banner-detik
SELF

Berbagai Cara Rayakan Hari Perempuan International yang Sederhana Tapi Bermakna

author

RachelKaloh08 Mar 2024

Berbagai Cara Rayakan Hari Perempuan International yang Sederhana Tapi Bermakna

Bagaimana perayaan Hari Perempuan International di berbagai negara? Dari yang sederhana hingga yang megah, simak keseruannya berikut ini. 

Memasuki bulannya para perempuan, yakni peringatan Hari Perempuan International, atau lebih sering kita sebut #InternationalWomensDay (IWD), tentu akan menarik bila kita telaah bagaimana para perempuan di berbagai belahan bumi merayakannya. 

Selain #WomensMarch yang merupakan momentum awal diperingatinya Hari Perempuan Internasional, di mana 15.000 wanita berbaris di New York City pada 1908 untuk menuntut jam kerja yang lebih singkat dan layah, upah lebih baik, dan hak memilihnya, yang kemudian diikuti berbagai aksi yang bertujuan membela hak perempuan di tahun-tahun setelahnya, karena memang isu perempuan tidak pernah berhenti di satu waktu, di jaman sekarang ini tentu makin banyak yang bisa dilakukan untuk memperingati dan merayakannya. 

Tahun ini, yang menjadi tema IWD adalah “Inspire Inclusion”, menekankan pentingnya keberagaman dan pemberdayaan di seluruh aspek masyarakat. 

Unione Donne Italiane

Di Italia, IWD dirayakan dengan sebutan Unione Donne Italiane. Mereka merayakannya dengan pemberian bunga Mimosa kepada semua wanita. Pemberian bunga ini dianggap sebagai simbol kekuatan dan kepekaan wanita. 

Upacara tradisional mengenakan busana wanita

Mahasiswa perempuan berpartisipasi dalam upacara Coming of Age di Songcheng, Hangzhou, provinsi Zhejiang, persis di tanggal 8 Maret pada 2016 lalu. Mereka mengadakan upacara tradisional kuno bersujud kepada dewa dan melepaskan lentera meriah di sungai dengan pakaian Han Tiongkok untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. 

Live music, bazaar makanan dan cocktail

Di Ohio pada 2018 lalu, IWD dirayakan dengan acara berisi live music, bazaar makanan, dan bazaar cocktail oleh para pedagang wanita lokal. 

Diskusi kemajuan dan tantangan bagi perempuan di tempat kerja

Di Wisconsin, hari perempuan internasional dirayakan dengan mengadakan diskusi, di mana berbagai speakers dari seluruh dunia berkumpul untuk membicarakan kemajuan dan tantangan lanjutan bagi perempuan di tempat kerja di seluruh dunia. Dalam panel ini juga dibahas bagaiman perbandingannya dengan situasi saat ini di Amerika. 

Free Yoga Class

Di Tennessee, Amerika, IWD dirayakan melalui kelas yoga gratis buat seluruh perempuan yang hadir di sana. Tentunya, hal ini adalah bentuk dukungan terhadap pentingnya perempuan untuk selalu menjaga kesehatannya.

Perayaan International Womens Day yang bisa diikuti

Di Indonesia sendiri, bahkan di daerah terdekat Mommies, pasti ada saja komunitas perempuan yang merayakan Hari Perempuan Sedunia melalui berbagai rangkaian acara yang bisa diikuti, seperti:

Strong Sisters: Make Fit Happen 

Acara ini diselenggarakan oleh Strong Sisters, komunitas kebugaran perempuan yang dipimpin oleh Anastasia Adelia. Bakalan ada sesi workout bareng bersama para female coaches, games, dan sharing session.

Womens Day Run 

Acara lari bareng 10K di bulan April mendatang ini diselenggarakan dalam rangka Hari Perempuan Sedunia. Sayangnya, registrasi sudah ditutup karena kuota sudah full. 

Bukber Mommiesdaily

Buka puasa bareng sama komunitas Mommiesdaily, akan diadakan di tanggal 23 Maret 2024 mendatang. Bakalan ada kajian bareng yang mengusung tema: Women’s Role. 

Bahkan, Mommes sendiri juga bisa menyelenggarakan acara bertema wanita bersama sahabat dan kerabat dekat, sesederhana apapun bentuknya: movie marathon film-film yang dibuat oleh perempuan, baca buku yang ditulis oleh perempuan, share playlist yang bertema perjuangan perempuan, dan sebagainya. Yang penting tujuan kita sama, yaitu berpartisipasi dalam menekankan pentingnya keberagaman dan pemberdayaan perempuan di seluruh aspek masyarakat. 

“The story of women’s struggle for equality belongs to no single feminist nor to any one organization but to the collective efforts of all who care about human rights.”

 #InternationalWomensDay2024 #InspireInclusion!

Baca juga:

10 Perempuan Inspiratif yang Mengubah Dunia di Satu Dekade Terakhir

Ingin Anak Perempuan Jadi Pintar & Berani? Berikan 15 Buku Bacaan Ini!

Image by freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan