banner-detik
PARENTING & KIDS

Ingin Anak Perempuan Jadi Pintar & Berani? Berikan 15 Buku Bacaan Ini!

author

Mommies Daily01 Jan 2024

Ingin Anak Perempuan Jadi Pintar & Berani? Berikan 15 Buku Bacaan Ini!

Kali ini ada banyak rekomendasi buku bacaan untuk anak perempuan dari berbagai usia. Karena kita semua bahwa buku penting bagi semua anak.

Membaca buku adalah aktivitas anak yang baik dan sangat didukung. Gemar membaca buku membantu anak untuk fokus, menambah kosakata, dan melatih pikiran mereka. Bagi anak perempuan, membaca buku juga bisa membantu mereka jadi pintar dan berani. Yuk, simak berbagai rekomendasi buku bacaan untuk anak perempuan.

Secara global, anak perempuan menghadapi risiko buta huruf yang lebih besar dibandingkan anak laki-laki. Sekitar 496 juta perempuan dewasa di seluruh dunia tidak dapat membaca dan menulis. Ini adalah angka yang mengejutkan yang mewakili sekitar dua pertiga dari semua orang dewasa yang buta huruf di dunia, menurut laporan World’s Women 2015.

Fakta ini sangat memprihatinkan mengingat literasi perempuan memiliki manfaat yang dapat memengaruhi generasi mendatang-mulai dari mengurangi angka kematian bayi hingga meningkatkan peran perempuan, keterampilan kepemimpinan, dan keterlibatan mereka dalam masyarakat.

Jadi, mulailah membuat anak perempuan gemar membaca buku dari kecil. Mommies bingung apa buku yang pantas buat anak perempuan? Ini rekomendasi buku bacaan anak perempuan berbagai usia. Mulai dari balita, usia 6-12 tahun, dan usia remaja!

BACA JUGA: 7 Buku Sex Education yang Bagus untuk Anak Balita hingga Remaja

Buku Bacaan Anak Perempuan Usia Balita

1. Seri Pengetahuan Anak Sehat: Yuk, Main di Luar dengan Aman

buku bacaan anak perempuan

Masa balita pasti anak-anak sedang senangnya main di luar. Meski ini aktivitas yang bagus tapi Mommies juga harus menanamkan kesadaran jika bermain di luar rentan akan penyakit. Melalui buku ini, anak perempuan diajar untuk main di luar dengan aman.

Buku ini mengangkat tema tentang perlunya waspada saat bermain di luar ruangan. Dari cerita dalam buku ini, anak diajarkan tentang penyakit-penyakit yang bisa menyerang akibat tidak berhati-hati saat bermain di luar rumah dan cara-cara agar bisa bermain di luar dengan aman.

2. Seri Anak Pintar: Tata Krama

Tinggal di Indonesia yang menjunjung tata krama, rasanya penting mengajar anak perempuan tata krama dari kecil. Buku panduan Seri Anak Pintar: Tata Krama ini hadir untuk mengajarkan si kecil mengenai bagaimana tata cara berinteraksi dan bersikap dengan sopan, baik, dan benar mulai dari yang usianya lebih muda, teman sebaya, hingga orang yang usianya lebih tua.

3. The Wonderful Things You Will Be

Meskipun anak perempuan Anda masih berusia 5 tahun, Anda masih bisa mengenalkan puisi padanya. Dalam puisi indah tentang tumbuh dewasa ini, Emily Windfield Martin mengeksplorasi semua hal yang dapat anak Anda pilih untuk menjadi, mulai dari berani dan berani hingga kreatif dan bijaksana. Buku ini sangat menyenangkan untuk dibacakan kepada putri Anda setiap malam.

4. Ensiklopedia Anak Pintar (My First Encyclopedia)

Yuk belajar dengan cara menyenangkan dari buku bacaan dengn ilustrasi menyenangkan ini. Dengan Ensiklopedia Anak Pintar, anak cukup belajar satu fakta sehari. Dijamin, anak akan pintar dalam 249 hari!

5. 15 Menit Belajar Membaca Anak Pintar

Buku edukasi yang dikemas menarik? Ini dia Mommies! Buku 15 Menit Belajar Membaca Anak Pintar merupakan buku ajar yang akan melatih kemampuan membaca anak. Gunakan buku ini sebagai media belajar membaca bagi buah hati.

Buku Bacaan Anak Perempuan Usia 6-12 Tahun

1. All the Ways to be Smart

buku bacaan anak perempuan

Penulis buku ini telah menerima banyak penghargaan dari buku sebelumnya, Under the Love Umbrella. Buku ini berupa syair yang penuh sukacita yang membuat anak-anak menjadi diri mereka sendiri. Melalui buku ini, anak-anak diajar untuk menjadi cerdas menjadi berempati, artistik, dan penuh rasa ingin tahu.

2. The World Needs Who You Were Made to Be

Petualangan cerita melalui balon udara yang semarak ini merayakan kekuatan unik setiap anak serta kerja sama tim dan penerimaan terhadap perbedaan. Segalanya akan menjadi lebih indah saat kita berbagi bakat dan kemampuan, mengulurkan tangan, dan melakukan yang terbaik untuk menjaga satu sama lain.

3. If I had a Little Dream

buku bacaan anak perempuan

Buku bergambar karya Nina Laden ini cocok buat anak perempuan berusia 7-10 tahun. Buku ini membuat mereka menghargai betapa beruntungnya kita hidup di dunia seperti sekarang ini. Ini adalah buku yang optimis dan penuh dengan berbagai kemungkinan.

4. Think Big, Little One

Buku ini bisa menjadi inspirasi berani bagi anak perempuan. Mengangkat cerita tentang para wanita visioner dan kontribusi mereka pada seni dan ilmu pengetahuan. Dari arsitek hingga ahli zoologi, seri buku tentang para perempuan revolusioner yang berprestasi ini tidak boleh dilewatkan oleh para gadis kecil.

5. A Madeline Treasury

Salah satu tokoh gadis kecil paling terkenal dalam literatur, petualangan Madeline masih menjadi kisah klasik yang digemari, dan koleksi yang dijilid dengan penuh perhatian ini akan menjadi suguhan yang menarik untuk dibaca oleh anak-anak perempuan.

Buku Bacaan Anak Perempuan Usia Remaja

1. Girls Who Changed the World

Buku ini menghadirkan koleksi lengkap profil inspiratif dan nyata dari para wanita muda sukses sepanjang sejarah yang telah menorehkan jejaknya di dunia sebelum menginjak usia dua puluh tahun. Para anak perempuan remaja saat ini mendambakan panutan yang kuat dan mandiri untuk dijadikan motivasi, dan buku ini memberikan sosok panutan tersebut.

2. Does My Head Look Big In This?

Buku satu ini merupakan buku yang membahas mengenai perjuangan dari seorang gadis yang berusaha mempertahankan imannya sebagai seorang minoritas, yang tinggal di sebuah negara sekuler. Cocok buat anak remaja perempuan yang mulai mencari jati diri.

3. I am Enough

buku bacaan anak perempuan

Sebuah buku yang indah tentang kebaikan dan merangkul perbedaan, buku bergambar yang kaya ini penuh dengan anak-anak perempuan yang mengeksplorasi minat mereka, bermain, dan belajar bersama. Setelah dibaca, buku ini akan menjadi hadiah yang tepat untuk keluarga yang memiliki anak perempuan.

4. Dua Garis Biru

Novel satu ini, telah diadaptasi menjadi sebuah film yang cukup viral pada masanya. Novel satu ini mengisahkan mengenai kisah dari sepasang kekasih remaja yang terlibat dalam suatu permasalahan, yaitu hamil di luar nikah.

Meskipun bagi banyak orang ini adalah novel kontroversial, tapi sebenarnya bahasan tentang ini sangat penting bagi anak perempuan.

5. Coraline

Saat menjelajahi rumah barunya, seorang gadis bernama Coraline menemukan sebuah pintu rahasia, yang di baliknya terdapat sebuah dunia alternatif yang sangat mirip dengan dunianya, namun dalam banyak hal lebih baik.

Novel fantasi ini cocok dibaca untuk anak perempuan remaja, karena Coraline juga memiliki masalah yang mirip dengan mereka. Dalam buku ini, Coraline harus menggunakan semua sumber daya dan keberaniannya untuk kembali ke keluarga dan kehidupannya.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 5 Kesalahan Orang tua yang Membuat Anak Malas Baca Buku

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan