banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting dari 7 Ayah Selebriti dalam Membesarkan Anak Perempuan

author

Katharina Menge30 Apr 2024

Tips Parenting dari 7 Ayah Selebriti dalam Membesarkan Anak Perempuan

Deretan ayah selebriti ini punya tips parenting yang berbeda-beda dalam membesarkan anak perempuan mereka. Lihat di sini, ya!

Tips parenting setiap orang pasti beragam, ada yang sama tapi ada juga yang bertolak belakang. Juga tidak ada yang benar dan salah karena semua kembali kapada nilai keluarga masing-masing.

Mommies Daily pun merangkum beberapa tips parenting dari ayah selebriti Indonesia dalam membesarkan anak perempuan mereka. Ada yang mengajarkan bela diri hingga berusaha menjadi sahabat.

BACA JUGA: Ini Perbedaan Otak Anak Laki-laki dan Perempuan Menurut Penelitian

Tips Parenting dari 7 Ayah Selebriti dalam Membesarkan Anak Perempuan

Yuk, intip gaya parenting para ayah seleb di bawah ini dalam mendidik anak-anak mereka, terutama anak perempuan.

1. Daniel Mananta – Ajarkan kesetaraan gender

Punya satu anak perempuan dan satu anak laki-laki, Daniel Mananta mengajarkan keduanya bahwa perempuan dan laki-laki itu setara dalam segala hal. “Gw selalu percaya laki-laki dan perempuan itu mempunyai the same power, the same right, tetapi kita memainkan a different role. Kita mempunyai role atau peran yang berbeda. We have the same power but we play a different role,” jelasnya.

Satu ketika, Mila, anak perempuannya datang dan mengucapkan bahwa anak laki-laki lebih hebat dari anak perempuan. Daniel pun menjelaskan bahwa anak perempuan sama kuatnya dengan anak laki-laki.

“Gw bilang sama dia, kita (laki-laki) itu kuat, yes, tetapi kita itu justru harus belajar bagaimana mengontrol kekuatan kita dengan rendah hati, dengan kadang-kadang membiarkan orang itu untuk lebih memperlihatkan kekuatannya daripada kita,” ujar Daniel ketika diwawancarai tim Mommies Daily.

Foto: Instagram/vjdaniel

2. Randy Pangalila – Ajarkan anak bela diri

Dalam mendidik anak perempuannya, Blair, Randy tidak pernah mengharuskan dia bermain hal-hal yang ‘perempuan’. Sang putri dibiarkan bermain bola, dan rencananya di masa depan Blair akan diajarkan bela diri.

Hal itu karena Randy melihat bahwa perempuan selalu dipandang lebih lemah, selalu dipandang menjadi korban, selalu dipandang menjadi target utama saat terjadi kejahatan. Karena itu penting untuk anak perempuan belajar bela diri.

Dengan memberikan pendidikan bela diri untuk Blair, Randy berharap sang anak jadi punya pegangan untuk membela dirinya di masa depan. Kelebihan lainnya, Blair jadi lebih sehat karena berolahraga, lebih percaya diri karena dia akan sering bertemu dengan orang baru, dan banyak belajar hal-hal baru.

tips parenting

Foto: Instagram/randpunk

3. Glenn Aliskie – Selalu mendengarkan anak

Untuk mendidik Nastusha menjadi anak yang selalu terbuka pada orang tua, Glenn Aliskie selalu menerapkan kebiasaan mendengarkan anak perempuannya tersebut.

“Selalu dengarkan anakmu ketika mereka masih kecil, apapun itu. Jika kamu tak mendengarkan hal kecil ketika anakmu masih kecil, mereka tak akan mengatakan hal besar ketika anak sudah besar. Karena buat mereka, semua hal selalu besar,” tulis Glenn Alinskie dalam unggahnnya di Instagram tahun 2018 silam.

Foto: Instagram/glennalinskie

4. Tora Sudiro – Bebaskan tapi tetapi diawasi

Punya lima orang anak perempuan yang sudah beranjak dewasa, Tora Sudiro menjadi orangtua yang membebaskan anaknya untuk bergaul dengan siapa saja, tetapi tetap turun tangan dalam menuntun mereka ke arah yang baik. Salah satu contohnya adalah Tora lebih meminta anak perempuannya untuk nongkrong di rumah ketimbang nongkrong di luar rumah. Tora juga akui dia bukan tipe orang tua otoriter tapi lebih menjadi sahabat anak.

Foto: Instagram/t_orasudi_ro

5. Andhika Pratama – Berusaha menjadi sahabat

Andhika punya tiga anak perempuan yang sudah beranjak dewasa dan remaja, serta satu anak perempuan yang kini duduk di bangku di bangku sekolah dasar. Salah satu tips parenting yang diterapkan olehnya adalah berusaha menempatkan diri sebagai sahabat anak.

Dia juga tidak terlalu mengekang anak-anaknya tersebut supaya anak-anaknya tumbuh dekat dengan orang tua dan mau membuka diri. Kini anak-anaknya kalau ingin mencari tahu informasinya dari dia dan Ussy.

tips parenting

Foto: Instagram/andhiiikapratama

6. Ricky Harun – Terus dampingi anak beraktivitas

Ricky Harun dan istrinya, Herfiza, ingin membangun hubungan sebagai sahabat dengan dua anak perempuan dan dua anak laki-laki mereka. Pasangan ini lebih ketat dalam pemberian gadget dan tontonan untuk anak-anak. Mereka juga aktif memberikan aktivitas pada anak-anaknya.

Namun tidak hanya memberikan aktivitas dan ditinggal, pasangan ini berkomitmen untuk terus hadir menemani. “Kayak misal Mikaila ikut balet atau ngaji, ya, kita ada di situ anter dan nemenin. Jadi ketika dia balet dia lihat ‘oh ada ibunya’. Jadi mereka nggak ngerasa kayak disuruh aja sama orang tuanya tapi orang tuanya nggak mau tahu,” jelas Herfiza, dikutip dari HaiBunda.

tips parenting

Foto: Instagram/rickyharun

7. Darius Sinathrya – Memberi ruang pada anak

Menurut Darius, parenting itu adalah proses yang sangat panjang, dan setiap harinya orang tua belajar hal baru cara menghadapi anak-anak dan berkomunikasi dengan mereka. Beruntung dia dan Donna mampu menciptakan komunikasi yang nyaman dengan dua anak lelaki dan satu anak perempuannya.

Darius juga mengatakan bahwa saat berkomunikasi dengan anak, dia dan Donna berusaha untuk tetap menghormati apa yang dipikirkan anak-anak mereka dengan memberikan ruang. Terlebih anak-anaknya juga beranjak remaja sehingga punya emosi yang labil dan banyak punya pemikiran baru yang berkembang.

Foto: Instagram/darius_sinathrya

BACA JUGA: 7 Film Inspiratif tentang Perempuan yang Penuh Perjuangan, Wajib Tonton

Cover: Instagram

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan