banner-detik
LIFESTYLE

30 Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa dan Tempat Belinya

author

Katharina Menge08 Mar 2024

30 Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa dan Tempat Belinya

Memasuki bulan puasa artinya kita akan kembali berburu takjil. Berikut Mommies Daily berikan rekomendasi takjil untuk buka puasa keluarga!

Salah satu hal yang dinantikan di bulan puasa, selain ibadah dan pahalanya, adalah kebiasaan berburu sajian berbuka atau takjil. Apalagi memasuki bulan Ramadan biasanya akan muncul banyak penjual makanan dan minuman yang menjajakan makanan menjelang Maghrib.

Bahkan tak jarang kegiatan berburu takjil dijadikan sebuah kegiatan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka. Momen ini pun banyak dinantikan karena kita bisa mendapatkan banyak pilihan makanan.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa 30 Hari Lengkap dengan Resep

Rekomendasi Takjil untuk Buka Puasa

Supaya Mommies dan keluarga gak bingung lagi mau beli takjil apa, berikut Mommies Daily berikan rekomendasinya!

takjil buka puasa

Foto: Freepik

1. Es Buah

Rekomendasi takjil yang satu ini paling banyak dijual. Jadi, Mommies dan keluarga bisa memilih paduan buah-buahan yang ada di dalamnya.

2. Es Teler

Campuran alpukat, daging kelapa, cincau, nangka, dan aneka buah membuat es teler banyak dicari orang.

3. Es Doger

Minuman es serut dari kelapa dan identik berwarna merah muda ini isinya macam-macam, mulai dari roti, kacang, alpukat, hingga sagu mutiara dan campuran susu cokelat.

4. Es Campur

Pasti ada banyak pilihan penjual es campur yang bisa Mommies dan keluarga temui di pinggi jalan. Menyantap campuran koktail buah, kelapa, sagu mutiara, jeli rumput, dan es serut itu pasti menyegarkan.

5. Es Pisang Ijo

Terbuat dari pisang yang digulung dengan campuran tepung terigu, tepung beras, dan santan, menyantap es pisang ijo bisa jadi pilihan menu takji keluarga yang nikmat.

6. Es Kelapa Muda

Segarnya es kelapa muda tanpa tambahan gula atau bahan lainnya punya kelebihan sendiri. Tidak heran banyak penjual es kelapa muda di pinggir jalan yang antriannya super panjang.

7. Es Dawet

Sering di bilang sama, es dawet punya tekstur yang lebih lembut dan kenyal dibanding cendol. Itu karena dawetnya terbuat dari tepung ketan.

8. Es Cincau

Potongan cincau hijau. dipadu dengan sirup, santan , dan es serut pasti membuat momen berbuka keluarga jadi semarak.

9. Es Cendol

Berbeda dengan es dawet, es cendol punya tekstur yang lebih padat dan kenyal karena terbuat dari campuran tepung beras dan hunkwe. Sama-sama manis dan segar!

10. Es Blewah

Salah satu makanan di bulan Ramadan yang paling dicari. Olahan blewah sangat dinantikan, dan menikmatinya dalam hidangan es pasti jadi pembuka puasa yang segar.

11. Es Goyobod

Berbahan dasar santan mirip dengan es campur, ds goyobod terdiri dari es serut, santan, sirup gula, dan pati kacang hijau kental yang dikenal sebagai hunkwe.

12. Bubur Kacang Hijau

Kalau mencari bukaan yang manis tapi bukan es, maka bubur kacang hijau bisa jadi pilihan. Dimakan panas malah lebih enak!

13. Bubur Candil

Berbeda dengan biji salah, candil terbuat dari tepung ketan yang diolah hingga membentuk bola-bola coklat. Bisa jadi laternatif takjil manis keluarga.

14. Bubur Mutiara

Paduan sagu mutiara yang berbentuk bulat-bulat kecil berwarna merah muda dengan santan. Manis dan lembut rasanya berpadu sempurna di mulut.

15. Bubur Ketan Hitam

Kalau biasanya ketan hitam disajikan bareng kacang hijau, sekarang banyak pedagang takjil yang menjual bubur ketan hitamnya sendiri.

takjil buka puasa

Foto: Freepik

16. Bubur Sumsum

Setiap penjual takjil pasti menjual bubur sumsum juga yang dikemas dalam gelas plastik. Tentu saja rasanya berbeda-beda dan Mommies bisa pilih yang paling disuka.

17. Bubur Kampiun

Semua jenis bubur yang Mommies cari ada di sini. Bubur kampiun isinya bubur adalah beberapa jenis bubur, muali dari ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau, dan banyak lagi.

18. Kolak Biji Salak

Makanan manis yang satu ini terbuat dari campuran ubi jalar dengan tepung tapioka. Paling enak dinikmati saat manis hangat.

19. Kolak Pisang

Pisang dan santan adalah paduan menu berbuka yang sudah jadi khas orang Indonesia. Pilih pisang yang empuk agar momen berbuka semakin nikmat.

20. Kolak Ubi

Selain kolak biji salah dan kolak pisang, kolak ubi juga bisa jadi pilihan. Apalagi kalau ubinya empuk dan segar. Wah, takjilnya sukses!

Aneka Gorengan

Kalau untuk gorengan tentu tidak perlu lagi diragukan karena pasti jadi incaran semua orang untuk menu takjil untuk buka puasa. Ini beberapa rekomendasi gorengan yang bisa dicoba!

  1. Tahu Bakso
  2. Risol Sayur
  3. Risol Mayo
  4. Pastel Daging
  5. Lumpia Rebung
  6. Pisang Goreng Madu
  7. Tempe Mendoan
  8. Bakwan Sayur Kuah Kacang
  9. Singkong Goreng Mekar
  10. Martabak telor

Rekomendasi Tempat Beli Takjil untuk Buka Puasa

Nah, berikut ini beberapa tempat terkenal untuk berburu takjil yang bisa jadi tujuan Mommies dan keluarga. Ada banyak pilihan takjil yang bisa diburu, mulai dari es, bubur, hingga gorengan.

takjil buka puasaFoto: Freepik

1. Sentra Takjil Benhil

Rekomendasi tempat jajan takjil untuk buka puasa yang satu ini terletak di Jalan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pasarnya mulai dibuka jam 15.00 WIB. Jadi sebaiknya kalau mau jajan di sana disarankan datang lebih cepat.

2. Area Masjid Cut Meutia

Area Masjid yang satu ini memang populer karena punya banyak tempat makan dan jajanan yang menggoyang lidah. Tentunya di bulan Ramadan akan ada semakin banyak pilihan takjil, dan memang sudah dari tahun ke tahun selalu ramai.

3. Sari-Sari Sarinah

Tempat kue dan roti tradisional ini bisa langsung Mommies dan keluarga serbu untuk berburu takjil buka puasa. Letaknya ada di dalam gedung Sarinah lantai Basement.

4. Area Masjid Sunda Kelapa

Selain Masjid Cut Meutia, area Masjid Sunda Kelapa juga jadi pusat makanan takjil di bulan Ramadan. Siap-siap berburu bersama masyarakat lainnya dan menghadapi kemacetan. Kalau datang lebih cepat kalian bisa punya banyak pilihan untuk dibeli.

5. Pasar Santa

Terletak di Lantai Dasar AKS, Jalan Cipaku I Nomor 121, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Pasar Santa juga punya banyak pilihan menu untuk menemani berbuka keluarga. Datang dari jam 15.00 WIB sangat disarankan!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Catering dan Frozen Food untuk Sahur dan Buka Puasa

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan