banner-detik
SELF

7 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Probiotik, Bye-bye Jerawat dan Kulit Kusam!

author

RachelKaloh18 Mar 2024

7 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Probiotik, Bye-bye Jerawat dan Kulit Kusam!

Memang, apa saja, sih, manfaat kandungan probiotik buat kulit dan apa saja rekomendasi skincare dengan kandungan tersebut?

Selain minuman yang mungkin hampir setiap hari kita konsumsi, ternyata kandungan probiotik juga bisa kita temukan dalam produk skincare. Anda mungkin kemudian bertanya-tanya, memang, apa, sih, manfaat dari probiotik ini? Sebelum ke rekomendasi produk skincare, kita bahas dulu manfaat dari probiotik. Disimak, ya!

Manfaat Probiotik: Sebagai antibakter yang dapat mengobati jerawat

Dalam sebuah artikel jurnal yang dipublikasi oleh National Library of Medicine, disebutkan bahwa penderita jerawat memiliki mikroba kulit khusus. Sementara, perawatan kulit yang tersedia di pasaran, khususnya untuk mengatasi jerawat, memiliki risiko merusak penghalang mekanis kulit, yakni menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu sebuah penelitian dilakukan terhadap pengobatan dengan probiotik, yang ternyata dapat meningkatkan respon imun di luar usus dan memperluasnya ke kulit. 

Pada bahan ceramide yang digunakan sebagai krim, bila dicampurkan dengan bakteri asam laktat Streptococcus thermophiles, akan mendorong sintesis ceramide yang kemudian berfungsi sebagai antibakteri terhadap jerawat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa probiotik dapat digunakan untuk meningkatkan pertahanan, menekan bakteri penyebab jerawat, mengurangi pustula, dan meredakan iritasi kulit pada kulit yang berjerawat.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Cushion Dengan Kandungan Skincare

Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Probiotik

1. Skin Time Probiotic Brightening Serum

Harga: Rp262,900, 30ml

Serum yang berfungsi mencerahkan kulit wajah, yang mengandung probiotik dari bakteri baik Lactobacillus & Bifidobacterium dan 18% Probiotic Complex yang aman dan nyaman, tidak membuat iritasi dan breakout. Teksturnya lembut di kulit, sehingga cocok digunakan untuk kulit iklim tropis masyarakat Indonesia. 

2. Sae’kin Overnight Reset Probiotic Serum

Harga: Rp389,000, 30ml

Serum ini berfungsi sebagai pencegah kerutan dan garis halus serta memperkuat skin barrier. Diperkaya dengan probiotik berupa 50% bifida ferment lysate, retinol, adenosine, idebenone, dan multi-peptide complex. Serum ini juga dapatmengurangi sensitivitas kulit yang berlebihan, mencerahkan secara alami, dan memberikan hidrasi yang mendalam.

3. Whitelab Hydrating Serum

Harga: Rp84,300, 20ml

Diformulasikan dengan kekuatan 3 kandungan utama HyaluComplex-10, Panthenol, dan Probiotic, yang dapat secara sinergis membantu meningkatkan dan mempertahankan level hidrasi pada kulit, serta membantu merawat dan meningkatkan fungsi skin barrier wajah. Kulit tampak lebih lembap, halus, dan kenyal. 

4. Hale Triobiotics

Harga: Rp139,000, 15ml

Serum yang satu ini mengandung tiga jenis bakteri baik, yakni prebiotik, probioti, dan pascabiotik: Alfa-Glukan Oligosakarida dan Jus Akar Polymnia Sonchifolia (prebiotik), Lactobacillus (probiotik), serta Lisat Fermentasi Lactococcus (Pascabiotik). Kandungan ini bekerja membantu menjaga kesehatan mikrobioma kulit, meningkatkan kecerahan kulit, serta memberikan nutrisi ekstra dan efek menghaluskan kulit.

5. Histoire Naturelle Lactobacillus Refine Foam

Harga: Rp160,000, 80gr

Brand asal Korea ini memiliki rangkaian produk dengan kandungan Lactobacillus, dari pembersih wajah, serum, hingga sunscreen. Foam atau pembersih wajahnya sendiri memiliki pH yang rendah yaitu 5,5 (mendekati tingkat pH kulit normal). Mengandung 5 strains of probiotics yang dapat memulihkan mikrobioma kulit, 2 prebiotik untuk memperkuat skin barrier, serta membantu membentuk lapisan mikroba untuk meningkatkan internal and external repair power.

6. Studio Tropik Probiome Skin Tonic

Harga: Rp180,000, 100ml

Studio Tropik Probiome Skin Tonic merupakan jenis toner yang memiliki formula creamy untuk menghidrasi dan memperbaiki kulit kering dan sensitif. Memberikan efek ‘plumping’ pada kulit yang sangat dehidrasi. Salah satu kandungannya adalah BifidaLacto Probiotics (Bifida ferment lysate + Lactobacillus) yang dapat menghidrasi kulit, menyeimbangkan microbiome, dan mengoptimalkan kondisi kulit. Bersifat anti-aging dan memperkuat skin barrier.

7. La Roche Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer

Harga: mulai dari Rp300,000an, 75ml

Pelembap yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang direkomendasikan dokter kulit termasuk ceramide-3, niacinamide, gliserin, dan Air Termal Prebiotik La Roche-Posay. Bekerja memperbaiki pelindung alami kulit setelah 1 jam dan memberikan hidrasi hingga 48 jam. Tekstur krimnya yang ringan mudah menyerap ke dalam kulit dan memberikan kenyamanan. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Treatment untuk Bekas Jerawat dan Kulit Bertekstur, Ada PRP hingga Sylfirm

Image by Lifestylememory on Freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan