banner-detik
LIFESTYLE

7 Tips Mudah Mencuci Baju Thrift, Dijamin Bersih dan Anti Noda!

author

Mommies Daily17 Mar 2024

7 Tips Mudah Mencuci Baju Thrift, Dijamin Bersih dan Anti Noda!

Berikut tips mencuci baju thrift yang benar agar aman dipakai dan terhindar dari kuman atau infeksi. Jangan sampai salah ya Mommies.

Setelah belanja thrifting, pastikan Mommies sudah mengetahui cara mencuci baju thrift yang baik dan benar. Ternyata, baju thrift tidak boleh dicuci sembarangan dan tidak hanya sekadar direndam menggunakan air hangat. Ketika membawa pulang pakaian thrift, pastikan Mommies mencucinya dengan sabun yang tepat dan air bersih agar terhindar dari potensi bahaya, seperti alergi, infeksi, atau penyebaran hama.

Untuk Mommies yang masih bingung cara mencuci baju thrift yang benar, ini beberapa cara mencuci baju thrift yang mudah dan bisa diikuti di rumah.

Cara Mencuci Baju Bekas dari Thrifting

Yuk, ikuti tips mencuci baju thrift ini agar terhindar dari bakteri yang masih menempel di baju.

1. Periksa Label Perawatan

Sebelum mencuci pakaian thrift, pastikan Mommies memeriksa label perawatan yang ada di pakaian tersebut. Biasanya, di bagian kerah pakaian terdapat petunjuk tentang suhu air yang dianjurkan, metode pencucian, dan apakah baju tersebut dicuci menggunakan mesin atau memerlukan pencucian kering.

2. Menggunakan Antiseptik

Antiseptik bisa digunakan untuk mengatasi kuman dan bakteri yang masih menempel pada pakaian thrift. Antiseptik termasuk senyawa kimia yang mampu menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme dan membunuh kuman. Mommies cukup merendam pakaian selama 5-10 menit dengan antiseptik, lalu peras dan rendam kembali. Jika ingin menghilangkan bau menyengat dari antiseptik, Mommies bisa menambah baking soda.

BACA JUGA: 6 Tips Jitu Belanja Thrifting Anti Nyesel, Dijamin Berkualitas dan Untung!

tips mencuci baju thrift

Foto: Darya Sannikova on Pexels

3. Rendam Pakaian dengan Air Panas

Cara ini pasti sudah biasa digunakan Mommies untuk mengatasi kuman dan kusam yang menempel di permukaan baju thrift. Dengan suhunya yang cukup tinggi, air panas dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri. Caranya, Mommies bisa menyiapkan wadah berisi air panas, masukkan baju bekas ke dalam wadah sekitar 10-15 menit. Setelah selesai direndam, Mommies bisa mencuci pakaian thrift seperti biasa.

4. Pakai Baking Soda

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda kusam di baju, terutama pada baju putih. Caranya mudah, Mommies hanya perlu menaburkan baking soda di atas baju dan diamkan selama beberapa jam sebelum dicuci. Kemudian, Mommies bisa membilasnya atau membiarkan baking soda larut saat pakaian dicuci. Selain menghilangkan noda kusam, baking soda juga bisa menghilangkan bau apek pada bahan baju katun dan polyester.

5. Bersihkan dengan Cuka Putih

Selanjutnya, ada cuka putih yang bisa menghilangkan bau menyengat karena produk pembersih atau sisa bau apek. Jika baunya masih menempel, Mommies bisa merendamnya semalaman di ember sebelum besok dicuci kembali. Cuka putih juga dipercaya bisa mengatasi noda bandel, seperti bekas tinta, saus, dan bekas keringat yang menguning dengan lebih maksimal.

6. Gunakan Garam

Merendam pakaian dengan garam bisa mengatasi berbagai noda kuah, noda minyak, dan noda darah di baju thrift. Sebelum membersihkannya dengan garam, Mommies harus menyesuaikan jenis noda dan jenis bahan agar baju yang dicuci tidak rusak.

7. Wajib Jemur di Bawah Sinar Matahari

Supaya baju lebih terjaga dan tidak mudah rusak, Mommies dianjurkan mencuci baju thrift menggunakan tangan dengan bantuan sikat untuk mengatasi noda bandel. Setelah membilas dan merendam baju dengan air pewangi pakaian, Mommies bisa langsung menjemurnya di bawah sinar matahari untuk mematikan kuman dan bakteri.

BACA JUGA: 6 Tempat Thrifting Terbaik di Indonesia, Pusat Pakaian Murah Berkualitas

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Ron Lach on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan