banner-detik
WORK & CAREER

KRL hingga MRT, Ini 7 Transportasi Umum Murah untuk Ibu Bekerja

author

Mommies Daily31 May 2024

KRL hingga MRT, Ini 7 Transportasi Umum Murah untuk Ibu Bekerja

Ingin bepergian tanpa perlu menghadapi kemacetan di Jakarta? Mulai dari KRL hingga MRT, transportasi umum ini dapat Mommies gunakan sehari-hari. 

Transportasi umum MRT Jakarta telah normal beroperasi kembali setelah insiden besi proyek terjatuh di jalur kereta antara Stasiun ASEAN dan Blok M pada Kamis, 30 Mei 2024. Mommies tidak perlu khawatir lagi karena sudah dapat menggunakan transportasi umum ini secara aman dan nyaman kembali. 

Selain MRT, ternyata ada banyak pilihan transportasi umum yang memiliki tarif murah, cepat, dan mudah untuk dijangkau. Adanya inovasi terhadap pembaruan transportasi umum di Jakarta bertujuan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi angka kemacetan yang cukup tinggi di kota yang padat dan ramai penduduk ini. Lantas, apa saja transportasi umum yang dapat Mommies gunakan untuk berkeliling kota Jakarta? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Transportasi Publik di Jakarta beserta Rutenya

Pilihan-pilihan transportasi umum di bawah ini dapat Mommies gunakan sehari-hari ketika hendak bepergian di Jakarta. 

1. TransJakarta

Foto: TransJakarta

Pilihan transportasi pertama yang dapat mommies gunakan adalah bus TransJakarta. Banyak orang yang menggunakan transportasi umum ini karena tarifnya yang murah, fasilitas yang nyaman, dan mudah dijangkau. Untuk dapat menggunakan transjakarta, penumpang diwajibkan datang ke halte dan melakukan tapping pada halte ataupun saat naik bus.

Bus TransJakarta beroperasi setiap hari dari pukul 05:00 – 23:00. Setiap bus TransJakarta pun telah dilengkapi dengan AC, CCTV, petugas bus, dan ruang khusus untuk penumpang perempuan yang biasanya terletak pada bagian kursi depan. Hanya dengan membayar Rp3.500 saja, penumpang bisa melakukan perjalanan ke berbagai titik yang dilalui, selama tidak keluar halte.

Jika Mommies hendak bepergian di wilayah Jakarta menggunakan TransJakarta dan merasa bingung harus menggunakan bus nomor berapa. Tidak perlu khawatir, karena Mommies bisa mengecek rute dan nomor bus yang harus dinaiki di aplikasi Tije, website TransJakarta, ataupun secara live melalui Google Maps. 

BACA JUGA: Jadi Ibu Rumah Tangga Tapi Skill Tetap Berkembang, Begini Caranya!

2. MikroTrans atau Jaklingko

Mikrotrans merupakan trasnportasi umum yang menggunakan mobil minivan untuk mengangkut penumpang dari halte ke halte. Mikrotrans juga dilengkapi dengan AC dan CCTV untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Armada ini bentuknya mirip dengan mikrolet, yang membedakannya hanya angkot ini pembayarannya menggunakan uang elektronik

Sebelum hendak naik transportasi umum yang satu ini, Mommies perlu mengunduh aplikasi JakLingko di ponsel untuk memeriksa titik pemberhentian dan rute Mikrotrans, sekaligus mengetahui nomor trayek untuk setiap rute. 

3. Kereta Rel Listrik (KRL)

KRL transportasi umum

Foto: Commuter Line

Transportasi umum lainnya yang menjadi andalan warga Jakarta adalah KRL. Selain memiliki tarif yang murah, KRL juga dapat menjangkau titik yang jauh yang tidak dapat dilalui oleh transjakarta, bebas macet, serta cepat. Setiap gerbong KRl dilengkapi dengan AC serta kursi yang nyaman. 

Bahkan, kereta ini juga memiliki keunikan yakni setiap rangkaian memiliki 2 gerbong khusus untuk penumpang perempuan sebagai upaya untuk menjamin keamanan para penumpang perempuan. Berbeda dengan bus TransJakarta, KRL memiliki tarif yang ditetapkan sesuai dengan jarak tempuh.

Jangan khawatir ya Mommies, biayanya juga tetap murah dan sangat terjangkau kok! Mommies hanya dikenakan biaya Rp3.000 untuk 25 km pertama dan Rp1.000 untuk setiap 10 km. Untuk mengetahui rute dan jam keberangkatan KRL, Mommies dapat mengunduh aplikasi KRL Access, website KAI Commuter Line, serta Google Maps.

4. Mass Rapid Transit (MRT)

MRT transportasi umum

Foto: MRT

Beroperasi pertama kali pada tahun 2019, kehadiran MRT sangat disambut bahagia oleh masyarakat Jakarta. Hal tersebut tentunya terbalaskan sebab proses perencanaan dan persiapan pembangunan transportasi umum ini sangat panjang yakni memakan waktu sekitar 25 tahun. 

Transportasi ini memiliki keunggulan dalam segi waktu. Pasalnya penumpang yang menggunakan MRT dalam perjalanannya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh jarak sepanjang 16 kilometer. Desain kereta yang elegan menjadikan magnet tersendiri untuk masyarakat untuk menggunakan alat transportasi ini. 

Berada dekat dengan jalan raya, kebanyakan stasiun MRT juga terletak di bawah tanah. Dengan waktu tempuh yang singkat, Mommies hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp3.000 – Rp14.000 saja untuk menikmati transportasi umum ini. Pembayarannya sendiri dapat dilakukan dengan sejumlah metode, seperti tiket single trip, multi trip ticket, kartu JakLingko, kartu elektronik bank, dan aplikasi MRT Jakarta.

Mommies bisa mengecek rute beserta jadwal perjalanan MRT di Google Maps dengan mudah loh! Caranya dengan memasukkan alamat tujuan, pilih opsi transit lalu klik logo gambar MRT. Setelah itu, Mommies dapat melihat jadwal keberangkatan hingga jarak tempuh yang dibutuhkan. Mudah sekali bukan?

5. Light Rail Transit (LRT)

LRT transportasi umum

Foto: Traveloka

 

 

Transportasi umum yang selanjutnya dapat Mommies coba adalah Light Rail Transit atau yang biasa disebut LRT. LRT (Light Rail Transit) didedikasikan sebagai transportasi umum menuju era ramah lingkungan. Dengan badan kereta yang cukup ramping serta dapat menampung kapasitas 257 penumpang, LRT dapat melaju dengan kecepatan 50 km/per jam hingga kecepatan maksimum 90 km/per jam.

Dengan tarif terjangkau yakni Rp5.000 saja, Mommies dapat  menikmati perjalanan dengan transportasi umum modern. LRT Jakarta juga sangat mudah dengan beragam opsi metode pembayaran yang tersedia. 

Mommies dapat mengecek rute dan jam keberangkatan LRT Jakarta dengan membuka website LRT Jakarta, melihat secara live melalui Google Maps, atau dengan mengunduh aplikasi LRTJ Apps. Tidak hanya itu, untuk mengetahui informasi terbarunya Mommies juga dapat mengecek sosial media LRT juga ya!

6. Bajaj

Bajaj merupakan transportasi umum di Jakarta yang tergolong legendaris karena sudah beroperasi di Indonesia sejak 1970-an. Dengan adanya kemajuan teknologi, saat ini bajaj sudah dilengkapi dengan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan yang disebut gas alam terkompresi (CNG).

Kendaraan ini memiliki bentuk yang mungil sehingga hanya dapat menampung 2-3 penumpang saja. Varian tarif bajaj tergantung pada jarak tempuh yang hendak penumpang datangi. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum naik, Mommies dan pengemudi dapat menyepakati tarif terlebih dahulu agar tidak ada salah paham. 

7. Angkutan Kota (Angkot KWK)

Transportasi umum selanjutnya yang dapat dijadikan pilihan oleh Mommies untuk berkeliling Jakarta sehari-hari adalah angkot. Ada banyak jenis angkot yang ada di Jakarta berdasarkan asal dan tujuannya, salah satunya adalah angkot KWK (Koperasi Wahana Kalpika). 

Berbeda dengan angkot lainnya, angkot KWK sudah terintegrasi dengan transjakarta loh Mommies. Hal tersebut dapat terlihat dari sistem pembayaran yang dapat menggunakan kartu yang sama dengan yang digunakan untuk menggunakan transjakarta. Untuk tarif yang dikenakan sebesar Rp4.000 – Rp8.000

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Wajah Terbaik, Harga Mulai dari Rp55 Ribuan

Nah, itulah beberapa pilihan transportasi umum di Jakarta yang dapat Mommies gunakan, terutama untuk bekerja. Selain murah, tentunya penggunaan transportasi di atas tadi dapat menghemat waktu perjalanan karena terhindar dari kemacetan. 

Penulis: Nariko Christabel

Cover: detik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan