banner-detik
EDUCATION

5 Tempat Kursus Barista Terbaik untuk Anak dan Dewasa di Indonesia

author

Mommies Daily27 Feb 2024

5 Tempat Kursus Barista Terbaik untuk Anak dan Dewasa di Indonesia

Bagi Anda yang pecinta kopi dan ingin belajar meraciknya, segera daftarkan diri ke tempat kursus barista berikut ini! Bisa untuk anak hingga remaja.

Bagi pecinta kopi rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba untuk meraciknya sendiri. Tidak seperti keterampilan lain, belajar membuat kopi akan terasa lebih sulit jika dilakukan secara otodidak.

Oleh karena itu, Anda harus belajar langsung menggunakan alat dan mesin pembuat kopi bersama para ahli di bidangnya. Belajarnya bisa langsung di beberapa tempat kursus barista yang kini sudah ada cukup banyak.

Selain mengajarkan teknis, di tempat kursus barista para pelatihanya juga akan berbagi tips untuk yang ingin memulai karier sebagai barista yang andal.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Kursus untuk Menjadi Virtual Assistant, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga!

11 Tempat Kursus Barista untuk Anak hingga Dewasa

Untuk anak-anak hingga dewasa yang tertarik untuk mengasah keterampilan sebagai barista, berikut Mommies Daily rangkum beberapa tempat kursus barista yang cocok untuk pemula.

1. Barista.id Academy

Barista.id Academy memiliki 3 cabang yang terletak di Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang. Tak hanya itu, tempat kursus barista ini juga menawarkan materi yang beragam, seperti level roasting, teknik manual brew, dan pengelolaan menu cafe.

Anda bisa memilih jenis kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, mereka juga menyediakan kelas reguler, weekend, dan private. Untuk biaya kursusnya mulai dari Rp1.500.000 hingga Rp5.250.000.

kursus barista

Foto: Instagram/baristaacademy.id

2. Indonesia Coffee Academy

Indonesia Coffee Academy merupakan bagian dari Anomali Coffee. Tempat kursus ini menyediakan beberapa program untuk pemula, seperti basic espresso, latte art, dan cupping.

Indonesia Coffee Academy berlokasi di Anomali Coffee, Jl. Senopati No.19 dan membuka kesempatan untuk pemula yang serius ingin mempelajari ilmu kopi.

3. ABCD School of Coffee

A Bunch of Caffeine Dealers atau ABCD School of Coffee telah membuka kelas barista sejak tahun 2014. Tak hanya memiliki murid dari dalam negeri, mereka juga memiliki murid di Malaysia dan Singapura.

Berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, tempat kursus barista ini cocok untuk anda yang ingin meracik kopi sampai andal.

kursus barista

Foto: Instagram/abcd_coffee

4. Fulcaff Barista Training

Fulcaff Barista Training merupakan sekolah barista yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan menawarkan tiga program kelas. Salah satu kelas andalan mereka adalah Barista Training Combo Class. Selama mengikuti kelas, anda akan belajar cara membuat kopi dengan metode manual brew, latte art, dan menggunakan mesin espresso.

5. GoUKM Training Center

GoUKM Training Center atau yang dikenal dengan nama GTC adalah tempat kursus barista yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No.45, Bandung. GTC juga menawarkan berbagai materi tentang ilmu dan sejarah kopi hingga teknik barista. Dengan biaya Rp750 ribu, anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan sertifikat.

6. LPT Panghegar

Lembaga Pendidikan Terapan Panghegar atau LPT Panghegar adalah tempat kursus barista yang bekerjasama dengan Koffie Kawan dan Sumber Anugerah Roastery di Bandung. Sekolah barista yang terletak di Jalan Ibrahim Adjie No.11, Bandung ini menawarkan berbagai materi dasar kopi, teknik barista, dan manajemen bisnis kopi.

Untuk biaya kursusnya mulai dari Rp3-5,5 juta dengan dua pilihan waktu belajar, yaitu 30 jam dan 60 jam.

7. Dewaji Coffee

Dewaji Coffee merupakan salah satu coffee shop di Bandung yang menawarkan kursus pelatihan barista. Dewaji Coffee berlokasi di dua cabang, yaitu Jalan Rumah Sakit No.10 A, Cinambo dan Jalan Suryalaya Tengah, Lengkong. Dengan biaya kursus mulai dari Rp2-3 juta, kursus ini menyediakan berbagai materi tentang ilmu kopi sampai manajemen dan keuangan bisnis coffee shop.

kursus barista

Foto: Instagram/dewajicoffeelab

8. KursusBarista.ID

KursusBarista.ID menyediakan berbagai materi terkait teori dan praktik barista sampai bimbingan interview saat pelatihan. Biaya kursus barista yang terletak di Duren Sawit, Jakarta Timur, ini dimulai dari Rp2.500.000 dengan sistem private maksimal 2 peserta per sesi. Setelah kursus selesai, anda akan mendapatkan sertifikat kelulusan.

9. Rumah Kopi Indonesia

Tempat kursus barista yang berlokasi di Lamongan, Jawa Timur ini menyediakan berbagai materi gabungan dari modern brew, manual brew, dan latte art. Dengan harga mulai dari Rp3.000.000, anda bisa mendapatkan materi praktik, modul, dan fasilitas lainnya.

10. Abdi Bangsa Institute

Tak hanya membuka kursus barista, Abdi Bangsa Institute juga menyediakan pelatihan bidang perhotelan. Mereka juga menawarkan dua jenis kelas pelatihan, yaitu online dan offline dengan durasi sekitar 1 bulan.

Berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, biaya sekolah kursus ini mulai dari Rp3.500.000 dan sudah mendapatkan sertifikat, makan siang, serta fasilitas lainnya.

11. Esperto Barista Course

Esperto Barista Course menyediakan tiga pilihan kelas, yaitu Reguler (4 hari), Latte Art (2 hari), dan Coffee Cupping (2 hari). Tak hanya praktik, tempat kursus ini juga memberikan buku panduan tentang menyeduh kopi.

kursus barista

Foto: Instagram/espertobarista

Berlokasi di Jakarta Barat, biaya sekolah kopi ini mulai dari Rp2,5-6 juta tergantung dengan kelas yang anda ikuti.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft untuk Anak dan Kisaran Biayanya

Ditulis oleh: Shandia Pricila

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan