banner-detik
SELF

Serbaguna, Ini 15 Manfaat Hairdryer Selain untuk Keringkan Rambut

author

Mommies Daily22 Jan 2024

Serbaguna, Ini 15 Manfaat Hairdryer Selain untuk Keringkan Rambut

Bagi kebanyakan orang, manfaat hairdryer adalah alat untuk mengeringkan rambut. Namun sebenarnya ada banyak sekali kegunaan lain dari benda serbaguna ini.

Ketika Mommies membeli hairdryer pasti dalam pikiran hanya satu manfaat yang bisa didapat, yaitu mengeringkan rambut. Ya, bisa, lah digunakan juga untuk membentuk rambut seperti blow out. Namun, ya, sudah itu saja.

Eits, ini sedikit info buat Mommies. Rupanya hairdryer juga bisa digunakan untuk hal lain, bahkan dipakai di dapur!

BACA JUGA: Bikin Awet Muda, Ini Model Rambut Poni yang Cocok untuk Wanita Usia 30-an ke Atas

Manfaat Hairdryer Selain untuk Keringkan Rambut

Daripada hairdryer ditaruh dalam laci dan digunakan beberapa hari sekali untuk mengeringkan rambut, Mommies bisa menggunakannya untuk kegiatan berikut ini.

1. Membuat sepatu lebih longgar

Manfaat hairdryer yang pertama adalah membuat sepatu jadi lebih longgar. Kalau Anda salah beli sepatu dan berakhir dengan ukuran yang kekecilan, coba cara ini! Kenakan sepatu dengan kaus kaki tebal dan panaskan ujung-ujung sepatu dengan hairdryer. Bahannya akan melembut dan melar, sehingga kaki Anda memiliki lebih banyak ruang untuk bernapas.

2. Membuat kue terlihat lebih menggiurkan

Kue biasanya mempunyai lapisan atas yang mengkilap, biasanya karena diberikan kuning telur atau margarin. Cara ini membuat kue tampak menggiurkan. Nah, daripada repot-repot mengoleskan kuning telur ambil salah satu manfaat hairdryer berikut ini!

Cobalah mengeringkan permukaan frosting kue dengan suhu hairdryer yang lembut. Ini akan memberikan hasil akhir yang mengkilap dan profesional bak dibuat oleh koki andal!

3. Sebagai setrika darurat

Tips ini akan sangat berguna saat Mommie menginap di hotel dan tidak ada setrika. Namun lihat, deh, di kamar mandi, kalau ada hairdryer berarti itu bisa jadi setrika darurat. Semprotkan baju dengan air dan tekan dengan pengering rambut untuk menghilangkan kerutan di baju dengan cepat!

4. Mengeringkan pakaian

Nah, ini juga trik yang bisa dipakai saat baju atau celana Anda basah tapi hanya sebagian. Daripada mengganti pakaian, keringkan saja dengan hairdryer.

5. Hilangkan noda krayon di dinding

Mommies punya balita yang suka corat coret hingga ke dinding? Jika nodanya dari krayon, bisa dibersihkan dengan gampang, loh. Arahkan hairdryer sekitar satu inci dari dinding dan tembak bekas krayon dengan udara panas. Hal ini akan melunakkan lilin dan membuat dinding lebih mudah dibersihkan.

6. Mengencangkan kacamata

Ukuran kacamata yang tidak sesuai memang menyebalkan. Terlalu longgar, dan kacamata ini akan meluncur ke bawah hidung Anda. Gunakan pengering rambut di bagian hidung dan telinga, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan lembut agar lebih pas. Tentu saja trik ini hanya akan berlaku pada kacamata yang memiliki bingkai plastik.

7. Membersihkan keyboard laptop

Manfaat hairdryer berikutnya adalah membersihkan remah makanan atau debu di keyboard laptop. Anda bisa meniupkan hairdryer ke arah keyboard untuk mengeluarkan debu dan remah-remah yang terkumpul dari waktu ke waktu.

8. Melepas stiker

Ingin melepas stiker di buku atau label tas dengan cepat dan tanpa bekas? Arahkan hairdryer selama sekitar 10-15 detik untuk melelehkan lem dan stiker tersebut akan terkelupas dengan mulus.

9. Membersihkan noda lilin di lantai

Noda lilin susah dibersihkan karena menempel dengan keras. Menggunakan hairdryer dapat melembutkan lilin, sehingga mudah untuk dihilangkan bahkan dari permukaan yang keras, seperti karpet.

10. Membersihkan pintu dan jendela geser

Jika rumah Anda memiliki jenis pintu dan jendela geser, maka akan banyak sekali kotoran dan debu di bagian sliding. Membersihkannya bisa sangat susah, tetapi dengan hairdryer bisa mudah sekali. Gunakan pengering rambut Anda secara terbalik sebagai penyedot debu dengan menutup ujung filter dengan sepotong kecil kain atau masker wajah bekas.

11. Hilangkan noda air membandel

Biasanya noda air seperti dari bawah mug akan menempel di meja kayu atau plastik dan bekasnya susah dihilangkan. Gunakan hairdyer Anda dengan suhu dingin di atas noda selama beberapa detik, lalu naikkan panasnya. Lingkaran air akan memudar hampir seketika.

12. Membuat kaca kamar mandi kembali jernih

Biasanya karena suhu di kamar mandi lembap, suka ada kabut dalam cermin di kamar mandi yang sulit dibersihkan. Cermin kamar mandi dapat berkabut setelah mandi sehingga mengaburkan bayangan Anda. Gunakan pengering rambut untuk meniupkan udara hangat dengan gerakan melingkar yang lembut ke seluruh permukaan cermin untuk membuatnya kembali jernih.

13. Meniup balon

Sedang membuat perayaan ulang tahun anak dan kewalahan saat meniup balon? Gunakan hairdryer. Tentunya pakai dalam moda dingin ya, kemudian potong bagian atas botol plastik dan memasangnya di atas nosel pengering rambut Anda, agar aliran angin tidak bersentuhan langsung dengan balon.

14. Mengeringkan cat

Jika Anda memiliki area kecil yang perlu dicat, tidak perlu menunggu lama hingga cat mengering sebelum melakukan lapisan berikutnya. Cukup gunakan pengering rambut Anda di area tersebut.

15. Hilangkan ruam popok

Manfaat hairdryer yang terakhir adalah menghilangkan ruam popok si kecil. Jika Anda memiliki bayi yang mengalami ruam popok, biasanya itu karena popok terlalu lembap. Pastikan hairdryer diatur ke suhu dingin atau hangat, lalu keringkan bagian pantat bayi yang ada ruamnya.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Suplemen Terbaik untuk Menumbuhkan Rambut, Bisa Cegah Kerontokan Juga!

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan