banner-detik
EDUCATION

Janji Capres untuk Dunia Pendidikan, Gaji Guru hingga Akses Pendidikan

author

Mommies Daily12 Feb 2024

Janji Capres untuk Dunia Pendidikan, Gaji Guru hingga Akses Pendidikan

Penasaran dengan janji capres Indonesia di tahun 2024 ini untuk dunia pendidikan? Simak janji selengkapnya di sini Mommies!

Debat Calon Presiden (Capres) 2024 sudah memasuki putaran terakhir beberapa hari lalu. Di debat Capres terakhir, salah satu tema menarik yang diangkat adalah tentang pendidikan. Karena masa depan anak-anak kita dan bangsa ini mayoritas terletak di pendidikan, pasti penasaran mengenai janji para Capres seputar hal ini.

Sebagaimana diketahui, tanggal 4 Februari yang lalu diadakan debat Capres yang kelima dan terakhir. Ada beberapa tema yang akan diangkat dalam penyelenggaraan itu, yaitu: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

BACA JUGA: Visi Misi Capres dan Cawapres Terkait Isu Perempuan dan Anak, Yuk, Bandingkan!

Janji Capres 2024 untuk Dunia Pendidikan

Kali ini kita akan fokus ke janji para Capres mengenai pendidikan. Yuk, simak!

Foto: detik.com

Capres Anies Baswedan – Janji Sejahterakan Tenaga Pendidik

Sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan jika pendidik adalah kunci kecerdasan bangsa. Sehingga ia berjanji menyejahterahkan tenaga pendidik di Indonesia jika terpilih menjadi Presiden Indonesia.

“Negara jangan pelit kalau bicara tentang investasi di bidang pendidikan. Dan jangan pelit kalau sama guru,” ujar Anies dalam debat Capres tersebut.

Anies juga mengungkapkan masih ada puluhan ribu guru honorer yang belum diangkat menjadi guru PPPK. Lalu ada 1,6 juta guru belum tersertifikasi akibat beban administrasi.

Ditambahkan olehnya, ia akan membuat program percepatan sertifikasi guru dan juga pengangkatan 700 ribu guru honorer menjadi guru PPPK.

Anies juga menjanjikan pemberian beasiswa kepada anak guru atau anak dosen. “Jadi jangan sampai mereka mendidik ratusan ribu anak tapi anaknya tidak bisa menyelesaikan pendidikan sampai tuntas,” ujar Anies menambahkan.

Capres Prabowo Subianto – Dana Pendidikan Tepat Sasaran

Tak disangka, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto juga menyetujui beberapa gagasan dari Anies Baswedan.

“Saya menilai jawaban-jawaban Pak Anies baik, bagus, relevan, saya banyak setuju dengan jawaban tersebut. Maklum beliau mantan Menteri Pendidikan begitu,” kata Prabowo.

Prabowo juga menjabarkan jika dana untuk pendidikan harus tepat sasaran jika ia terpilih menjadi Presiden Indonesia. Menurutnya, sistem pendidikan Indonesia juga perlu diaudit. Tujuannya agar dana-dana pendidikan bisa tepat sasaran.

Ia menekankan agar tidak ada lagi kebocoran dalam alokasi dana yang diturunkan untuk dana pendidikan.

Capres Ganjar Pranowo – Janjikan Akses Pendidikan Lebih Baik

Sama halnya dengan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo yang setuju jika kesejahteraan guru seharusnya lebih baik. Ia juga berbagi pengalamannya sewaktu menjabat Gubernur Jawa Tengah dan kaget mendapati berapa honor guru yang sangat kecil.

Ganjar mengaku dirinya saat itu langsung menaikkan gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah. Ia juga berjanji akan mempermudah akses pendidikan yang inklusif jika menang pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

“Akses pendidikan yang baik, lebih inklusi, kemudian kurikulum yang mantap. Dan tentu saja fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses yang baik utk anak-anak didik kita, termasuk nasib guru dan dosen,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar semua hal itu sangat berhubungan satu sama lain. Pendidikan yang merata juga mendorong budi pekerti SDM menjadi lebih baik. Ia juga menyinggung aplikasi BOLPEN (Bimbingan Teknis Online dan Pendampingan-red.) milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memberi bimbingan teknis daring kepada para guru dalam mengajar.

Pada dasarnya ketiga capres menyadari jika pendidikan memang kunci penting dalam membangun bangsa ini. Ketiganya memiliki pandangan dan program yang semoga bisa langsung diwujudkan jika salah satu dari mereka terpilih menjadi Presiden Indonesia.

Bagaimana menurut Mommies? Apakah dari ketiga janji capres ini ada yang sesuai dengan pandangan dan harapan Mommies ke depannya?

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Kuis: Siapa Capres dan Cawapres yang Visi dan Misinya Sesuai dengan Kamu?

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS