banner-detik
SELF

Yuk, Kenali Amalan dan Larangan di Bulan Rajab yang Istimewa

author

Mommies Daily17 Jan 2024

Yuk, Kenali Amalan dan Larangan di Bulan Rajab yang Istimewa

Temukan cara untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta pelajaran berharga yang dapat diambil dari bulan Rajab.

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan suci yang dimanfaatkan umat muslim untuk meraih banyak pahala. Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah yang dirilis Kemenag RI, 1 Rajab 1445 H jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024 dan akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Bulan yang spesial ini memberikan kesempatan kepada umat muslim untuk melakukan amalan-amalan yang istimewa. Namun, di tengah keistimewaan ini, juga terdapat larangan-larangan yang perlu dipahami.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Pola Makan Di Bulan Puasa Yang Membuat Berat Badan Naik Drastis

Amalan Bulan Rajab

Berikut adalah amalan dan larangan di bulan Rajab yang perlu umat Muslim ketahui.

1. Sholat Sunnah Rajab

Amalan bulan Rajab pertama yang bisa dilakukan adalah sholat sunnah Rajab sebanyak empat rakaat pada malam hari. Sholat tersebut terdiri dari dua salam dan membacakan Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Naas. Tata caranya tak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Namun ada doanya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.

2. Puasa Rajab

Mommies juga bisa melakukan puasa Rajab yang termasuk dalam salah satu amalan yang dianjurkan. Seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Abu Daud berikut ini:

صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

Artinya: “Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!” (HR Abu Daud dan yang lainnya).

3. Isra Mi’raj

Isra Mi’raj merujuk pada perjalanan Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril, dimulai dari Masjidil Haram di Makkah hingga mencapai Masjidil Aqsha di Palestina. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Sidratul Muntaha, tempat Nabi menghadap Allah SWT.

Peristiwa Isra Mi’raj terjadi pada hari Jumat pertama di bulan Rajab, menjadi malam yang penuh renungan dan kesedihan bagi Nabi Muhammad SAW. Pada malam tersebut, Nabi merasa sedih karena kehilangan sang paman, yang juga suaminya, Abu Talib, yang meninggal pada malam tersebut.

Perjalanan Isra Mi’raj kemudian menjadi titik awal bagi umat Islam untuk melaksanakan sholat lima waktu.

4. Sholat Malam

Salah satu amalan di bulan Rajab adalah melaksanakan sholat malam. Amalan ini juga sering dilakukan oleh Sayyidina Ali. Berdasarkan kitab “al-Ghun-yah” oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani, Sayyidina Ali terkenal fokus menjalankan ibadah pada empat malam di satu tahunnya. Salah satunya pada malam pertama bulan Rajab.

5. Perbanyak Istighfar

Gak kalah penting, amalan lain yang sebaiknya dilakukan di bulan Rajab adalah memperbanyak istighfar. Membaca istighfar memiliki banyak manfaat, termasuk kemudahan yang Allah SWT berikan dalam menghadapi kesulitan hidup.

Seperti yang tertulis dalam hadist berikut ini:

“Siapa yang mengucapkan Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih (Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya) tiga kali, maka dosa-dosanya telah diampuni meskipun ia lari dari medan peperangan (dimana hal itu adalah termasuk dosa yang besar).”

Kira-kira apa lagi amalan dan larangan di bulan Rajab? Mommies yang penasaran bisa cek di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Vitamin dan Mineral yang Anda Butuhkan di Bulan Puasa agar Kondisi Prima!

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan