banner-detik
SELF

Bisa Bikin Berat Badan Turun, Ini 6 Manfaat Alpukat untuk Tubuh

author

Mommies Daily29 Jan 2024

Bisa Bikin Berat Badan Turun, Ini 6 Manfaat Alpukat untuk Tubuh

Ada beragam manfaat alpukat yang mengejutkan, mulai dari mengurangi berat badan sampai merawat kulit. Lihat fakta dan manfaat buah alpukat di sini!

Manfaat Alpukat untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama. Mulai dari menurunkan berat badan hingga mendukung kesehatan kulit, alpukat telah menjadi bintang di dunia makanan sehat.

Buah bertekstur lembut ini memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Mommies yang ingin mendapatkan nutrisi dari alpukat bisa mengkonsumsinya langsung atau mengolahnya menjadi jus, makanan penutup, hingga menjadi topping roti.

BACA JUGA: Menu Diet Ubi, Bisa Turunkan Berat Badan hingga 5 Kg dalam 3 Hari

Manfaat Alpukat untuk Tubuh

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat alpukat untuk kesehatan.

1. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah mendukung kesehatan jantung. Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal yang dikenal sebagai asam oleat. Konsumsi lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam darah. Dengan ini, alpukat bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam alpukat bermanfaat untuk regulasi tekanan darah. Menjaga tekanan darah pada level yang sehat sangat penting untuk mencegah penyakit jantung.

2. Menurunkan berat badan

Meskipun alpukat tinggi kalori, mereka kaya akan nutrisi dan dapat membantu Mommies merasa kenyang lebih lama, sehingga tak akan makan berlebihan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola makan yang kaya akan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mendukung penurunan berat badan. Selain itu, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung mempertahankan berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet rendah serat.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Alpukat mengandung vitamin E, vitamin C, antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Selain itu, kandungan lemak sehat dalam alpukat membantu menjaga kelembaban kulit dan merawatnya dari dalam, membuatnya tampak lebih bercahaya dan sehat. Mommies bisa menggunakan avocado oil atau minyak alpukat untuk melembabkan dan menutrisi kulit wajah dan badan.

4. Mendukung kesehatan otak

Manfaat alpukat berikutnya dalah untuk otak. Alpukat mengandung senyawa antioksidan dan lemak sehat yang dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif. Asam lemak omega-3 dalam alpukat, seperti DHA, sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang optimal. Selain itu, alpukat juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Mengurangi risiko kanker

Alpukat mengandung sejumlah senyawa fitokimia, termasuk glukomananolat, yang telah dikaitkan dengan potensi anti-kanker. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, dan prostat.

6. Mendukung kesehatan saat kehamilan dan menyusui

Satu buah alpukat mengandung 27% dari asupan folat yang direkomendasikan selama kehamilan. Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat bisa memenuhi asupan yang direkomendasikan selama kehamilan dan menyusui, seperti vitamin C, kalium, dan B6.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam alpukat mungkin membantu mencegah sembelit, yang sangat umum terjadi selama kehamilan.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Jangan Makan 6 Buah Ini Saat Sedang Diet, Ini Pro Dan Kontranya!

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan