banner-detik
PARENTING & KIDS

Cepat Sembuh, Ini 8 Rekomendasi Obat Flu dan Batuk untuk Anak!

author

Katharina Menge29 Apr 2024

Cepat Sembuh, Ini 8 Rekomendasi Obat Flu dan Batuk untuk Anak!

Flu dan batuk selalu jadi masalah anak dan sukses bikin para Mommies kelimpungan. Yuk, dilihat rekomendasi obat batuk dan flu untuk si kecil.

Flu dan batuk sangat umum terjadi dan menyerang anak-anak, terlebih di usia sekolah. Apalagi anak-anak lebih mungkin terserang batuk dan flu dibandingkan orang dewasa karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Seiring bertambahnya usia, tubuh anak pun semakin kuat hingga akhirnya mampu melawan virus.

Beruntung sekarang sudah ada banyak obat flu dan batuk yang bisa dibeli oleh para orang tua untuk meredakan penyakit anak. Kebanyakan tersedia dalam bentuk sirup dan rasa yang manis untuk membantu memudahkan si kecil mengonsumsinya.

BACA JUGA: Jenis Batuk pada Anak: Beda Penyebab, Beda Penanganan

10 Rekomendasi Obat Flu dan Batuk untuk Anak

Ini dia rekomendasi obat flu dan batuk untuk anak yang bisa didapatkan secara umum di apotek terdekat dan aman dikonsumsi tanpa perlu resep dokter.

1. bodrexin Flu & Batuk PE Dry Syrup

PT. Tempo Scan Pacific baru saja mengeluarkan inovasi terbarunya untuk menjaga kesehatan anak, yaitu bodrexin Flu & Batuk PE Dry Syrup. Produk ini dapat dilarutkan sendiri oleh Ibu dengan cara 3T, yaitu Tambahkan air matang hingga tanda batas, lalu Tutup botol rapat-rapat dan kocok hingga tercampur dengan sempurna (homogen), dan Tunggu dan diamkan sejenak.

bodrexin Flu & Batuk PE Dry Syrup hadir dengan rasa jeruk dan dapat digunakan dalam waktu
tiga bulan setelah obat dilarutkan dengan menyimpannya pada suhu ruang di bawah 30°C. Takaran dosis yang dianjurkan untuk anak usia 6-12 tahun sebanyak 3x sehari 2 sendok takar, sementara untuk anak usia 2-6 tahun harus sesuai dengan takaran dan petunjuk dokter.

Harga: Rp14.500 ukuran 56ml

obat flu dan batuk

Foto: bodrexin

2. Actifed Sirup (Kuning)

Pilihan obat flu dan batu berikutnya adalah Actifed Kuning. Dikemas dalam bentuk sirup, obat ini mengandung Pseudoefedrin HCl dan Triprolidine yang digunakan untuk meringankan gejala pilek dan alergi anak.

Tak hanya membantu meredakan pilek dan alergi, obat ini pun bisa membantu melegakan hidung tersumbat serta mengurangi gejala bersin-bersin dan mata berair. Actifed Sirup aman digunakan oleh anak-anak usia 6 ahun ke atas hingga orang dewasa.

Harga: Rp57.600 ukuran 60ml

obat flu dan batuk

Foto: Farmaku

3. Decolgen Kids Flu Sirup

Jika anak sudah memperlihatkan tanda flu dan batuk, maka ada baiknya berikan obat yang satu ini. Di dalamnya terkandung Paracetamol dan Pseudoephedrine HCI yang membantu meringankan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hindung tersumbat.

Meski dijual bebas, Mommies tetap harus mengikuti aturan pakainya, yaitu 2 sendok takar (10 ml) untuk anak usia 6-12 tahun, sementara untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun adalah 4 sendok takar (20 ml).

Harga: Rp13.500 ukuran 60ml

Foto: Farmaku

4. Termorex Plus

Sirup obat flu dan batuk ini tidak disertai alkohol sehingga sangat aman untuk anak-anak. Termorex Plus hadir dengan rasa jeruk yang dijamin sangat disukai anak-anak. Hadir dalam kemasan 30 dan 60ml, obat ini sangat membantu Mommies meringankan gejala flu anak, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Simpan pada suhu kamar (25-30°C), ya.

Harga: Rp17.400 ukuran 60ml

Foto: Blibli

5. Triaminic Ekspektoran & Pilek

Mommies bisa membantu meringankan bersin-bersin, batuk berdahak, dan hidung tersumbat pada anak karena pilek dengan memberikan mereka Triaminic Ekspektoran & Pilek. Untuk dosisnya, anak usia di bawah 6 tahun harus menggunakan petunjuk dokter, sementara anak-anak 6-12 tahun mengonsumsi 1 sendok takar (5ml) sealam 3x sehari.

Harga: Rp87.700 ukuran 60ml

obat flu dan batuk

Foto: Blibli

6. Alco Oral Drop

Alco Oral Drop termasuk obat yang ampuh mengobati pilek pada anak karena punya kandungan zat aktif pseudoephedrin HCl. Kandungan ini bekerja mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan terutama pada saluran pernapasan bagian atas.

Harga: Rp125.000 ukuran 15ml

Foto: Farmaku 

7. Ikadryl Rasa Apel

Ikadryl punya kandungan bahan aktif diphenhidramin HCl, amonium klorida, Na sitrat, dan menthol yang bekerja sama sebagai ekspektoran atau peluruh dahak yang ada dalam saluran pernapasan anak. Untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas konsumsi 1/2 – 1 sendok takar, 3-4 kali sehari.

Harga: Rp19.000 ukuran 60ml

Foto: Farmaku

8. Komix Kid

Obat flu dan batuk yang satu ini sangat praktis karena dikemas dalam bentuk sachet 5ml yang bisa dibawa kemana saja dan diminum kapan saja. Saat si kecil batuk dan flu, Mommies bisa memberikan ini untuk membantu meredakan batuk serta mengeluarkan dahak yang menumpuk. Untuk anak usia 6-12 tahun diminum tiga kali sehari 1 sachet, ya.

Harga: Rp1.200

obat flu dan batuk

Foto: K24Klik

Itu dia rekomendasi obat flu dan batuk untuk anak yang ampuh membantu menyembuhkan penyakit yang satu ini. Mommies tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan si kecil.

BACA JUGA: 7 Tanda Batuk Anak Serius dan Perlu Diperiksa ke Dokter

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan