banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

5 Fakta Sexless Marriage, Berdampak Perselingkuhan dan Perceraian!

author

Dhevita Wulandari14 Feb 2024

5 Fakta Sexless Marriage, Berdampak Perselingkuhan dan Perceraian!

Apa jadinya hubungan pernikahan tanpa hubungan intim? Kenali dan ketahui fakta sexless marriage. Dampaknya sangat berbahaya!

Kasih sayang, rasa cinta, perhatian, hingga keuangan yang baik merupakan beberapa faktor penting dalam sebuah hubungan pernikahan. Bukan hanya itu, seks juga menjadi salah satu faktor penting dalam pernikahan yang tidak boleh luput dilakukan.

Sebab, ada banyak sekali manfaat melakukan seks dalam hubungan suami istri. Tapi, apakah Mommies pernah mendengar hubungan pernikahan tanpa seks atau yang dikenal juga dengan sebutan sexless marriage?

Apa Itu Sexless Marriage

Sexless marriage merupakan hubungan pernikahan dengan frekuensi seks yang sangat jarang bahkan tidak sama sekali. Kondisi ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan juga terjadi secara global atau seluruh dunia.

BACA JUGA: MD Ask the Expert: Sexless Marriage, Jadi Salah Satu Penyebab Perceraian!

Fakta Sexless Marriage

Ini beberapa fakta terjadinya pernikahan minim seks atau bahkan tanpa seks sama sekali, termasuk penyebab dan alasannya.

1. Bisa terjadi pada pasangan muda

Menurut penjelasan Rani Anggraeni Dewi, seorang Certified Couple Relationship Therapist, Author “Untuk Apa Menikah”, Founder Indonesia Bahagia, dalam video di YouTube Mommies Daily, umumnya rasa cinta dan gairah seksual pada pasangan sangat bergelora dan berapi-api pada awal pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, hal ini bisa sedikit memudar pada sebagian pasangan lama dan pasangan senior jika hubungan tidak dipelihara dengan baik.

Kondisi ini bukan hanya bisa terjadi pada pasangan lama saja. Pasangan muda juga tidak luput dari pernikahan tanpa seks, lho! Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kesehatan mental, kelelahan bekerja, dan masih banyak lagi.

2. Kuantitas hubungan seksual sedikit

Pasangan suami istri bisa dikatakan mengalami pernikahan minim seks atau bahkan tanpa seks jika melakukan hubungan seksual tidak mencapai sepuluh kali dalam satu tahun, dikutip dari Psychology Central. Bahkan menurut penilitian, dalam satu bulan tidak melakukan seks dengan pasangan juga termasuk sexless marriage, apalagi jika usia pernikahan masih di bawah 5 tahun.

Padahal menurut pakar seksolog, hubungan seksual antar pasangan suami istri muda sebaiknya dilakukan setiap 2 hari sekali atau 2-3 kali seminggu, serta satu hingga 2 kali seminggu untuk pasangan senior.

3. Kesehatan mental dan kesehatan fisik

Rani Anggraeni Dewi turut memaparkan bahwa stres dan lelah bisa menjadi penyebab tidak ingin melakukan hubungan intim dengan pasangan. Hal ini diakibatkan karena terlalu banyak bekerja, sering lembur, hingga kurangnya waktu untuk istirahat.

Selain itu, belief system, hilangnya gairah seksual, ketidakseimbangan mood dan komunikasi antara suami istri untuk melakukan hubungan seksual serta membicarakan hal sensitif  juga bisa menyebabkan terjadinya pernikahan tanpa seks.

Foto: Drazen Zigicon Freepik

4. Mengonsumsi obat dan suplemen tidak sesuai dosis

Terlalu banyak minum obat-obatan dan suplemen juga bisa menyebabkan terjadinya sexless marriage. Banyak orang yang berpikiran dengan minum obat dan suplemen bisa menyehatkan dan memperlama durasi hubungan seks, namun jika dikonsumsi berlebihan maka bisa menurunkan gairah.

5. Kondisi istri setelah melahirkan

Dari penjelasan Rani Anggraeni Dewi, kondisi istri yang baru melahirkan baik secara normal maupun operasi ternyata tetap memberikan dampak psikologis yang cukup mendalam. Tidak hanya itu, istri yang baru melahirkan juga butuh recovery agar tubuhnya bisa berfungsi kembali seperti saat sebelum hamil. Belum lagi masa nifas yang terjadi selama kurang lebih 6-8 minggu.

Dampak Sexless Marriage

Jika seks kerap tidak dilakukan dalam pernikahan dan terus berlanjut dalam waktu yang lama, maka bisa mengarah ke hal negatif yang akan merusak pernikahan. Mulai dari kesepian, merasa ditolak oleh pasangan, makan berlebihan, depresi, kecanduan pornograFi hingga perselingkuhan dan perceraian.

BACA JUGA: 5 Gaya Seks Paling Disukai Para Suami, Jadi Bumbu Kehidupan Seksual Anda

Cover: Image by jcomp on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan