banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Tanpa Operasi, Ini 8 Cara Ampuh Mengencangkan Vagina Secara Alami

author

Fannya Gita Alamanda03 Mar 2024

Tanpa Operasi, Ini 8 Cara Ampuh Mengencangkan Vagina Secara Alami

Vagina yang longgar bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun tenang, Moms, ini cara mengencangkan vagina Mommies kembali!

Wanita yang mengalami kehamilan, melahirkan, atau mengalami menopause hingga masalah kesehatan reproduksi, pada suatu saat kemungkinan besar akan mengalami kondisi melemahnya otot vagina pada tingkat tertentu.

Sayangnya banyak wanita yang enggan membicarakan hal ini dengan dokter karena merasa malu atau khawatir bahwa satu-satunya pilihan untuk mengencangkan kembali otot vagina adalah dengan operasi.

Tidak ada yang sia-sia dengan melakukan usaha untuk mengencangkan otot vagina. Vagina yang sehat adalah kunci kesehatan panggul serta kesehatan dan kebahagiaan tentunya. Untungnya, ada beberapa pilihan alami yang mudah, tidak menimbulkan rasa sakit, dan terbukti berhasil mengatasi otot vagina yang longgar.

BACA JUGA: Enak dan Bisa Mencegah Infeksi, Ini 5 Resep Smoothies untuk Vagina

Penyebab Vagina Kendur

Apa sih yang menyebabkan vagina kendur? Fluktuasi hormonal dan ketegangan fisik atau tekanan pada vagina dan organ panggul lainnya dapat menyebabkan vagina menjadi kendur. Penyebab-penyebab umumnya meliputi:

  • Persalinan alami yang membuat renggang otot, tendon dan dinding vagina
  • Penurunan kadar estrogen akibat menopause
  • Menurunnya kadar estrogen yang disebabkan oleh masalah kesehatan
  • Penuaan otot dan tendon yang menyebabkan melemahnya dasar panggul
  • Struktur fisik karena faktor genetik

cara mengencangkan vagina

Foto: Freepik

Cara Mengencangkan Vagina

Olahraga, estrogen, dan herbal semuanya dapat membantu mengurangi kekenduran vagina dan menjaga ototnya tetap kencang. Yuk, intip deretan caranya di bawah ini yang dijamin bisa Mommies ikuti dengan mudah dan tanpa perlu operasi!

1. Latihan Kegel

Cara mengencangkan vagina yang pertama adalah dengan kegel. Kegel sangat efektif untuk mengencangkan otot dasar panggul, mengurangi inkontinensia, dan meningkatkan kepuasan seksual.

Kegel bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot dasar panggul Anda dengan melakukannya dalam beberapa set sepanjang hari. Bayangkan otot yang akan Anda gunakan untuk menghentikan buang air kecil. Nah, otot itulah yang menjadi target Mommies.

Namun, meskipun otot dasar panggul membantu menopang vagina dan struktur di sekitarnya, otot tersebut bukanlah penyusun dinding vagina. Tetap saja, jika seluruh otot dalam kondisi baik, sehat, kencang, dan elastis maka performa vagina Mommies pasti paripurna.

2. Melatih panggul

Senam panggul dilakukan untuk mengencangkan vagina sekaligus menguatkan otot perut. Untuk melakukan ini, Anda harus berdiri dengan bahu dan bokong menempel ke dinding. Lalu, tarik pusar ke arah tulang belakang Anda. Anda harus mengencangkan pusar setidaknya selama 4 detik sebelum melepaskannya.

3. Berjongkok

Melakukan squat atau berjongkok bersamaan dengan melakukan senam kegel adalah cara yang bagus untuk mengencangkan area panggul dan mengencangkan otot vagina. Untuk melakukan ini, Anda harus berdiri dengan kaki terentang dan pinggul didorong ke belakang, lalu turunkan tubuh Mommies seolah-olah sedang duduk di bangku. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Manfaat lainnya, gerakan ini akan membuat bokong Mommies tampah bulat menggoda. Jika mau ditambah dengan beban (dumbel) di tangan juga boleh.

4. Latihan mengangkat kaki

Angkat kaki Mommies ke dinding. Ini adalah latihan yang sangat bagus untuk mengencangkan vagina dan menambah kekuatan otot panggul. Mommies bisa melakukan latihan ini di malam hari sebelum tidur.

5. Yoga

Bagi yang mengikuti kelas Yoga pasi tidak asing dengan istilah-istilah berikut. Asana Yoga dapat membantu kontraksi dan perluasan otot dasar panggul. Mommies juga bisa mempraktikkan Titli Asana, Prasarita Padottanasana, Chakrasana, dan Supta Vajrasana untuk menjaga kesehatan vagina Mommies.

Penelitian yang lebih lanjut menyatakan bahwa pose-pose yoga yang melibatkan panggul juga dapat membantu mengencangkan otot vagina.

6. Terapi Estrogen

Terapi Penggantian hormon dulunya merupakan pengobatan yang menakutkan dan untung-untungan. Bisa berhasil, bisa tidak. Saat ini Terapi Penggantian Hormon wanita dapat diformulasikan dan dirancang khusus agar sesuai dengan tubuh, kebutuhan, dan tujuannya. Terapi ini menggantikan hormon yang tidak lagi diproduksi tubuh setelah menopause atau ketika tubuh menurunkan produksi estrogen dan hormone-hormon lain karena alasan medis lainnya.

Krim Terapi Penggantian Hormon menawarkan penyesuaian, fleksibilitas, dan pengaplikasian hormon yang sederhana dan mudah. Krim diserap melalui kulit dan masuk ke aliran darah.

7. Perawatan menggunakan herbal

Krim dan semprotan herbal bisa efektif dalam mengatasi kelemahan otot vagina. Bicaralah dengan ahli uroginekologi Mommies untuk mendapatkan rekomendasi, guna memastikan apa yang Anda gunakan tidak beracun dan aman untuk diaplikasikan pada vagina.

cara mengencangkan vagina

Foto: Freepik

8. Hindari hal-hal yang bikin Mommies stres

Menjaga otot dasar panggul Mommies tetap kuat akan lebih mudah jika Anda membatasi ketegangan dan stres yang tidak perlu. Jadi salah satu cara mengencang vagina adalah dengan menghindari yang namanya overthinking.

Berikut adalah beberapa kebiasaan pencegahan baik yang bermanfaat untuk kesehatan otot vagina Mommies:

  • Makan makanan sehat yang tinggi serat untuk mengurangi kemungkinan seringnya sembelit.
  • Jongkok, jangan duduk, saat buang air besar. Ini relatif mudah, ya, di negara kita. Bagi yang tidak menggunakan toilet jongkok, Mommies dapat menggunakan bangku kecil yang di letakkan persis di depan toilet. Bangku kecil ini berguna untuk membantu mengangkat lutut Mommies selama proses BAK dan BAB. Berjongkok memungkinkan otot yang bertanggung jawab untuk mengontrol usus (puborectalis) untuk rileks sepenuhnya.
  • Saat lutut kita berada pada posisi 90 derajat, otot ini tetap bergerak sebagian. Orang yang menggunakan posisi jongkok meminimalkan ketegangan, dan menghabiskan hanya sekitar sepertiga waktunya untuk buang air besar.
  • Belajarlah mengangkat barang berat dengan cara yang benar.
  • Pertahankan berat badan yang sehat dan ideal.

BACA JUGA: Vagina Kering Bikin Tak Nyaman? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cover: Feepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan