banner-detik
EDUCATION

13 Website Edukasi Gratis yang Interaktif, Anak Jadi Senang Belajar

author

Mommies Daily02 May 2024

13 Website Edukasi Gratis yang Interaktif, Anak Jadi Senang Belajar

Belajar menjadi seru dan menyenangkan. Berikut pilihan website edukasi gratis untuk mengasah kemampuan anak balita dan anak usia SD.

Di zaman digital yang serba mudah saat ini, segala hal dapat dilakukan dengan menggunakan handphone. Akibatnya, hal ini turut berdampak pada Si Kecil yang terus-menerus berada di depan gadget dan tidak bisa lepas. 

Tentunya Mommies tidak ingin agar anak menjadi kecanduan dengan gadget dan membuka website yang seharusnya tidak mereka buka, bukan? Nah, Mommies bisa mengakalinya dengan membiarkan Si Kecil belajar menggunakan gadget. Saat ini sudah banyak website edukasi yang dapat mengajarkan anak mulai dari membaca, berhitung, menyanyi, hingga bermain musik. 

Rekomendasi Web Edukasi Anak Balita dan Usia SD

Berikut Mommies Daily rangkum rekomendasi website edukasi untuk anak balita dan usia SD yang pastinya bisa menambah pengetahuan Si Kecil. 

1. ABCmouse.com

Rekomendasi website edukasi pertama adalah ABCmouse.com. Website pembelajaran gratis ini sangat cocok untuk digunakan oleh anak berusia 2-7 tahun. Tidak hanya menyediakan edukasi seperti belajar membaca, mewarnai, dan bermain musik saja, tetapi website ini juga dapat melacak kemajuan Si Kecil ketika belajar. Sangat menarik bukan, Mommies? 

BACA JUGA: 8 Cara Melatih Anak untuk Berpikir Kritis, Jadi Mandiri dan Kreatif

2. BBC History for Kids

Ingin mengenalkan anak dengan pelajaran sejarah namun tetap menyenangkan dan tidak membuatnya jenuh? Mommies bisa menggunakan BBC History for Kids sebagai untuk menambah pengetahuan si kecil mengenai sejarah berdasarkan runtutan waktu yang disertai dengan gambar yang membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif. 

3. CoolMath4Kids.com

Foto: Uplift Families

Sebagai website dengan istilah “Taman Hiburan Matematika” ini membuat kegiatan belajar menghitung sangat menyenangkan dan mudah untuk dipelajari oleh Si Kecil. Pada website ini, terdiri berbagai game matematika online dan video pembelajaran mengenai penjumlahan, perkalian, pengurangan, sampai dengan perkalian yang dibentuk semenarik mungkin sehingga anak tidak merasa bosan. 

Aplikasi CoolMath4Kids.com ini diperuntukkan untuk Si Kecil yang berusia 3-12 tahun.

4. Disney Jr

Si Kecil sangat suka dengan karakter-karakter Disney seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, Disney Princess, dan lainnya? Maka website Disney Jr dapat Mommies pilih sebagai sarana pembelajaran untuk mereka. Pada website ini, anak dapat menikmati permainan yang berfokus pada pencocokan warna, koordinasi antara tangan dan mata dan masih banyak lainnya.  

5. Discovery Kids

Website edukasi selanjutnya adalah Discover Kids. Berbeda dengan saluran TVnya yang berbayar, justru website-nya dapat nyaman digunakan secara gratis lho, Mommies! Si Kecil dapat mempelajari tentang hewan dan alam sekitarnya melalui game edukasi dan video pembelajaran yang ada pada website ini.

6. Fun Brain

Foto: bestkidswebsite.com 

Sudah berdiri sejak tahun 1997, website edukasi gratis yang dibentuk oleh Funbrain Holding ILC ini diperuntukkan untuk anak pra TK sampai dengan kelas 8. Berbagai hal dapat si kecil dapatkan di website ini, seperti belajar membaca, cara menyelesaikan masalah, serta berhitung yang tersedia dalam bentuk game, komik, serta video online.  

7. Kids Know It

Website yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa bagian dalam proses pembelajaran anak ini, berfungsi untuk memudahkan Si Kecil dalam memilih edukasi yang hendak dipelajarinya. Termuat dalam bentuk adobe flash player, website Kids Know It ini terdapat musik, game, artikel, serta buku di dalamnya. 

BACA JUGA: Cara Meningkatkan IQ dengan Mudah, Ini Penjelasan Pakar!

8. Learning Games for Kids

Sesuai dengan namanya, website yang menyajikan metode pembelajaran bagi Si Kecil berusia 2-12 tahun ini disajikan dalam bentuk game. Eits, tapi nggak hanya game saja kok Mommies, website Learning Games for Kids juga memiliki video pembelajaran dan video musik mengenai pelajaran matematika, bahasa, sampai dengan ilmu pengetahuan dan sosial juga, lho!

9. Make Me Genius

Biasanya Si Kecil menjadi semangat belajar ketika dihadapkan dengan tampilan warna-warni yang menarik. Nah, situs Make Me Genius menjadi salah satu cara untuk menambah pengetahuan anak dimana pada situs yang dapat diakses secara gratis ini, berbagai pembelajaran bisa didapatkan dalam bentuk power point pembelajaran. 

Website yang menyajikan video edukasi, les, quiz, hingga soal-soal yang dapat menguji pengetahuan anak ini bisa digunakan oleh anak pra TK sampai dengan SMA.

10. Nick Jr

Mirip dengan Disney Jr, website Nick Jr juga turut menyediakan games dan video edukasi dengan menggunakan karakter-karakter Nickelodeon seperti Dora The Explorer, Paw Patrols, dan lainnya. Tentunya hal ini akan sangat disukai Si Kecil, terutama ketika mereka menyukai kartun yang ada pada Nickelodeon. 

11. Starfall

Foto: teach.starfall.com

Website edukasi gratis selanjutnya adalah Starfall. Berdiri sejak tahun 2002, website ini dapat diakses oleh anak mulai dari pra TK. Banyak video serta produk pembelajaran untuk si kecil dapatkan dalam website ini seperti belajar menyusun huruf, membaca, cerita komik, dan cerita non-fiksi yang mengedukasi. 

12. Sesame Street

Pastinya Mommies dan Si Kecil sudah nggak asing lagi dengan Sesame Street dan karakter-karakter di dalamnya seperti Elmo, Cookie Monster, Big Bird, hingga Grover. Terkenal dengan tontonan video klip serta bermain game, Sesame Street selalu menyajikan informasi bermanfaat yang pastinya menggali pengetahuan anak. Si kecil bisa bermain sambil belajar huruf alfabet, musik, warna, sajak, dan masih banyak lagi. 

13. The Kidz Page

Rekomendasi terakhir website edukasi untuk anak adalah The Kidz Page. Website ini menyajikan lebih dari 5.000 halaman permainan dan aktivitas belajar. Halaman-halaman tersebut menyangkut pembelajaran mewarnai, teka-teki puzzle, serta permainan kata. 

BACA JUGA: Ini Bedanya Parenting Style Generasi Boomers, Gen X, Gen Y, dan Gen Z

Website-website di atas sangat aman untuk digunakan oleh Si Kecil yang masih balita. Namun, tetap dampingi anak saat menggunakannya ya, Mommies. Selamat belajar!

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: our-team on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan