banner-detik
LIFESTYLE

10 Tempat Wisata Solo Terpopuler, Dijamin Bikin Liburan Tambah Seru!

author

Mommies Daily08 Apr 2024

10 Tempat Wisata Solo Terpopuler, Dijamin Bikin Liburan Tambah Seru!

Kalau mau liburan ke Solo, jangan lupa catat rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga ini. Ada banyak tempat menarik, lho!

Menjelang libur lebaran, Mommies dan keluarga pasti sudah mulai menentukan destinasi wisata. Di Indonesia ada banyak pilihan daerah wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya Kota Solo.

Solo adalah salah satu Kota di Jawa Tengah yang tempat wisatanya sangat kental dengan kebudayaan Jawa. Hal tersebut sesuai dengan slogannya, yaitu ”Solo the Spirit of Java” yang mengandung makna bahwa Solo merupakan jiwanya Jawa.

Saat berkunjung ke Solo, Mommies akan menemukan berbagai macam motif batik khas Solo yang menarik untuk dibeli. Selain itu, Mommies juga wajib mengunjungi Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran yang ditandai sebagai tempat wisata paling terkenal di Solo. Tak hanya dua keraton tersebut, masih banyak tempat wisata lain yang enggak kalah seru.

Berikut Mommies Daily berikan 10 rekomendasi tempat wisata di Solo yang paling populer dan wajib dikunjungi bersama keluarga.

BACA JUGA: 7 Restoran Ramah Anak dan Nyaman di Jawa Tengah Saat Libur Lebaran

10 Tempat Wisata Solo Terpopuler

Jangan lupa mampir ke tempat wisata yang ada di Solo ini. Dijamin seru dan menarik.

1. Candi Cetho

Candi Cetho adalah salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Mommies bisa menikmati keindahan arsitektur candi yang unik serta ornamen-ornamen yang menarik. Selain melihat keindahan candi, Mommies juga bisa menikmati pemandangan alam yang segar dan sejuk di sekitar Candi Cetho.

Di sana, Mommies tidak akan kehabisan stok foto karena Candi Cetho menyediakan berbagai tempat yang Instagramable.

Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/soloindonesia

2. Kampung Batik Kauman

Bagi Mommies yang pecinta batik, yuk, merapat ke tempat yang satu ini. Kampung Batik Kauman adalah pusat kerajinan batik tertua di Kota Solo. Saat berkunjung ke tempat ini, Mommies juga akan melihat desain bangunan Indonesia klasik yang unik dan estetik.

Alamat: Jalan Trisula III Nomor 1, Kauman, Surakarta

wisata solo

Foto: Instagram/eksplorekampungbatikkauman

3. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan tempat wisata sejarah di Solo yang bangunannya bergaya vintage. Tak hanya belajar sejarah Indonesia, di sini Mommies juga bisa mengambil banyak foto dengan background seperti di Belanda. Pohon-pohon yang ada di sekitar Benteng juga menambahkan kesan asri dan meningkatkan suasana Belanda yang kental

Alamat: Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/jejakjateng

4. Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum adalah tempat wisata yang dibuat oleh seniman bernama Iwan Kurniawan Lukminto yang mendapatkan warisan berbagai macam karya seni dari ayahnya. Di museum ini, Mommies bisa menikmati berbagai koleksi karya seni dan mengambil foto sesuka hati.

Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/tumurunmuseum

5. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari bisa jadi tempat wisata alternatif saat berkunjung ke Solo. Taman yang sudah ada sejak zaman kepemimpinan Pakubuwana X ini sering dibuka untuk umum sebagai tempat budaya dan seni. Menariknya, pada tahun 1948 tempat ini digunakan sebagai lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON).

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/destinasianindonesia

6. Pabrik Gula De Tjolomadoe

Meskipun sudah berhenti beroperasi sejak dua puluh tahun lalu, Pabrik Gula De Tjolomadoe tetap eksis dan ramai dikunjungi wisatawan. Pabrik ini dijadikan tempat wisata bersejarah pabrik gula di Solo yang memiliki desain bangunan ala Eropa. Mommies bisa melihat mesin tebu raksasa, kafe, dan berbagai arsip pabrik lainnya.

Alamat: Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/soloevent

7. Grojogan Sewu

Mommies lagi cari tempat wisata yang sejuk dan menenangkan? Grojogan Sewu jawabannya. Mommies bisa menikmati pemandangan alam air terjun yang dikelilingi oleh tebing hijau di sekitarnya. Tempat ini cocok banget buat Mommies yang lagi cari tempat healing.

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/grojogansewutawangmangu

8. Pandawa Water World

Liburan rasanya kurang pas kalau belum berkunjung ke wisata air. Pandawa Water World bisa jadi solusi untuk anak Mommies yang suka main air. Terdapat 27 wahana air yang bisa dinikmati sepuasnya. Sebagai salah satu tempat wisata air terbesar di Indonesia, Pandawa Water World akan memberikan pengalaman yang mengesankan.

Alamat: Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/wisata_solo

9. The Lawu Park

The Lawu Park merupakan tempat wisata alam di Solo yang menyediakan berbagai kegiatan seru, seperti hiking, forest walk, flying fox, dan sky walk. Mommies dan keluarga juga bisa mengambil foto liburan yang seru dan Instagramable. Sayangnya, untuk setiap aktivitas outdoor dikenakan biaya sendiri.

Alamat: Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/the_lawupark

10. Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar Gede Hardjonagoro adalah pasar tertua yang ada di Kota Surakarta. Pasar ini sering dikunjungi para wisatawan karena desain bangunannya yang unik serta terdapat berbagai makanan legendaris yang nikmat dan wajib untuk dicoba.

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

wisata solo

Foto: Instagram/pasargedeofficial

Itu dia deretan tempat wisata Solo yang wajib didatangi untuk libur Lebaran ini. Selamat liburan!

BACA JUGA: Ajak Anak ke 10 Playground di Jabodetabek Ini, Libur Lebaran Makin Seru!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Instagram/tumurunmuseum

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan