banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Tak Pandang Usia, Ini Daftar Perusahaan yang Membuka Lowongan Kerja untuk Lansia

author

Mommies Daily07 May 2024

Tak Pandang Usia, Ini Daftar Perusahaan yang Membuka Lowongan Kerja untuk Lansia

Ingin mencari kerja di usia yang tidak lagi muda? Beberapa perusahaan ini membuka lowongan kerja untuk lansia yang bisa dicoba!

Di usia yang tidak muda dan memasuki usia lansia, memang susah mencari pekerjaan. Banyak perusahaan menutup mata karena usia yang sudah dikategorikan pensiun dan sudah tidak lagi produktif.

Namun mencari pekerjaan di usia lansia bukan berarti hanya untuk mengejar finansial belaka, karena banyak juga lansia yang masih tetap aktif dan memilih untuk bekerja untuk mengisi waktu.

Apa pun alasan di balik pencarian kerjanya, menemukan perusahaan yang mau merekrut lansia adalah yang paling penting. Apalagi di Indonesia sangat banyak lowongan yang membatasi usia rekrutmen.

Jangan berkecil hati, masih ada perusahaan yang membuka lowongan di usia senja. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mendaftar ke perusahaan-perusahaan luar yang menawarkan pekerjaan remote tanpa pandang usia.

BACA JUGA: Ibu dan Ayah Bekerja, Lihat 13 Lowongan Kerja Menarik di Bulan Mei 2024 Ini!

Daftar Perusahaan yang Membuka Lowongan kerja untuk Lansia

Sudah siap melihat daftar perusahaan yang buka lowongan untuk lansia?

1. Boga Group

Baru-baru ini lowongan yang diunggah salah satu perusahaan Food & Beverages terkenal di Indonesia menjadi viral. Pasalnya, mereka dengan berani merilis berita lowongan kerja khusus untuk lansia!

PT. Boga Inti atau Boga Group membuka lowongan kerja (loker) terbaru untuk karyawan lanjut usia (lansia) dengan syarat umur 60 tahun ke atas. Info rekrutmen calon pegawai baru lansia ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @bogagroup_id, Jumat 19 April 2024 lalu.

Posisi yang ditawarkan untuk pekerja lansia adalah Server dengan waktu kerja: 4 jam kerja dan 1 jam istirahat. Mereka akan bekerja selama 5 hari dalam satu minggu. Benefit yang akan diperoleh yakni gaji bulanan dan catering karyawan.

Sungguh menarik, ya.

 

Foto: Instagram/bogagroup_id

2. Kafe Uma Oma

Nah, ada lagi restoran viral di area Blok M, Jakarta, yang mempekerjakan nenek-nenek sebagai pelayannya. Namanya Kafe Uma Oma. Sesuai nama, saat Anda datang ke sini pasti akan disambut oleh nenek-nenek.

Mulai dari membukakan pintu hingga menawarkan hidangan, Anda bisa melihat betapa nenek-nenek yang dianggap bukan di usia produktif, justru membawa kehangatan yang spesial di restoran ini.

3. Kedubes Amerika Serikat

Bulan Februari 2024 lalu, Kedutaan Besar Amerika Serikat membuka lowongan kerja yang menarik dengan gaji yang tak kalah menarik juga. Hal yang patut menjadi sorotan adalah tidak ada batas usia dalam lowongan ini.

Adanya ketentuan Fair Labor Standards Act membuat mereka yang sudah berusia di atas 50 tahun juga masih bisa melamar pekerjaan di sini.

4. Work at Home Vintage Experts (WAHVE)

Ini adalah pilihan pekerjaan remote untuk lansia. WAHVE adalah agen tenaga kerja kontrak yang menghubungkan para “profesional yang sudah pensiun” yang berpengalaman dengan perusahaan-perusahaan di industri asuransi dan bidang-bidang lainnya.

Hal yang paling penting, semua posisi yang mereka buka dapat dikerjakan dari rumah.

5. Virtual Assistant

Salah satu pekerjaan remote yang naik daun ini juga tidak membatasi usia pekerjanya, loh. Mommies bisa mencari di aplikasi pencari kerja atau Linkedin tentang lowongan virtual assistant yang ada.

Biasanya pekerjaannya meliputi tanggung jawab seperti menjawab email dan panggilan telepon, menjadwalkan janji temu, dan melakukan riset online.

lowongan kerja

Foto: Freepik

Ada banyak manfaat dari mempekerjakan lansia. Mempekerjakan dan mempertahankan pekerja berusia di atas 50 tahun berarti perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan ekstensif, karena para pekerja sudah memiliki semua pengalaman yang mereka butuhkan.

Selain itu, perusahaan menyadari bahwa pekerja yang lebih tua cenderung tidak ‘berpindah-pindah kerja’ sebanyak pekerja yang lebih muda.

Semoga saja semakin banyak perusahaan di Indonesia yang terbuka untuk mempekerjakan pekerja lansia, ya. Seharusnya memang usia tidak menjadi penghalang asalkan orang tersebut masih bisa bekerja dengan baik.

BACA JUGA: 11 Website Lowongan Kerja Freelance, Bikin Sumber Cuan Bertambah!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan