banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Tips Parenting Jitu Anies Baswedan, Bikin Anak Cerdas dan Berkarakter

author

Mommies Daily22 Feb 2024

8 Tips Parenting Jitu Anies Baswedan, Bikin Anak Cerdas dan Berkarakter

Capres 2024 Anies Baswedan punya tips parenting yang mudah ditiru nih, Mommies. Bahkan gaya parenting tersebut pernah dipuji oleh Gibran Rakabuming.

Calon presiden (Capres) 2024 Anies Baswedan rasanya tak perlu diragukan lagi dalam hal mendidik anak. Merupakan salah satu capres yang lumayan sering menggunakan media sosial, Anies seringkali membagikan keharmonisan keluarganya di akun media sosial pribadinya.

Dalam unggahan di Instagram, Anies juga menunjukkan bagaimana ia mendidik anak-anaknya dan terlihat harmonis. Terlebih sang istri, Fery Fartati Ganis juga sosok yang terpelajar dan sering berbagi tips parenting dalam berbagai acara.

Kombinasi pengasuhan Anies dan Fery ini tampaknya sukses mendidik keempat anak mereka menjadi pribadi yang bersahaja. Penasaran dengan tips parenting Anies Baswedan dan istri? Mommies juga bisa menirunya, loh!

BACA JUGA: Tips Parenting dr Aisah Dahlan, Pola Asuh untuk Tiap Anak Berbeda

Pola Asuh Anies Baswedan

Berikut gaya parenting Anies Baswedan dan sang istri, Fery, yang diterapkan pada anak-anaknya.

1. Mengajarkan pendidikan agama sejak dini

Dikenal sebagai sosok religius, Anies Baswedan menerapkan pentingnya pendidikan agama untuk anak-anaknya. Bersama anaknya, Anies sering melakukan sholat berjamaah dan juga tawarih bareng di bulan Ramadan lalu.

Pendidikan agama dalam keluarga mereka ini juga sempat dipuji Gibran Rakabuming, Walikota Solo, melalui cuitan di aplikasi X beberapa waktu lalu.

2. Fokus pada hal positif yang dilakukan anak

Membangun kepercayaan diri anak bisa dengan cara mudah, seperti melihat sisi positif perbuatan yang anak lakukan. Mungkin tak hanya dalam hal pengasuhan, namun kita cenderung melihat hal negatif dari banyak hal.

Misalnya saat anak membatalkan puasa tapi memilih jujur mengatakannya kepada orang tua. Alih-alih fokus pada ‘kegagalan’ anak berpuasa, orang tua bisa fokus pada kejujuran yang dilakukan sang anak.

3. Selalu meluangkan waktu dengan keluarga

Sebelum menjadi Capres 2024, kiprah Anies di dunia tidaklah sepi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memiliki waktu kerja yang sibuk dan mungkin membuatnya sulit berkumpul dengan keluarga. Namun, Anies selalu meluangkan waktu dengan anak dan istri.

Seperti yang ia lakukan baru-baru ini. Setelah mengurus berkas pencalonan diri dan juga mengadakan temu bicara dengan anggota partai dan juga media, Anies memilih waktu untuk bersantai bersama keluarga.

parenting anies baswedan

Foto: Instagram @fery.farhati

4. Turut serta dalam hobi anak

Terkadang ada batasan komunikasi antara anak dan orang tua, karena usia yag terpaut jauh sehingga gaya hidupnya juga berbeda. Tetapi tidak begitu untuk keluarga Anies dan Fery. Melalui akun media sosialnya, Fery sering membagikan blog kebersamaan dirinya dengan anaknya.

Ada suatu video yang menunjukkan ia turut mencoba produk kecantikan lokal bersama Mutiara Baswedan. Fery yang kurang mengenal produk kecantikan terlihat mengimbangi minat Mutiara akan produk-produk local beauty.

5. Menceritakan sosok teladan sebagai role model

Dalam mendidik anak, penting rasanya jika ada sosok yang bisa dijadikan panutan. Dari mana anak mengenal sosok tersebut? Tentunya dari kita sebagai orang tua. Dengan rajin menceritakan kisah tentang kebaikan, kesuksesan, dan cerita positif lainnya akan membuat anak terpacu lebih baik. Tidak perlu dibumbui pesan apapun, karena secara tidak sadar, anak akan mengambil inspirasi dengan sendirinya.

6. Mendukung anak percaya diri

Ada beberapa orang tua yang terlalu melindungi anak dan akhirnya membangun pribadi anak yang tidak mandiri dan kurang percaya diri. Padahal kemandirian dan rasa percaya diri akan sangat penting di usia dewasanya kelak.

Biasanya pengalaman ini muncul saat anak tidak didampingi oleh orangtuanya, jadi dukunglah untuk setiap kegiatan keluar rumah, menginap di rumah saudaranya, dan sebagainya. Atau, sebagai orang tua juga bisa mengajak anak ke tempat aktivitas orang tua. Ini sering dilakukan oleh Anies dan juga Fery.

7. Membiasakan anak mengerjakan tugas rumah tangga

Melibatkan anak dalam tugas rumah tangga tak hanya baik untuk individual mereka, tapi juga dapat menumbuhkan bonding dengan anggota keluarga lainnya. Ketika Ramadan, seringkali keluarga ini berbuka puasa bersama dengan semua anak berpartisipasi dalam memasak dan juga menyiapkan makanan di meja.

8. Berbagi tugas dengan pasangan

Tentu saja tips parenting Anies Baswedan yang juga penting adalah mau berbagi tugas pengasuhan dengan pasangan. Masalah mengasuh anak kini bukan hanya tugas istri saja, tapi sosok ayah juga menyimpan peran penting.

Jika ayah dan ibu sama-sama bekerja, tugas parenting bisa dikerjakan bergantian. Atau jika ibu di rumah dan ayah bekerja, ibu bisa memberikan update mengenai kondisi anak. Sepulang dari kantor, ayah pun bisa turut membantu ibu mengurus anak.

BACA JUGA: 5 Tips Parenting Mahfud MD, Sukses Besarkan Anak yang Sederhana

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Detik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan