banner-detik
LIFESTYLE

5 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Termasuk Yogyakarta

author

Mommies Daily24 Jan 2024

5 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Termasuk Yogyakarta

Telusuri kota terbaik untuk pensiun di Indonesia yang menawarkan kombinasi sempurna antara kenyamanan hidup, keindahan alam, dan kehidupan sosial.

Ada banyak kota terbaik untuk pensiun yang bisa ditempati para orang tua di masa pensiuan. Apalagi masa pensiun adalah babak baru dalam perjalanan hidup seseorang.

Tak heran, pemilihan tempat tinggal untuk menghabiskan masa pensiun adalah hal yang krusial. Tempat tinggal yang ideal untuk masa pensiun seharusnya tidak hanya nyaman ditempati, tetapi juga mendukung gaya hidup dan kebutuhan sampai masa tua.

Indonesia, dengan keindahan alam dan keragaman budayanya, menawarkan berbagai kota yang ideal untuk menikmati masa pensiun yang nyaman dan berkualitas.

Dilansir dari Ayo Jakarta, berikut adalah lima kota terbaik di Indonesia yang dapat menjadi surga bagi para pensiunan.

BACA JUGA: Pilihan Produk Dana Pensiun untuk Karyawan Swasta

Tips Mencari Tempat Tinggal untuk Masa Pensiun

Sebelum mengetahui kota terbaik untuk pensiun di Indonesia, berikut adalah tips mencari tempat tinggal untuk masa pensiun.

1. Perhatikan Iklim dan Cuaca

Pertimbangkan jenis iklim yang akan dinikmati secara jangka panjang. Beberapa orang lebih suka iklim tropis, sementara yang lain lebih memilih cuaca yang lebih sejuk. Pertimbangkan juga semua resiko yang akan muncul akibat iklim dan cuaca di daerah tersebut. Misalnya ketahui apakah daerah yang sering hujan suka mengalami banjir. Ataupun apakah daerah yang bercuaca panas beresiko mengalami kekeringan.

2. Akses Kesehatan yang Baik

Pastikan tempat yang ingin ditinggali memiliki fasilitas kesehatan yang baik. Ketersediaan rumah sakit, pusat kesehatan, apotek, dan fasilitas medis lainnya menjadi aspek penting untuk keamanan dan kenyamanan.

Umumnya, orang di masa pensiun dan memasuki usia tua membutuhkan perhatian lebih atas kesehatan mereka. Oleh karena itu, mereka butuh dengan akses mudah ke fasilitas kesehatan.

3. Biaya Hidup dan Akomodasi

Hitung dengan cermat biaya hidup di daerah tersebut. Pertimbangkan harga akomodasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari. Pilih tempat yang sesuai dengan anggaran pensiun. Tak ketinggalan, pastikan perkembangan daerah yang ingin ditinggali tetap relevan dengan kebutuhan dan gaya hidup pensiunan seiring bertambahnya usia

4. Fasilitas dan Rekreasi

Pertimbangkan keberadaan fasilitas umum dan rekreasi di sekitar tempat tinggal yang dituju. Beberapa fasilitas yang bisa dipertimbangkan adalah taman dan lapangan untuk berolahraga. Ataupun rumah ibadah dan tempat pengajian bagi pensiunan yang ingin menghabiskan masa tua dengan beribadah. Keberadaan fasilitas dan rekreasi dapat memengaruhi kualitas hidup selama masa pensiun.

5. Transportasi dan Keamanan

Pastikan tempat tersebut memiliki sistem transportasi yang baik dan mudah diakses. Aksesibilitas terhadap transportasi umum dan keberadaan stasiun atau bandara dapat memudahkan kunjungan keluarga. Amati juga tingkat keamanan di daerah tersebut. Informasi tentang tingkat kejahatan dan sistem keamanan dapat membantu pensiunan membuat keputusan yang tepat.

6. Kehidupan Sosial dan Komunitas

Cari tahu tentang kehidupan sosial dan komunitas di sekitar tempat tersebut. Pilihan tempat yang memiliki komunitas pensiunan aktif yang membuat masa pensiun berjalan lebih bahagia. Jika mungkin, coba bicara dengan orang-orang yang sudah pensiun di daerah yang dipilih, sehingga mereka bisa memberikan wawasan tentang kehidupan sehari-hari dan tantangan yang mungkin dihadapi.

kota terbaik untuk pensiun

Foto: Freepik

5 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia

Berdasarkan survei GoodStats di akun Instagram @finplan.id, berikut adalah lima kota terbaik untuk pensiun di Indonesia.

1. Yogyakarta

Yogyakarta mendapatkan peringkat pertama sebagai kota terbaik di Indonesia untuk menikmati masa tua. Kota kaya akan budaya ini mendapat persentase sebesar 60%.

Yogyakarta memang dari segi biaya hidup tidak setinggi Jakarta. Suasana tenang dan ramah menjadikan Yogyakarta sebagai surga pensiunan. Selain itu, Yogyakarta memiliki kulinernya beragam dan tempat wisata banyak.

2. Bandung

Dikenal sebagai “Paris van Java,” Bandung adalah kota yang nyaman ditinggali pensiunan. Letaknya di dataran tinggi membuat Bandung sebagai kota yang penuh kesejukan dan tidak terlalu dipenuhi polusi udara.

Transportasi dan aksesibilitas di Bandung juga cukup memadai. Selain itu, Bandung juga memiliki kehidupan seni yang kaya dengan galeri seni, kafe, dan festival musik, sehingga para pensiunan tak akan bosan di sini.

3. Solo

Solo mendapatkan peringkat ketiga sebagai kota terbaik di Indonesia untuk menikmati masa tua. Selain memiliki kuliner lezat, Solo memiliki biaya hidupnya juga tidak terlalu tinggi seperti di provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Solo memperoleh persentase sebesar 38%, menjadikannya tidak terlalu jauh dari Yogyakarta. Dengan suasana yang lebih tenang dibandingkan dengan Yogyakarta, Solo menyajikan kraton, pasar tradisional, dan kegiatan budaya. Cocok bagi pensiunan yang ingin hidup sederhana, tapi tetap ingin terkoneksi dengan akar budaya Jawa.

4. Malang

Malang adalah kota keempat sebagai kota terbaik di Indonesia untuk menikmati masa pensiun. Berdasarkan hasil survei GoodStats, Malang memperoleh persentase sebesar 29%.

Pemandangan pegunungan, air terjun, dan udara yang segar menciptakan suasana yang ideal untuk pensiunan yang mencari ketenangan. Terletak di lereng Gunung Arjuna dan Gunung Semeru, Malang menawarkan iklim sejuk dan keindahan alam yang memesona. Malang juga memiliki aneka makanan yang enak dengan harga terjangkau, serta banyak tempat wisata.

5. Bogor

Di peringkat kelima, ada Bogor sebagai kota terbaik di Indonesia untuk menikmati masa tua. Bogor meraih persentase sebesar 23% berdasarkan hasil survei GoodStats.

Kota Hujan ini dikenal dengan taman-taman dan kebun raya yang hijau, cocok dijadikan tempat jogging dan relaksasi. Suasana perkotaannya tidak terlalu riuh dan penuh polusi. Selain itu, letak Bogor tidak terlalu jauh dari Jakarta, sehingga membuatnya mudah diakses dan memiliki fasilitas kesehatan yang baik.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis yang Bisa Dicoba untuk Usia 50-an ke Atas, Cocok untuk Para Pensiunan

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan