banner-detik
PARENTING & KIDS

Catat Mommies, Ini Penyebab dan Bahaya Bayi Tersedak!

author

Mommies Daily11 Jan 2024

Catat Mommies, Ini Penyebab dan Bahaya Bayi Tersedak!

Bayi tersedak bisa terjadi karena ada penyumbatan pada jalan napas si kecil. Kondisi ini dengan cepat dapat mengancam nyawa jika terlambat ditangani.

Sebagai orang tua, Mommies pasti mengawasi apapun yang masuk ke mulut bayi tapi bayi tetap bisa mengalami kemungkinan tersedak. Kondisi tersebut bisa disebabkan banyak hal, tetapi yang menakutkan bisa saja hal tersebut membawa bahaya bagi nyawa mereka.

Jangan buru-buru panik Mommies. Yuk, cari tahu dulu lebih dalam tentang penyebab kondisi  ini dan bahaya yang bisa mengintai.

BACA JUGA: Hindari 3 Hal Ini Saat Bayi Jatuh, Orang Tua Wajib Tahu!

Penyebab Bayi Tersedak

Bayi bisa tersedak saat mencoba menelan sesuatu yang terlalu besar untuk tenggorokannya dan benda itu tersangkut. Ketika sesuatu bersarang di jalan napas bayi (trakea), maka aliran napasnya tersumbat. Ini berarti oksigen tidak dapat mencapai paru-paru atau otak bayi Anda.

Benda apa pun yang berdiameter kecil dapat tersangkut di jalan napas dan menyebabkan bayi sulit bernapas. Beberapa barang yang menjadi penyebab bayi tersedak yang paling umum meliputi:

  • Makanan (seperti anggur, kismis, hot dog, permen keras, dan wortel mentah)
  • Bagian-bagian mainan kecil
  • Manik-manik
  • Koin
  • Batu
  • Tutup pena
  • Baterai kancing

Bayi bisa tersedak karena adanya benda asing yang masuk ke saluran napas mereka, tetapi sering juga karena ASI saat menyusui. Jika si kecil tersedak saat menyusui, jangan panik.

“Bayi tersedak saat menyusu adalah hal yang biasa terjadi,” kata Robert Hamilton, MD, FAAP, dokter anak di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, Amerika seperti dikutip dari Healthline.

Robert menjelaskan, bayi terlahir dengan “refleks hiper muntah” yang berlebihan tapi bersifat protektif, yang dapat menyebabkan tersedak saat menyusu. Ditambah lagi, bayi mudah mengalami hal tersebut karena ketidakmatangan neurologis mereka sendiri.

Selain karena menyusui, salah satu penyebab umum saluran napas bayi tersumbat adalah karena air liur. Tersedak air liurnya sendiri kemungkinan disebabkan oleh amandel yang membengkak yang menghalangi aliran air liur. Pada bayi, kondisi tonsil belum berkembang sempurna dan tidak dapat menahan isi perut agar tidak naik.

Selain itu, pilek atau alergi dapat menyulitkan bayi menelan lendir atau air liur yang kental. Mommies bisa ke dokter dan mungkin disarankan mencoba perawatan untuk mengencerkan lendir, termasuk menggunakan penguap atau obat tetes garam.

Oh iya, tumbuh gigi juga dapat menyebabkan air liur berlebih, loh. Hal ini menyebabkan beberapa bayi sering tersedak.

Tanda Bayi Tersedak yang Harus Mommies Waspadai

1. Bibir atau kulit bayi membiru

Salah satu tanda tersedak yang paling pasti pada bayi adalah kulit bayi berubah warna menjadi kebiruan. Jika hal ini terjadi, dapat dipastikan ada sesuatu yang menghalangi bayi untuk mendapatkan oksigen yang cukup.

2. Bayi tidak dapat menangis atau mengeluarkan suara

Mommies mungkin berpikir jika bayi tersedak mereka akan menangis untuk meminta tolong. Namun faktanya, ketika jalan napas tersumbat, bayi tidak mungkin mengeluarkan suara. Jika bayi Anda terlihat seperti menangis, tetapi tidak mengeluarkan suara, bisa jadi ia tersedak.

3. Bayi tidak dapat bernapas atau terengah-engah

Jika bayi tidak bernapas, atau terengah-engah atau terengah-engah, mereka mungkin napasnya tersumbat. Jika bayi masih dapat batuk, mungkin jalan napasnya tidak sepenuhnya tersumbat. Biarkan bayi batuk untuk membersihkan jalan napasnya (tetapi Mommies tetap harus memanggil bantuan, ya!).

4. Bayi tampak panik atau terganggu, dan mungkin melambaikan tangan.

Jika bayi mulai mengibas-ngibaskan lengannya atau terlihat tertekan atau panik, itu bisa menjadi tanda peringatan tersedak.

5. Bayi kehilangan kesadaran atau lemas

Gejala tersedak yang sangat berbahaya lainnya adalah kehilangan kesadaran. Jika bayi tidak sadarkan diri dan tidak bernapas, Anda perlu melakukan CPR pada bayi dan segera menelepon ambulans.

Cara Mengatasi Bayi Tersedak

  • Sangat mudah untuk panik saat melihat bayi mengalami hal ini. Namun, penting untuk tetap setenang mungkin, sehingga Anda dapat melakukan prosedur pertolongan dengan cepat dan efektif.
  • Pastikan bayi tidak batuk atau menangis. Amati situasinya untuk memastikan bayi benar-benar berisiko tersedak. Jika bayi mengalami batuk yang kuat atau menangis, jalan napasnya kemungkinan hanya tersumbat sebagian, dan akan lebih mudah bagi bayi untuk mengeluarkan sumbatan tersebut dengan sendirinya.
  • Jangan mencoba mengeluarkan benda dengan jari-jari Anda. Mencoba menarik benda dari jalan napas bayi lebih mungkin memperburuk situasi, loh, Mommies.
  • Minta bantuan. Jika tidak yakin bisa mengatasi kondisi ini dengan sendirinya, minta bantuan dan telepon ambulans.
  • Berikan pukulan ke belakang. Pegang bayi dengan posisi telungkup di lengan bawah, dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuhnya. Lalu, pegang mulutnya terbuka dengan tangan Anda pada lengan yang sama. Dengan menggunakan tumit tangan, berikan hingga lima pukulan cepat ke punggung bayi, tepat di antara tulang belikat.
  • Lakukan CPR di dada. Jika pukulan di punggung tidak berhasil membebaskan rasa tersedak, balikkan bayi dengan posisi telentang, pegang bayi di pangkuan Anda. Pastikan untuk menyangga kepalanya. Letakkan dua jari di tengah dada, dan berikan lima dorongan cepat ke bawah dada (sekitar sepertiga kedalaman dada).

Cara terbaik untuk mencegah bayi tersedak adalah dengan mengurangi risikonya sejak awal. Ketahui bahaya tersedak yang paling umum, dan jauhkan benda-benda tersebut dari jangkauannya.

Ingat, Mommies bahwa bayi cenderung tertarik pada benda-benda kecil seukuran gigitan, dan tentu saja, memasukkannya ke dalam mulut. Jadi jaga rumah tetap bersih dan aman bagi si kecil.

Ditulis oleh: Imelda Rahma

BACA JUGA: Bolehkah Bayi dan Anak-Anak Makan Telur Setengah Matang, Ini Penjelasan Dokter Anak

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan