banner-detik
PARENTING & KIDS

12 Vitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Aman dan Paling Bagus

author

Mommies Daily12 Jan 2024

12 Vitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Aman dan Paling Bagus

Tak hanya Makan sehat dan olahraga cukup, para ibu hamil dan menyusui juga perlu asupan vitamin tambahan agar tetap sehat.

Selama hamil dan menyusui, para ibu memang membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu tumbuh kembang sang buah hati. Selain jaga asupan makanan, ada juga vitamin yang bisa membantu kehamilan dan menyusui berjalan lebih lancar.

Jangan berpikir kalau vitamin hanya dari suplemen, ya, Mommies, karena vitamin juga bisa dari makanan. Bahkan, berdasarkan American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), selama kehamilan asupan nutrisi dan vitamin ibu hamil harus diperoleh dari berbagai makanan.

Mulai dari vitamin A hingga zinc dan asam folat, bagi bumil dan busui, vitamin berperan penting dalam membantu menangani perubahan sistem pada tubuh yang berubah selama kehamilan dan setelah kehamilan.

Asyiknya, vitamin ibu hamil seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta lemak yang sehat ternyata dapat Anda temukan pada sayur dan buah yang umum di pasaran seperti bayam, apel, dan jeruk.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Spa dan Pijat Ibu Hamil di Jabodetabek

Vitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Berikut vitamin-vitamin yang diperlukan oleh para ibu hamil dan menyusui yang bisa memaksimalkan kesehatan.

1. Vitamin A dan Beta Karoten

Mengapa vitamin A penting? Bayi yang kekurangan vitamin A dapat memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah serta risiko komplikasi pasca kelahiran yang lebih tinggi seperti infeksi pernapasan. Mommies bisa menemukan sumber vitamin A pada buah seperti mangga.

2. Kalsium

Kalsium membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, serta berperan penting dalam membantu sistem peredaran darah, otot, dan saraf bekerja dengan baik. Bumil dan busui harus mendapatkan 1.000 mg kalsium per hari.

Nah, sumber kalsium yang sehat termasuk produk susu rendah lemak, jus jeruk yang diperkaya kalsium dan alternatif susu, sereal, dan kangkung.

3. Serat

Serat adalah nutrisi yang dapat membantu meringankan sembelit yang umum terjadi selama kehamilan. Mommies bisa dapat sumber serat dari biji-bijian utuh (seperti roti gandum, sereal gandum, dan beras merah) dan buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 cocok untuk bumil yang mengalami morning sickness, karena membantu membentuk sel darah merah dan mengurangi rasa mual di pagi hari.

5. Vitamin B12

Jangan sampai bumil kekurangn Vitamin B12, karena selama kehamilan vitamin ini berperan penting dalam sintesis DNA serta mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf (Neural Tube Defect).

6. Vitamin C

Nah, setelah melahirkan Mommies juga harus rutin mengonsumsi Vitamin C. Vitamin C melindungi jaringan dari kerusakan dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik, sehingga nutrisi bisa disalurkan kepada bayi melalui ASI.

7. Vitamin D

Bukan hanya bekerja dengan kalsium untuk membantu tulang dan gigi janin berkembang, vitamin D juga penting untuk kesehatan kulit dan penglihatan, loh, Mommies.

8. Vitamin E

Penting bagi Mommies yang baru melahirkan, asupan Vitamin E akan membantu tubuh memproduksi jaringan tubuh yang hilang saat melahirkan.

9. Asam folat

Asam folat membantu mencegah cacat atau kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang janin. Idealnya, Anda akan mulai mengonsumsi asam folat ekstra setidaknya 3 bulan sebelum Anda hamil.

Berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat adalah hati ayam, hati sapi, dan daging ungags, serta sayuran berwarna hijau.

10. Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat membantu Mommies punya energi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dan juga ketika menyusui. Sumber karbohidrat terbaik adalah biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, yang juga merupakan sumber serat yang baik, loh.

11. Zat besi

Zat besi mendukung perkembangan plasenta dan janin. Vitamin ini digunakan oleh tubuh untuk membuat darah ekstra, mencegah anemia, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur. Asupan zat besi dari makanan misalnya dari daging merah dan kacang-kacanan.

12. Zinc

Mendapatkan asupan Zinc yang cukup sangat penting bagi kesehatan ibu menyusui dan juga perkembangan bayi.

“Zinc berperan dalam fungsi kekebalan tubuh dan penyembuhan luka, serta penting untuk metabolisme sel,” kata Alice Sutton, MD, FACOG, asisten profesor klinis di UC San Diego Health, seperti dikutip dari Verywell Family.

Rekomendasi Suplemen Vitamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Vitamin untuk ibu hamil dan ibu menyusui tersedia secara bebas di hampir semua apotek. Berikut rekomendasinya.

1. Nature Made Prenatal Multi + DHA

Rekomendasi vitamin ibu hamil dan menyusui yang pertama adalah produk yang satu ini. Untuk pilihan lengkap yang akan memberikan nutrisi berkualitas tinggi, Nature Made Prenatal Multivitamin dengan DHA adalah pilihan yang bagus dengan harga yang masuk akal. Calon ibu menyukainya karena tabletnya merupakan gel lembut dan bebas gluten, serta tidak mengandung perasa buatan.

2. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold Improve Formula

Satu suplemen untuk bumil dan busui, Blackmores Pregnancy & Brestfeefing adalah pilihan praktis dengan harga yang tak mahal. Memiliki kandungan B6, asam folat, iodium, zat besi, kalsium, dan DHA (docosahexaenoic acid) yang mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

3. Promavit

Butuh vitamin kehamilan yang murah dan aman? Promavit bisa jadi pilihan. Suplemen multivitamin ini tidak hanya diperuntukan bagi ibu hamil, melainkan juga ibu menyusui.

Vitamin di dalam supelmen ini mengandung DHA, EPA, Omega-3, asam folat dan mineral yang bagus untuk ibu hamil. Sementara pada ibu menyusui, dapat membantu memenuhi beberapa vitamin harian yang dibutuhkan agar produksi ASI lancar.

4. New Chapter Perfect Prenatal Vitamins

Mommies yang memiliki masalah morning sickness bisa mengonsumsi suplemen ini. Produk ini mengandung jahe organik yang dapat membantu meringankan rasa mual di pagi hari.

5. Folavit

Ibu hamil pasti sudah tahu suplemen ini. Folavit adalah suplemen yang dibutuhkan bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Suplemen ini dapat memelihara kesehatan ibu dan janin, menunjang perkembangan janin, serta mencegah defisiensi (kekurangan) asam folat. Harganya murah dan banyak tersedia di apotek terdekat.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Aman untuk Ibu Hamil, Ini 10 Pilihan Produk Pencegah Stretch Mark

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan