banner-detik
SELF

Aman untuk Ibu Hamil, Ini 10 Pilihan Produk Pencegah Stretch Mark

author

Mommies Daily08 Jan 2024

Aman untuk Ibu Hamil, Ini 10 Pilihan Produk Pencegah Stretch Mark

Mommies yang sedang hamil dan ingin mencegah stretch mark kini tak perlu khawatir lagi. Karena sudah ada banyak rekomendasi produk pencegah stretch mark!

Stretch mark adalah kondisi umum bagi banyak orang dan bukan gejala adanya penyakit tertentu, loh. Biasanya stretch mark muncul pada ibu yang sedang hamil karena ukuran tubuh meningkat lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit.

Ciri-ciri kulit yang melebar akibat stretch mark berbeda-beda untuk setiap orang. Ini biasanya tergantung pada kapan stretch mark muncul, penyebabnya, bagian tubuh yang terkena, dan jenis kulit orang yang mengalami stretch mark. Warnanya pun bisa berbeda-beda, ada stretch mark putih dan merah.

Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark. Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan stretch mark, tapi Anda dapat menguranginya. Selain itu, lebih baik juga untuk mencegah munculnya stretch mark baru saat sedang hamil.

BACA JUGA: 8 Posisi Berhubungan Seks Ini Aman Dilakukan Saat Sedang Hamil

Produk Pencegah Stretch Mark untuk Ibu Hamil

Berikut daftar produk pencegah dan penghilang stretch mark yang aman buat ibu hamil! Selamat memilih yang sesuai dengan Mommies!

1. Clarins Stretch Mark Control

Meskipun produk ini cukup mahal, sekitar Rp600-700 ribu, tapi banyak ibu hamil yang memakainya dan puas. Wajar, karena kandungan dalam produk ini kaya dengan minyak zaitun, palm oil, dan coconut oil.
Selain itu, terdapat juga centella asiatica yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas kulit, dan terlebihnya juga dapat mendorong proses pemulihan kulit.

2. Mothercare Stretch Mark Cream

Cari produk yang aman buat kulit Mommies yang sensitif? Ini jawabannya. Diuji secara dermatologis, krim ini besifat hypoallergenic dan cocok untuk kulit sensitif. Jadi, Mommies tidak perlu ribet untuk mencari produk yang cocok untuk kulit yang sensitif.

3. Vaseline Original Healing Jelly

Produk ini bisa jadi pilihan Produk Pencegah Stretch Mark yang aman dan terjangkau. Ternyata Vaseline bisa efektif dalam mencegah stretch mark karena sifatnya yang melembapkan kulit. Ini cara terbaik mencegah terbentuknya stretch mark, baik selama kehamilan maupun tidak.

4. Paula’s Choice Retinol Skin-Smoothing Body Treatment

Wah, ternyata retinol juga bisa sebagai penghilang stretch mark, loh. Paula’s Choice dapat mengatasi hiperpigmentasi dan meningkatkan kekencangan kulit-sekaligus meminimalkan munculnya stretch mark, baik yang baru maupun yang sudah lama.

5. Bio-Oil

Produk yang sudah dikenal ampuh buat menyamarkan stretch mark ini memang oke banget! Dengan formula PurCellin Oil yang efektif menyembuhkan masalah kulit lainnya, termasuk penuaan kulit dan kulit kering.

6. Palmer’s Cocoa Butter Formula Massage Lotion for Stretch Marks

Produk ini mengandung “bio-c-elaste,” sebuah bahan kompleks yang terdiri dari kolagen, elastin, dan centella, yang semuanya bekerja sama untuk mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya stretch mark.

7. Mama’s Choice Stretch Mark Cream

Salah satu produk terjangkau yang jadi favorit ibu hamil di Indonesia. Mama’s Choice Stretch Mark Cream mengandung Lypobelle Soyaglicone untuk merangsang produksi kolagen, Aloe Vera, serta Shea Butter yang mampu mengunci kelembapan untuk mengurangi gatal dan menjaga elastisitas kulit saat hamil dan setelah melahirkan.

8. Burt’s Bees Mama Bee Belly Butter

Di luar negeri, produk ini menjadi favorit para ibu yang memakainya secara rajin sejak trimester pertama. Dengan bahan utama: shea butter, kakao dan jojoba, vitamin E yang benar-benar melembapkan kulit ibu hamil.

9. Mustela Stretch Mark Cream

Krim pencegah stretch mark ini punya kandungan kombinasi unik dari bahan aktif dan ramuan alami seperti peptida alpukat yang dapat menguatkan elastisitas kulit sehingga terasa kenyal dan nyaman.

10. Mooimom Stretch Mark Cream

Mommies yang tidak suka dengan kandungan alkohol pada produk, bisa mencoba Mooimom Strecth Mark Cream yang bebas alkohol. Selain itu, adanya komponen ekstrak edelweiss, croton lechleri, kolagen, dan minyak jojoba, selain mencegah stretch mark, juga bisa memperlambat garis-garis halus akibat faktor umur.
Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Tanpa perlu pakai produk, Mommies bisa juga mencoba cara-cara alami ini untuk mencegah munculnya stretch mark di masa kehamilan.

1. Menjaga berat badan

Stretch mark biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan yang cepat. Jadi, jaga agar berat badan tetap stabil ya! Jika ingin menurunkan berat badan, lakukan secara bertahap. Cobalah untuk tidak kehilangan lebih dari 0,5 kilogram per minggu.

2. Menerapkan pola makan sehat

Saat berbicara tentang kesehatan kulit, pembahasannya pasti tidak jauh dari penerapan pola makan sehat. Untuk mencegah munculnya stretch mark, makanan dengan nutrisi yang cukup dan sehat juga memiliki peranan penting.

3. Menjaga asupan cairan

Minum banyak air juga akan membantu menjaga kulitmu terhidrasi. Hal ini akan membantu Anda mencegah munculnya stretch mark karena kulit yang terhidrasi dengan baik tidak rentan terhadap stretch mark.
Kurangi juga konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, karena dapat meningkatkan risiko munculnya stretch mark. Selamat mencoba!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Spa dan Pijat Ibu Hamil di Jabodetabek

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan