiday-program

Baca juga: 8 Ide Kegiatan Libur Sekolah Anak SD, Seru dan Edukatif!

Cover: Freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan