banner-detik
EDUCATION

Bikin Pintar, Ini 7 Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak Belajar Matematika

author

Mommies Daily17 Jan 2024

Bikin Pintar, Ini 7 Rekomendasi Channel Youtube untuk Anak Belajar Matematika

Siapa sangka Youtube bisa punya konten berguna untuk membantu pendidikan anak. Kali ini kami berikan rekomendasi channel Youtube untuk pelajaran matematika.

Hidup di zaman modern tentu saja ada perubahan, contoh kali ini adalah pembelajaran melalui video khususnya Youtube. Menurut data dari Forbes, pembelajaran via video lebih efektif. Pengguna memahami dan menyimpan 90% informasi yang mereka terima melalui video dibandingkan teks.

Ditambah lagi, dalam sebuah survei terhadap 1.673 siswa, 79% mengatakan bahwa mereka menonton video untuk lebih memahami mata pelajaran.

Alasan lain yang membuat pembelajaran berbasis video sangat populer adalah karena video-video tersebut bersifat interaktif. Anak lebih suka belajar dengan video karena ada suara dan animasi yang menarik. Fitur ini membuat video lebih interaktif dan lebih mudah digunakan daripada konten yang hanya berupa teks di buku.

Tren belajar melalui video sebenarnya jadi lebih global ketika pandemi COVID-19. Saat itu banyak murid yang terpaksa dirumahkan dan belajar melalui video online. Kini pembelajaran tersebut tak hanya ada di saluran pendidikan, tapi juga dibuka ke umum melalui Youtube.

BACA JUGA: 4 Permainan yang Bisa Meningkatkan Skill Matematika Si Kecil

Channel YouTube untuk Anak Belajar Matematika

Mommies juga bisa mendukung belajar anak dengan channel-channel Youtube di bawah ini.

1. MA Kids Fun House

Channel Youtube ini berisi tentang edukasi anak, khususnya metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, terutama trik efektif dalam belajar berhitung dan membaca. Ada banyak video belajar berhitung di sini. Mereka mengajarkan bagaimana cara berhitung cepat dan mudah dengan menggunakan jari.

Cocok buat matematika dasar dan matematika kelas 1 SD. Penyampaiannya juga mudah dimengerti sehingga anak cepat paham. Metode pengajaran menggunakan bahasa bilingual yang juga berguna buat anak yang mengenyam pelajaran di sekolah multinasional.

2. Tips Matematika

Video-video Youtube dalam channel ini seolah ingin menegaskan kalau belajar maematika itu mudah, loh. Anak akan diajarkan matematika dasar terlebih dahulu sehingga mudah berkembang dari situ.

Beberapa materi video ini fokus pada soal-soal matematika untuk anak SD. Soal-soal tersebut dikerjakan dalam waktu 2-3 detik. Wah, anak-anak pasti akan langsung suka dengan matematika.

3. TED-Ed Math

Matematika itu bahasa universal sehingga anak pun bisa belajar matematika dasar dengan mudah dari channel berbahasa Inggris. Anda tidak akan kekurangan video yang akan disukai anak-anak Anda di saluran TedEd Math, dengan topik mulai dari Aljabar hingga Geometri.

Bahkan video series “Math In Real Life” sangat membantu anak untuk menerapkan matematika dalam kehidupan nyata. Kelebihan lainnya adalah animasi yang keren disertai dengan pelajaran yang membantu Anda memperluas pembelajaran lebih dari sekadar menonton video.

Jangan khawatir para orang tua, bahkan jika Anda sendiri bukan ahli matematika di sekolah, ini adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak.

4. Mathantics

Cocok buat anak sekolah belajar matematika kelas 7, matematika kelas 8 dan matematika kelas 9. Bahan matematika yang diajarkan di channel ini biasanya sudah mulai sulit dan seringkali Mommies kesulitan untuk mengajarkannya ke anak.

Mathantics memiliki video yang penuh warna yang mencakup segala hal mulai dari berhitung, aljabar dasar, hingga statistik. Anak-anak akan mudah terpaku karena penyajiannya yang mudah dan enak dilihat.

Pelajaran matematika disusun berdasarkan topik, bukan berdasarkan tingkat kelas. Asyiknya, anak yang lebih tua mungkin akan menemukan pelajaran matematika di channel ini berguna untuk ditinjau kembali.

5. Matematika Hebat

Anak yang duduk di bangku sekolah SMP dan SMA mungkin bisa menonton materi di Matematika Hebat. Materi yang diberikan cocok buat pelajar SMP maupun SMA. Videonya berisi cara berhitung dengan menggunakan contoh soal untuk lebih mudah dipahami.

Dengan durasi video yang cukup singkat, sekitar 4-10 menit lengkap dengan sejumlah soal, anak bisa menonton dan belajar sebelum berangkat sekolah atau ketika istirahat singkat.

6. Mashup Math

Jika anak mengenyam pendidikan di sekolah dengan kurikulum SPC atau Singaporean Primary School, cocok buat menonton channel Youtube matematika satu ini. MashUp Math, merupakan saluran YouTube pelajaran matematika yang dijalankan oleh guru-guru muda untuk memenuhi kebutuhan unik para siswa yang memiliki preferensi pembelajaran visual.

Beberapa program pembelajaran mereka adalah matematika dasar umum dan matematika Singapura.

7. Rumah Gemar Matematika

Nah, kalau channel Youtube matematika ini cocok buat anak yang mau mencari pembahasan pelajaran matematika secara cermat dan menyeluruh. Semua video di Rumah Gemar Matematika pembahasannya rapi. Penulisan soal dan pembahasannya rapi karena tidak ditulis tangan, melainkan menggunakan power point.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 5 Penyebab Anak Malas Belajar Matematika Menurut Psikolog dan Cara Mengatasinya!

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan