Kulit Sehat dan Bebas Iritasi, Ini 7 Produk Perawatan Bayi Terbaik

Parenting & Kids

Mommies Daily・30 May 2024

detail-thumb

Kulit bayi biasanya cenderung lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Ini tips memilih produk perawatan bayi sebelum membeli, serta rekomendasinya.

Menjadi orang tua baru tentu menyenangkan, namun juga membawa tanggung jawab baru. Salah satunya adalah memastikan bayi mendapatkan perawatan terbaik dengan produk yang aman dan cocok untuk kulitnya yang masih sangat sensitif. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih produk perawatan bayi yang tepat diantara begitu banyaknya pilihan yang ada saat ini?

Memilih produk perawatan bayi yang tepat sangatlah penting. Kulit bayi 30% lebih tipis dan permeable dibanding kulit orang dewasa. Hal tersebut membuat kulit bayi sangat rentan terhadap iritasi dan reaksi alergi jika terpapar bahan-bahan berbahaya. Pemakaian produk yang tidak sesuai juga dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan si kecil. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk waspada dan selektif dalam memilih produk perawatan bayi.

Tips Memilih Produk Perawatan Bayi

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Mommies dalam memilih produk perawatan untuk bayi.

1. Periksa Label dan Komposisi

Saat memilih produk perawatan tubuh untuk bayi, selalu periksa label dan komposisi bahan yang digunakan. Hindari produk yang mengandung pewarna, pewangi buatan, dan bahan kimia keras seperti paraben dan SLS (Sodium Lauryl Sulfate). Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, chamomile, dan calendula lebih disarankan karena lebih lembut di kulit bayi.

2. Pilih Produk Hypoallergenic

Produk yang berlabel hypoallergenic berarti dirancang untuk meminimalisir risiko alergi. Ini sangat penting untuk bayi yang memiliki kulit sensitif.

3. Pertimbangkan Produk dengan pH Seimbang

Kulit bayi memiliki pH yang berbeda dengan orang dewasa. Produk dengan pH seimbang (biasanya sekitar pH 5,5) membantu menjaga keseimbangan alami kulit bayi dan mengurangi risiko iritasi.

4. Pilih yang Sudah Teruji Secara Klinis dan Terdaftar BPOM

Saat memilih produk, penting untuk memperhatikan apakah produk tersebut sudah melalui uji klinis dan terdaftar di BPOM. Hal ini untuk memastikan bahwa produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang sesuai standar, tidak mengandung bahan berbahaya, dan aman digunakan untuk bayi. 

5. Baca Ulasan dan Rekomendasi

Membaca ulasan dari ibu-ibu lain dan rekomendasi dari ahli kesehatan anak dapat memberikan gambaran tentang keefektifan dan keamanan produk yang Mommies pilih. Ulasan konsumen seringkali memberikan informasi yang tidak tercantum di label produk.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Konsultasikan dengan dokter anak jika bayi memiliki kondisi kulit tertentu seperti eczema atau alergi.

BACA JUGA: Kumpulan Resep MPASI Penambah Berat Badan Anak, Lezat, dan Praktis

Rekomendasi Produk Perawatan Bayi

Kira-kira apa saja produk perawatan yang diperlukan bayi? Berikut ini macam-macam produk perawatan bayi yang wajib ada di rumah beserta rekomendasi produk yang bisa menjadi pilihan Mommies.

1. Sabun Mandi dan Sampo

Memandikan bayi dengan sabun dan sampo yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kelembutan kulit bayi yang masih sensitif serta untuk menghindari iritasi pada mata. Pilihlah sabun dan sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi, memiliki pH seimbang, mengandung bahan pelembap, serta bebas bahan iritan seperti pengawet, pewangi, dan pewarna sintetis.

Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash bisa jadi pilihan yang praktis untuk Mommies karena menggabungkan dua fungsi sabun dan sampo sekaligus dalam satu produk. Produk  2-in-1 ini memiliki tekstur yang lembut dan menghasilkan busa yang creamy saat dibilas. Busanya melimpah namun tetap ringan serta mudah dibersihkan. Setelah pemakaian, kulit dan rambut bayi terasa bersih, lembut, dan tidak kering.

Foto: Mama’s Choice

Salah satu keunggulan utama produk ini adalah formulasi yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti lavender, chamomile, dan sugar maple extract. Produk ini aman dipakai bayi karena tidak mengandung sulfat, paraben dan alkohol, memiliki pH seimbang, tidak pedih di mata, bersertifikat halal, dan hypoallergenic.

2. Krim/Lotion

Kulit bayi cenderung lebih rentan mengalami kekeringan dibandingkan kulit orang dewasa. Jika kulit bayi yang kering dibiarkan, maka dapat menimbulkan iritasi yang bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Untuk menghindari hal tersebut, Mommies harus menggunakan lotion yang tepat untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan terhidrasi.

Foto: Expert Care

Salah satu produk yang bisa jadi andalan Mommies untuk menjaga kelembapan kulit si kecil adalah Expert Care Daily Protect Soothing and Calming Cream. Produk ini mengandung ceramides dan colloidal oat yang melembapkan kulit, dan anti radang. Produk ini juga dilengkapi lavender dan lemon essential oil yang memberikan aroma alami yang menenangkan. Teksturnya lembut, mudah diserap, dan tidak lengket di kulit. Produk ini dirancang dengan formula hypoallergenic serta bebas paraben dan alkohol sehingga aman untuk digunakan.

3. Krim wajah

Produk perawatan yang tak kalah penting untuk bayi adalah krim wajah. Mommies bisa pakaikan krim wajah secara rutin agar kulit wajah si kecil terjaga kelembapannya, ternutrisi, dan terlindungi dari kekeringan, iritasi, kemerahan, atau ruam.

Foto: Mustela

Salah satu produk krim wajah yang direkomendasikan untuk bayi adalah Mustela Hydra Bebe Facial Cream. Salah satu kelebihan utama Mustela Hydra Bebe Facial Cream adalah formulasinya yang lembut dan aman bagi kulit bayi. Krim ini mengandung 97% bahan alami, seperti alpukat, minyak jojoba, dan vitamin E, dan shea butter yang berfungsi untuk melembapkan dan melindungi kulit bayi. Kelebihan lain dari produk ini adalah teksturnya yang ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Produk ini tidak meninggalkan rasa lengket atau berminyak di wajah bayi setelah pemakaian sehingga sangat nyaman digunakan sehari-hari.

4. Krim/Salep Ruam

Ruam popok adalah masalah yang umum terjadi pada bayi. Mommies bisa gunakan krim atau salep yang mengandung zinc oxide dan bahan-bahan alami untuk meredakan dan menyembuhkan ruam popok.

produk perawatan bayi

Foto: Gently

Salah satu produk yang bisa jadi pilihan Mommies untuk mengatasi ruam yang dialami Si Kecil adalah Gently Baby Rash Cream. Krim ini diformulasikan dengan bahan-bahan alami untuk meredakan iritasi, menghilangkan kemerahan, serta mempercepat penyembuhan ruam popok. Gently Baby Rash Cream mengandung zinc oxide 15,25% yang efektif untuk meredakan ruam popok dan sebagai anti iritasi. Produk ini juga diperkaya dengan triple antimikroba alami yaitu Probiotic, Licorice root extract & camellia sinensis leaf

5. Sunscreen

Produk lainnya yang bisa Mommies siapkan adalah sunscreen. Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada kulit bayi yang lembut, sehingga Mommies perlu melindungi kulit bayi dari paparan sinar matahari. Jika bayi telah berusia di atas 6 bulan dan akan dibawa ke luar ruangan dalam jangka waktu cukup lama, misalnya jalan-jalan atau berenang, maka Mommies boleh mengaplikasikan sunscreen pada bayi. 

Salah satu rekomendasi produk sunscreen yang aman dan cocok untuk bayi adalah Expert Care Physical Sunscreen SPF 50+ PA+++. Produk ini merupakan 100% physical sunscreen yang diformulasikan dengan titanium dioxide dan zinc oxide yang efektif dalam melindungi kulit dari sinar UV yang merusak. 

produk perawatan bayi

Foto: Expert Care

Kedua bahan tersebut dikenal karena sifat non-iritan dan cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun.  sifat non-iritan dan cocok untuk semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun. Produk ini juga dilengkapi dengan colloidal oatmeal, 3x ceramides, niacinamide, dan hyaluronate yang bermanfaat untuk kulit.

6. Lotion Rambut

Merawat rambut bayi tentunya memerlukan perhatian khusus karena kulit kepala mereka masih sangat sensitif. Untuk memastikan rambut Si Kecil tetap lembut dan sehat, penting untuk memilih produk yang aman dan diformulasikan khusus untuk bayi.

Foto: Pure Premium Care

Salah satu produk yang bisa jadi pilihan adalah PureBB Hair Lotion. Salah satu keunggulan PureBB Baby Hair Lotion adalah kandungan bahan-bahan alaminya seperti kemiri, seledri dan pro Vitamin B5. Kombinasi ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut bayi lebih lebat, hitam, lembut dan sehat, melindungi kulit  kepala bayi dari resiko kekeringan sekaligus menutrisi rambut bayi. Formulanya juga bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti paraben dan alkohol.

7. Calming Cream

Bayi seringkali merasa tidak nyaman karena berbagai alasan, seperti mengalami kembung dan kolik. Saat cuaca dingin, bayi juga rentan terkena pilek. Pada kondisi tersebut, Mommies bisa mengoleskan calming cream agar bayi merasa hangat, tenang, dan nyaman.

produk perawatan bayi

Foto: Bambi

Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream dapat menjadi pilihan Mommies. Dengan kombinasi peppermint, jahe, lavender dan chamomile oil,  produk ini membantu menenangkan, memberikan kehangatan, dan kenyamanan pada bayi sebelum tidur atau ketika cuaca dingin. Selain itu, Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream juga dilengkapi dengan licorice dan pro Vitamin B5 untuk menjaga kelembapan kulit bayi dan melindungi bayi dari iritasi ringan.

BACA JUGA: Bayi Kejang, Kenali Penyebab dan Tanda-tandanya

Itulah tips dalam memilih produk perawatan yang aman dan cocok untuk bayi beserta rekomendasi produknya. Selamat mencoba!

Penulis: Nabila Amalyris K.

Editor: Dhevita Wulandari

Cover: Sarah Chai on Pexels