banner-detik
PARENTING & KIDS

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi dan Balita, Bisa Diberikan Sejak Usia Berapa?

author

Sisca Christina24 May 2024

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi dan Balita, Bisa Diberikan Sejak Usia Berapa?

Memberikan yogurt untuk bayi dan balita aman selama sesuai panduan dan memberhatikan label kandungan nutrisinya. Ini informasi selengkapnya.

Banyak ibu yang masih ragu untuk memberikan yogurt kepada bayinya. Pasalnya, pemberian susu sapi saja baru bisa dilakukan apabila anak sudah berusia 12 bulan ke atas. Belum lagi rasanya yang asam. Jadi makin urung memberikan yogurt kepada bayi.

Kabar baiknya, yogurt ternyata salah satu pilihan makanan yang bagus untuk bayi dan balita. Yogurt bisa diperkenalkan kepada bayi mulai usia enam bulan ke atas yang sudah mulai makan makanan padat.

Layaknya susu sapi, yogurt kaya akan protein dan kalsium, serta fosfor dan vitamin B. Protein membantu perkembangan otot dan kalsium meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Baiknya lagi, yogurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna dengan cara menjaga keseimbangan bakteri yang sehat di usus.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Yogurt untuk Bayi dan Balita

Walau memiliki manfaat yang baik bagi si kecil, mommies perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memberi yogurt kepada bayi. Pastikan untuk membaca label kandungan bahan dan gizi pada produk yogurt.

  • Baca label kandungan bahan dan gizi pada produk yogurt.
  • Bagi bayi di bawah usia 12 bulan, pastikan yogurt tidak mengandung madu karena madu tidak boleh dikonsumsi bagi bayi di bawah 12 bulan.
  • Pastikan yogurt tidak mengandung tambahan gula atau pemanis buatan. Sekarang ini, banyak produk yogurt yang ditambahkan gula agar rasanya menarik bagi anak-anak. Alih-alih mendapat manfaat terbaik yogurt, malah menambah asupan gula saja buat anak. Untuk mendapat rasa manis alami, tambahkan buah-buahan saat mengonsumsi yogurt.
  • Perhatikan riwayat alergi anak. Apakah ada riwayat alergi susu sapi atau intoleransi laktosa dari keluarga. Bagi si kecil yang baru mencoba yogurt, perhatikan apakah ada reaksi yang muncul setelah mengonsumsi yogurt. Apabila ada reaksi alergi, segera hubungi dokter.
  • Porsi pemberian yogurt. Ukuran porsi untuk bayi adalah sekitar setengah cangkir yogurt. Untuk balita, mommies bisa menambah porsi sesuai usia anak.

Baca juga: Rekomendasi Susu UHT Rendah Gula untuk Anak, Tinggi Kalsium

Rekomendasi Merk Yogurt buat Si Kecil

1. Elle & Vire Plain Unsweetened Le Nature

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi dan BalitaJenis yogurt yang baik untuk bayi yaitu yang plain atau unsweetened yang tidak mengandung banyak gula tambahan. Salah satu merek yang bisa Mommies bisa pilih yaitu Elle & Vire Plain Unsweetened Le Nature. Cocok buat dijadikan camilan bayi dengan dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dengan puree buah.

2. Heavenly Blush Greek Yogurt Plain

Greek yogurt dipercaya memiliki kandungan protein dan lemak lebih tinggi namun karbohidrat dan gula lebih rendah dari yogurt biasa. Teksturnya pun lebih creamy, lembut dan mudah dicerna bayi. Heavenly Blush Greek Yogurt Plain bisa jadi pilihan yang tepat buat bayi.

3. Biokul Yogurt Plain

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi

Biokul Yogurt punya banyak varian rasa buah yang menarik. Namun untuk bayi, sebaiknya berikan yang jenis plain dulu, ya, mommies. Walau plain, tetap ada sensasi asam manisnya juga. Jadi, tetap menarik untuk anak-anak.

4. Yummy Yoghurt Natural Plain

 Produk yogurt lokal ini tersedia dengan empat ukuran, yaitu 80 gram, 100 gram, 500 gram hingga 2500 gram. Yummy Yoghurt juga punya varian Greek yogurt, lho, mommies. Sebagai variasi camilan, yogurt bisa juga dijadikan puding, dicampur dengan jus buah atau ditambah dengan oatmeal.

5. Yummy Bites Yogurt Melts Original

Rekomendasi Yogurt untuk Bayi dan Balit

Bosan dengan yogurt biasa? Coba Yogurt Yummy Bites dengan bentuk unik menyerupai permen dan dapat dikunyah dan lumer dimulut. Ini adalah yogurt asli yang dibekukan namun dibentuk kecil-kecil agar mudah dikonsumsi dan memberi sensasi berbeda bagi si kecil. Bisa dikonumsi dari usia 6 bulan.

Gimana, sekarang sudah nggak ragu lagi, kan, untuk memberikan yogurt kepada bayi? Tetap ingat, ya, yogurt diberikan sebagai camilan anak, bukan sebagai makanan utama.

Baca juga: 11 Rekomendasi Susu Kambing Terbaik untuk Segala Usia, Aman dan Lezat

Cover: Freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan