banner-detik
PARENTING & KIDS

7 Rekomendasi Youtube Channel Islami Terbaik untuk Anak-Anak

author

Mommies Daily01 Mar 2024

7 Rekomendasi Youtube Channel Islami Terbaik untuk Anak-Anak

Berbagai Youtube channel Islami ini mengajarkan nilai-nilai agama kepada anak secara menyenangkan. Yuk, ajak si kecil menonton bersama.

YouTube channel bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak. Ada berbagai YouTube channel yang bisa menjadi tontonan anak dalam belajar berbagai pengetahuan tentang Islam sejak dini.

Melalui animasi, lagu-lagu, cerita-cerita, dan karakter-karakter yang lucu, anak-anak dapat belajar tentang ajaran Islam dengan cara yang menghibur dan mudah dipahami. Yuk, lihat apa saja channel yang bisa jadi pilihan!

BACA JUGA: Bikin Pintar, Ini 7 Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak Belajar Matematika

Youtube Channel Islami untuk Anak

Berikut adalah rekomendasi channel YouTube Islami yang bermanfaat bagi anak-anak.

1. NussaOfficial

Rekomendasi Youtube Channel yang pertama adalah NussaOfficial. Nussa adalah channel animasi pendek buatan Indonesia yang fokus pada pendidikan Islam untuk anak. Nussa menceritakan tentang keseharian seorang anak laki-laki bernama Nussa, bersama adik perempuannya yang bernama Rara.

Kisah yang ditampilkan lekat dengan penerapan ilmu agama dalam keseharian anak usia TK sampai SD. Nussa dan Tata akan memperkenalkan Si kecil dengan doa sehari-hari sampai pembelajaran akhlak.

2. Riko The Series

Mirip dengan Nussa, Riko The Series menyajikan animasi pendek bertema pendidikan agama Islam untuk anak usia TK sampai SD. Riko The Series menceritakan seorang anak delapan tahun bernama Riko dan sahabat robotnya, Q110. Mereka akan mengajak Si kecil berpetualang sambil belajar agama dalam keseharian.

Selain itu, channel Riko The Series juga menyajikan video pengetahuan alam sampai murottal berisi ayat-ayat pendek dari Al Quran.

3. Omar & Hana-Islamic Cartoons for Kids

Selanjutnya, ada channel YouTube Omar & Hana – Islamic Cartoons for Kids yang memberikan pelajaran agama Islam berbahasa Inggris. Cocok bagi Si kecil yang ingin belajar agama Islam sekaligus berbahasa Inggris.

Anak akan dipandu oleh kakak-beradik, Omar dan Hana, dimana mereka akan belajar tentang kisah para nabi, perilaku terpuji, sampai cara berserah diri kepada Allah SWT. Video versi bahasa Indonesia juga tersedia dalam channel bernama Omar & Hana – Lagu Kanak-Kanak Islam.

4. Hafiz & Hafizah

Hafiz & Hafizah juga bisa jadi pilihan. Channel ini memuat serial animasi Islami yang ramah anak dengan karakter yang lucu dan beragam. Channel menceritakan tentang keseharian saudara kembar berusia 9 tahun yang merupakan penghafal Al-Quran. Mereka dididik oleh ayahnya yang juga seorang ustaz, dan dikelilingi oleh berbagai teman.

Setiap kisah mereka memiliki keseruan dan nilai moral tersendiri. Selain itu, channel ini juga memiliki murotal anak dan kompilasi surah sehingga cocok bagi anak yang ingin mengenal Al-Quran.

5. Yufid Kids

Lalu ada Yufid Kids yang cocok untuk anak usia balita. Channel ini menyediakan video pendidikan anak Islam yang dengan animasi simpel dan ramah dalam penglihatan, sehingga tak akan menyebabkan anak overstimulasi.

Anak akan belajar membaca huruf latin, huruf hijaiyah, dan belajar mengaji. Selain itu, ada juga video mengenai kosakata dan doa sehari-hari. Channel Yufid Kids bisa melatih kemampuan anak berbahasa Indonesia maupun Arab.

6. Anak Muslim

Terakhir, ada Youtube channel Anak Muslim yang menyajikan video kisah teladan Nabi dan tokoh Islam lainnya. Kisah yang disajikan termasuk perjalanan nabi semasa hidup mereka, serta peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Mommies tak perlu khawatir karena video dalam Youtube channel Anak Muslim memiliki narasi bahasa yang mudah dimengerti anak. Channel Anak Muslim juga cocok untuk si kecil yang suka menyimak konten storytelling.

7. KABI – Kisah Teladan Nabi

KABI – Kisah Teladan Nabi cocok untuk mengedukasi Si kecil mengenai para nabi. Channel yang satu ini mengkhususkan pada animasi cerita teladan dan inspiratif dalam Islam. Selain kisah para nabi, ada juga kisah para sahabat habi, kisah tokoh-tokoh hebat dalam islam hingga kisah fabel yang seru untuk anak usia TK sampai SD.

BACA JUGA: Rekomendasi Akun Youtube Tentang Dongeng untuk Anak

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan