banner-detik
EDUCATION

11 SMA Semi Militer di Indonesia, Lengkap dengan Biaya Pendidikan

author

Mommies Daily22 Feb 2024

11 SMA Semi Militer di Indonesia, Lengkap dengan Biaya Pendidikan

Daftar SMA semi militer di Indonesia ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi anak Mommies yang siap jadi calon taruna. Cek juga biayanya di sini.

Sekolah semi militer adalah sekolah yang menerapkan kombinasi kurikulum nasional umum dengan pelatihan kedisiplinan dan keterampilan militer. Sekolah ini cocok untuk anak Mommies yang ingin berkarier di dunia militer.

Tak hanya itu, sekolah semi militer di Indonesia juga memiliki sistem pendidikan yang berkualitas. Jika anak Mommies berhasil lolos seleksi sekolah semi militer ini, nantinya akan berkesempatan menjadi polisi atau prajurit TNI.

Sekolah SMA Semi Militer di Indonesia

Tertarik untuk mendaftarkan anak Mommies ke sekolah semi militer? Berikut Mommies Daily rangkum beberapa sekolah semi militer di Indonesia lengkap dengan biaya pendidikannya.

1. SMA Taruna Nusantara

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah semi militer naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan milik Kementerian Pertahanan dan berlokasi di Magelang. Lulusan sekolah semi militer ini kebanyakan melanjutkan pendidikan mereka setelah tamat sekolah. 

SMA Taruna Nusantara menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum khusus yang mencakup mata pelajaran kenusantaraan, pendidikan bela negara, kepemimpinan, dan beberapa mata kegiatan. Selama menjadi siswa di sekolah ini, anak Mommies berkesempatan mendaftar beasiswa.

Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Iuran Sekolah

Pada jalur ini, siswa harus membayar komponen pembiayaan sekolah sebagai berikut.

  • Uang pangkal: Rp50 juta dibayar sekali
  • Uang komite sekolah: Rp1 juta dibayar sekali
  • Uang sumbangan sukarela: Dibayar sekali dan sesuai dengan kesanggupan siswa
  • Biaya operasional pendidikan: Rp5 juta dibayar sekali

Biaya Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Kontribusi Khusus

Siswa yang masuk jalur kontribusi khusus akan membayar biaya kuliah yang lebih mahal dibanding lainnya. 

  • Uang pangkal: Rp50 juta dibayar sekali
  • Uang komite sekolah: Rp1 juta dibayar sekali
  • Uang kontribusi khusus: Rp125 juta dibayar sekali
  • Sumbangan sukarela: Dibayar sekali dan sesuai dengan kesanggupan siswa

BACA JUGA: Biaya Masuk SMP dan SMA Binus School Simprug, Serpong, dan Bekasi

2. SMA Dwiwarna Boarding School

SMA Dwiwarna Boarding School membuat program Bina Jasmani (Binjas) untuk melatih fisik para siswanya saat tes kesamaptaan. Selain itu, sekolah ini juga menyediakan fasilitas lapangan di dalam ruangan atau luar ruangan dan kolam renang dengan panjang 25 meter.

Biaya pendidikan SMA Dwiwarna Boarding School terdiri dari 3 tahapan, yaitu uang pangkal, SPP dan biaya lainnya sebagai berikut.

Biaya Uang Pangkal

  • Tahap 1: Rp20.000.000 dibayar saat daftar ulang
  • Tahap 2: Rp20.000.000 dibayar saat Desember 2024
  • Tahap 3: Rp20.000.000 dibayar saat Maret 2025

SPP Bulan Juli 2024: Rp6.500.000/bulan

Biaya Lainnya: Rp4.500.000, hanya bayar sekali untuk masa 3 tahun sekolah karena di SMA Dwiwarna tidak ada biaya daftar ulang kenaikan kelas.

3. SMA Terpadu Krida Nusantara

SMA Terpadu Krida Nusantara juga salah satu SMA semi militer terbaik di Indonesia yang menyediakan fasilitas lintasan jogging, lapangan sepakbola, dan gelanggang olahraga. Sekolah ini terletak di Desa Cipadung, Bandung, Jawa Barat.

Biaya masuk SMA Terpadu Krida Nusantara terdiri dari 3 tahapan, yaitu uang pangkal, uang seragam, dan SPP sebagai berikut.

  • Uang pangkal: Rp39.700.000
  • Uang seragam: Rp4.450.000
  • SPP: Rp3.900.000

4. SMA Negeri Taruna Nala

SMA Negeri Taruna Nala terletak di Jawa Timur yang menggunakan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman dari TNI Angkatan Laut melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal). Lulusan SMA Negeri Taruna Nala banyak yang melanjutkan pendidikan ke akademi militer, akademi kepolisian, perguruan tinggi, dan sekolah kedinasan.

Biaya Pendidikan Kelas 10 SMA Negeri Taruna Nala

  • Biaya pendaftaran: Rp2.500.000
  • Biaya SPP: Rp1.500.000/bulan
  • Biaya uang sekolah: Rp17.500.000/tahun
  • Uang kegiatan: Rp5.000.000/tahun

Biaya Pendidikan Kelas 11 SMA Negeri Taruna Nala

  • Biaya pendaftaran: Rp2.500.000
  • Biaya SPP: Rp1.750.000/bulan
  • Biaya uang sekolah: Rp20.000.000/tahun
  • Uang kegiatan: Rp5.000.000/tahun

Biaya Pendidikan Kelas 12 SMA Negeri Taruna Nala

  • Biaya pendaftaran: Rp2.500.000
  • Biaya SPP: Rp2.000.000/bulan
  • Biaya uang sekolah: Rp22.500.000/tahun
  • Uang kegiatan: Rp5.000.000/tahun

5. SMA Pradita Dirgantara

SMA Pradita Dirgantara terletak di Boyolali, Jawa Tengah dan merupakan naungan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini). Meski sekolah semi militer, SMA ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB), Cambridge, dan kurikulum nasional. 

Di sekolah ini, siswa akan memperoleh pembinaan peminatan jalur profesi yang digolongkan dalam empat kelompok peminatan. Tak hanya itu, SMA Pradita Dirgantara juga menyediakan beasiswa penuh untuk seluruh siswanya yang berhasil melewati seleksi tes.

6. SMAN 3 Taruna Angkasa

SMAN 3 Taruna Angkasa adalah sekolah semi militer yang bekerja sama dengan Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Udara. Sekolah ini menerapkan sistem pendidikan terpadu yang meliputi kegiatan pengajaran dan pelatihan jasmani. Selain itu, siswa juga mendapatkan kurikulum khusus bela Negara dan kedirgantaraan yang diampu oleh TNI AU sesuai dengan pendidikan yang ada di TNI AU.

Biaya Pendidikan SMAN 3 Taruna Angkasa

  • Sumbangan dana investasi pendidikan: Rp15.000.000
  • Biaya asrama dan program ketarunaan: Rp2.500.000/tahun
  • Biaya seragam: Rp5.500.000

BACA JUGA: 20 Contoh Soal Pembagian Pecahan untuk Kelas 5 SD dan Kunci Jawabannya

7. SMAN 5 Taruna Brawijaya

SMAN 5 Taruna Brawijaya adalah sekolah semi militer yang berkolaborasi dengan Pemprov Jatim dan TNI Angkatan Darat. Sekolah yang terletak di Kediri, Jawa Timur ini menyediakan kurikulum khusus bela negara dan kesamaptaan.

Biaya Pendidikan SMAN 5 Taruna Brawijaya

  • Biaya masuk: Rp22.500.000
  • Biaya asrama: Rp5.850.000
  • Biaya seragam: Rp6.750.000
  • Biaya administrasi: Rp1.450.000
  • Biaya pengembangan: Rp1.000.000
  • Biaya lain-lain: Rp2.500.000

8. SMAN 2 Taruna Bhayangkara

SMAN 2 Taruna Bhayangkara merupakan sekolah semi militer yang berkolaborasi dengan Pemprov Jatim dan Kepolisian RI. Sekolah yang berlokasi di Jawa timur ini menggunakan sistem boarding school yang diasuh oleh tenaga pendidik dari guru dan Polri. 

Selain kurikulum nasional 2013, mereka juga menggunakan kurikulum dari Polri yang meliputi pendidikan bela negara dan kebhayangkaraan, pendidikan mental kepribadian dan pendidikan kesamaptaan jasmani.

Biaya pendidikan SMAN 2 Taruna Bhayangkara per bulannya adalah Rp2.500.000

9. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Poltekim adalah sekolah kedinasan yang berada di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Sekolah ini terletak di Jalan Raya Gandul Cinere No.4 Kota Depok dan menawarkan beberapa program, seperti Prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, Prodi D4 Administrasi Keimigrasian, Prodi D4 Hukum Keimigrasian dan Prodi D3 Keimigrasian.

Dalam mengikuti seleksi Poltekim, peserta tidak dipungut biaya. Karena seluruh biaya dibebankan pada DIPA Kementerian Hukum dan HAM.

10. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah kedinasan semi militer ini dipayungi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan terletak di berbagai daerah, seperti Jakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTB, dan Papua. IPDN memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat. Untuk biaya pendidikan, IPDN tidak membebankan biaya kepada mahasiswanya karena termasuk sekolah kedinasan.

11. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN terletak di Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor dan berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Untuk program sarjana terdapat beberapa jurusan yang bisa dipilih, yaitu Jurusan Agen Intelijen, Jurusan Teknologi Intelijen, Jurusan Cyber Intelijen, Jurusan Ekonomi Intelijen. Tak hanya itu, di sekolah ini juga terdapat program pascasarjana dan doktoral. 

Untuk biaya pendidikan, STIN tidak membebankan biaya kepada mahasiswanya karena berstatus Ikatan Dinas.

BACA JUGA: Dibuka Kompetisi Sepakbola GSI 2024 untuk Anak SMP, Yuk, Segera Daftar!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Tamilles Esposito on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan