banner-detik
SELF

7 Rekomendasi Suplemen untuk Wanita Menopause, Kenali Juga Gejalanya

author

Fannya Gita Alamanda13 Mar 2024

7 Rekomendasi Suplemen untuk Wanita Menopause, Kenali Juga Gejalanya

Suplemen-suplemen ini direkomendasikan karena dapat membantu para perempuan mengatasi beragam gejala menopause! Ada apa saja, ya?

Menopause terjadi ketika Mommies sudah melewati 12 bulan tanpa siklus menstruasi. Proses alami ini biasanya terjadi antara usia 45-55 tahun, dengan masa transisi berlangsung antara 5-10 tahun (ada juga yang hanya 3-4 tahun atau beberapa bulan saja). Pada periode ini, hormon seperti estrogen dan progesteron berfluktuasi, dan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, menyebabkan munculnya sejumlah gejala yang bikin fisik, mental, dan emosi sangat nggak nyaman.

Kenali gejala-gejala menopause dan perimenopause

Meskipun menopause terjadi sejak periode menstruasi terakhir, sebagian besar wanita mengalami gejala bebberapa tahun sebelumnya. Ini karena jumlah folikel telur (yang memproduksi hormon estrogen dan progesteron) berkurang. Selama masa ini, banyak wanita akan mengalami serangkaian gejala yang mengganggu seperti:

  • Perasaan cemas
  • Hot flushes
  • Berkeringat di malam hari
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Perubahan suasana hati
  • Gangguan tidur
  • Menggigil
  • Nyeri dan sakit pada sendi dan otot
  • Kulit dan rambut kering dan menipis
  • Berkurangnya gairah seksual
  • Kekeringan vagina

Terapi penggantian hormon atau hormone replacement therapy (HRT) dapat menjadi cara untuk mengatasi gejala menopause. Tapi Mommies perlu berkonsultasi dengan dokter tentang pro dan kontranya. Cocok tidaknya. Namun, jika Mommies tidak berniat mengonsumsi HRT yang diresepkan, ada cara lain untuk mengatasi gejala menopause dengan olahraga teratur, mengonsumsi makanan seimbang, dan suplemen menopause.

BACA JUGA: 10 Vitamin dan Suplemen Terbaik, Rahasia Puasa Sehat dan Bugar!

Suplemen Terbaik untuk Masa Menopause

Suplemen terbaik untuk menopause akan bergantung pada gejala yang Mommies alami, riwayat kesehatan, dan kebutuhan nutrisi. Ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter Anda untuk menentukan suplemen mana yang paling bermanfaat bagi Mommies.

1. Suplemen terbaik secara keseluruhan

suplemen menopause

One a Day Women’s Menopause Multivitamin

One a Day Women’s Menopause Multivitamin mengandung vitamin D, kalsium, dan magnesium untuk mendukung kesehatan tulang, bersama biotin dan zinc yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, multivitamin ini mengandung 60 mg isoflavon kedelai, yaitu senyawa alami yang terdapat pada kedelai yang memiliki efek estrogenic. Multivitamin ini mengandung isoflavon, daidzein, glisitin, dan genistein yang terbukti dapat menurunkan kolesterol, mengatasi hot flashes dan berkeringat di malam hari.

Catatan: suplemen mengandung isoflavon mungkin tidak aman bagi mereka yang memiliki riwayat kanker payudara sensitif estrogen atau peningkatan risiko kanker payudara karena faktor genetik. Jadi, berkonsultasilah dulu dengan dokter.

2. Terbaik untuk mengatasi hot flashes

suplemen menopause

Theralogix IsoRel Whole Soybean Extract Supplement

Jika kipas angin, AC, dan mandi tidak cukup membantu, mungkin suplemen ini dapat membantu mengurangi hot flashes. Saat ini, pengobatan terbaik untuk hot flashes adalah terapi penggantian hormon atau hormone replacement therapy (HRT), yang melibatkan penggunaan estrogen yang diresepkan oleh dokter. Namun, HRT bukannya tanpa efek samping karena dapat meningkatkan risiko stroke dan beberapa jenis kanker.

Catatan: konsultasikan dengan dokter jika Mommies memiliki riwayat kanker payudara sensitif estrogen atau peningkatan risiko kanker payudara karena faktor genetik sebelum mengonsumsi suplemen ini.

3. Terbaik untuk masalah kepadatan tulang

NOW Vitamin D3 + K2

Now Foods Vitamin D-3 and K-2 dinilai terbaik untuk mendukung kepadatan tulang selama menopause karena telah diuji oleh pihak ketiga. Suplemen ini menyediakan 1.000 IU vitamin D3 dan 45 mcg vitamin K-2. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K dan vitamin D yang dikonsumsi bersamaan dapat meningkatkan kepadatan tulang secara signifikan, khususnya pada wanita pasca menopause.

Catatan: Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin D-3 dan K-2, karena rekomendasi dosis vitamin D bervariasi dan vitamin K dapat berinteraksi secara berbahaya dengan obat pengencer darah, seperti warfarin.

BACA JUGA: Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam?

4. Terbaik untuk multivitamin

Thorne Research Women’s Multi 50+

Meskipun mengonsumsi makanan yang seimbang adalah cara terbaik untuk memastikan kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi, multivitamin, seperti Thorne Women’s Multi 50+, dapat membantu mengisi kekurangan nutrisi.

Multivitamin Harian Multi 50+ Wanita Thorne mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, dan kolin dalam bentuk yang mudah diserap, dan tidak mengandung tembaga dan zat besi.

5. Terbaik untuk mengatasi rambut rontok dan menipis

Nutrafol Women’s Balance Hair Growth

Mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lemak sehat, serta mengelola stres, dapat membantu mengurangi tingkat kerontokan dan penipisan rambut. Namun jika perubahan gaya hidup kurang berhasil, suplemen Nutrafol Women’s Balance Hair Growth Supplement dapat membantu.

6. Terbaik untuk tidur lebih nyenyak

Pure Encapsulations Magnesium Glycinate

Baik karena hot flashes atau stres, tidur biasanya jadi persoalan selama menopause tapi beberapa penelitian menyatakan bahwa magnesium dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Pure Encapsulations Magnesium Glycinate direkomendasikan jika Mommies ingin tidur lebih nyenyak. Magnesium glisinat adalah bentuk magnesium terbaik untuk dikonsumsi sebelum tidur karena ia terikat dengan asam amino glisin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mudah diserap.

7. Terbaik untuk mengatasi mood swings

suplemen menopause

Remifemin Menopause Relief

Vitamin terbaik untuk mood swings adalah vitamin yang membantu Mommies bisa merasa lebih positif dan bahagia. Remifemin diformulasikan untuk meredakan ketidaknyamanan menopause yang umum seperti hot flashes, night sweats, mood swings, dan perasaan sensitif.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Vitamin C untuk Kulit Wajah Usia 40 Tahun ke Atas

Cover: Polina Tankilevitch on Pexels

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan