banner-detik
EDUCATION

7 Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Jabodetabek untuk Libur Lebaran Sekolah

author

Mommies Daily04 Apr 2024

7 Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Jabodetabek untuk Libur Lebaran Sekolah

Pusing mau ke mana saat libur Lebaran sekolah? Ajak saja anak main ke deretan wisata edukasi di Jakarta dan sekitarnya ini, Mommies!

Libur Lebaran 2024 sebentar lagi bisa menjadi momen untuk semakin mendekatkan diri dengan anak dan keluarga, Mommies. Ada yang memilih berlibur di luar negeri atau pulang kampung, tetapi kalau Mommies berada di wilayah Jabodetabek, ada rekomendasi wisata edukasi anak di Jabodetabek. loh.

Wisata edukasi anak menjadi pilhan tepat karena tak hanya menawarkan hiburan tapi juga memberikan pengetahuan bagi si kecil. Asyiknya lagi, jarak menuju lokasi juga terbilang dekat karena masih berada di wilayah Jabodetabek.

Mommies pun tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena biaya wisata edukasi ini cukup terjangkau, bahkan ada yang gratis!

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Anak di Bandung, Seru Sekaligus Mendidik!

7 Wisata Edukasi Anak di Jabodetabek

Berikut daftar rekomendasi wisata edukasi anak di wilayah Jabodetabek yang bisa jadi alternatif!

1. D’kandang Amazing Farm

wisata edukasi

Foto: Instagram/dkandang

Warga Depok dan sekitarnya kini punya wisata edukasi murah di bawah Rp50.000, loh. Ada D’kandang Amazing Farm yang merupakan wisata alam dengan konsep edukasi mengenalkan alam dan hewan pada anak. Di sini anak bisa berinteraksi dan mengenal berbagai jenis hewan peternakan dan unggas.

Anak juga bisa mengambil hasil kebun dengan cara memetik buah dan sayuran yang ada di bagian perkebunan. Suasana yang asri dengan udara segar dari kawasan ini membuatnya cocok didatangi oleh keluarga.

Alamat: Jl. Penarikan No.RT 01 / 02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok
Jam buka: Senin – Minggu, Pukul 13.00 – 22.00
Biaya tiket: Weekday (Rp20.000), Weekend (Rp25.000)

2. Seaworld Ancol

Seaworld Ancol masih jadi pilihan wisata edukasi di Jakarta yang gampang ditempuh oleh kendaraan. Keanekaragaman biota laut di tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi anak yang penasaran dengan kehidupan laut.

Kegiatan yang bisa Mommies dan anak-anak lakukan di Seaworld mencakup mengikuti kegiatan edukasi tentang lingkungan, berinteraksi dengan hewan laut, dan terkadang ada kegiatan seni bertema laut yang bisa diikuti secara cuma-cuma.

Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jkt Utara
Jam buka: Senin – Minggu, Pukul 09.30 – 16.00
Biaya tiket: Weekday (Rp85.000), Weekend (Rp100.000)

3. KidZania

Nama KidZania mungkin sudah tak asing lagi, ya, Mommies. Tempat wisata edukasi anak bisa jadi pilihan pas untuk menghabiskan waktu libur Lebaran sekolah. Meskipun tiket masuknya agak mahal, tetapi fasilitas di sini sangat lengkap.

Di KidZania anak dapat berimajinasi dan menjadi apapun yang dia inginkan. Anak bisa belajar menjadi dokter, pemadam kebakaran, pembalap, hingga pelukis maupun polisi.

Alamat: Pacific Place L6 – 601 Sudirman Central Business, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: Senin-Minggu, Pukul 09:00–19:00 WIB
Biaya tiket: Rp205.000–Rp325.000

4. BXSea

wisata edukasi

Foto: Instagram/bxsea_official

Tak mau jauh-jauh ke Jakarta Utara untuk mengunjungi Seaworld, kini Mommies juga bisa mampir ke wisata edukasi laut di daerah Tangerang Selatan. Dengan total luas 7.354 meter persegi, BXSea Bintaro punya sekitar 54 display aquarium yang terdiri dari 44 aquarium air tawar dan air laut.

Tentunya ada banyak kegiatan yang bisa diikuti seperti, melihat ekosistem buatan seperti ekosistem sungai hingga hutan hujan, bermain di children playground, dan yang tak boleh dilewatkan adalah melewati Sea Tunnel sepanjang 35 meter yang seolah-olah memuat Mommies berada di dalam laut. Seru!

Alamat: BxSea, BXC Mall 2, Pondok Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan
Jam buka: Senin – Jumat, Pukul 10.00 – 22.00, Sabtu – Minggu, Pukul 09.00 – 22.00
Biaya tiket: Rp85.000 – Rp175.000

5. Kebun Binatang Ragunan

Belajar tentang hewan di salah satu kebun binatang legendaris di Jakarta, alias Ragunan bisa jadi salah satu objek wisata edukasi yang menyenangkan bagi anak. Terlebih saat ini akses menuju Ragunan sangat mudah dicapai oleh kendaraan umum sekali pun.

Harga tiket yang sangat terjangkau terkadang membuat kebun Binatang ini sangat ramai, jadi rencanakan kepergian Mommies dengan baik, ya. Di Ragunan, Mommies dan anak bisa belajar mengenal jenis hewan, habitat, makanan, dan perilaku hewan, serta piknik di beberapa spot rindang.

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa – Minggu, 07.00-16.00, Senin tutup
Biaya tiket: Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak

6. Houbii Urban Adventure Park

Kalau dari tadi hanya membahas wisata edukasi yang melibatkan alam, kini ada pilihan wisata edukasi untuk kegiatan olahraga. Di Houbii Urban Adventure Park ada sarana outbound indoor, trampoline park dan kegiatan lainnya yang dapat melatih motorik anak.

Anak juga bisa dilatih untuk lebih berani karena banyak sarana yang cukup ekstrem. Namun, tenang saja karena ada petugas yang selalu mendampingi, ya, Mommies.

Alamat: Jl. KH. R. Abdullah Bin Nuh No.37, Curugmekar, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor
Jam buka: Senin – Jumat, Pukul 12.00 – 20.00, Sabtu – Minggu, Pukul 10.00 – 20.00
Biaya tiket: Rp169.000

7. Galeri Indonesia Kaya

wisata edukasi

Foto: Instagram/indonesia_kaya

Kalau wisata edukasi satu ini berguna untuk mengajarkan anak tentang tradisi dan kesenian Indonesia. Terletak di Grand Indonesia, Galeri Indonesia Kaya menawarkan alternatif dalam mempelajari tradisi budaya Indonesia dengan cara yang lebih modern.

Anak bisa belajar tentang budaya Indonesia melalui sajian visual yang menarik. Oh iya, masuk ke sini benar-benar gratis loh, Mommies. Yuk, segera datang!

Alamat: Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: Senin – Minggu, Pukul 10.00 – 21.30
Biaya tiket: Gratis

Itu dia deretan wisata edukasi anak yang bisa Mommies kunjungi selama libur Lebaran 2024. Kira-kira mau mengunjungi yang mana, nih?

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Medan, Dijamin Seru!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan