banner-detik
EDUCATION

7 Rekomendasi Youtube Channel untuk Anak Usia Sekolah Dasar

author

Mommies Daily04 Jan 2024

7 Rekomendasi Youtube Channel untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Dukung proses belanar anak dengan rekomendasi YouTube channel yang mendidik sekaligus menghibur untuk anak usia sekolah dasar berikut ini!

Dalam era digital, rekomendasi YouTube channel banyak dicari karena telah menjadi sumber hiburan dan pembelajaran yang populer, termasuk untuk anak-anak usia sekolah dasar. Berbagai channel di YouTube menawarkan video edukatif dan menyenangkan untuk mereka.

Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi saluran YouTube yang tepat untuk anak usia sekolah dasar, yang menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan untuk mendukung perkembangan positif si kecil. Meski begitu, pastikan Mommies dan Daddies tetap memonitor tontonan anak saat bermain internet, ya.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi YouTube dan Podcast untuk Anak Balita, Tonton dan Dengar Yuk!

Rekomendasi YouTube Channel untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Berikut adalah rekomendasi Youtube channel untuk anak-anak Mommies yang masih ada di rentang usia sekolah dasar.

1. Kok Bisa?

Kok Bisa? menyajikan video animasi pendek tentang berbagai pengetahuan umum, mulai dari sains sampai sosial. Channel ini dapat menjawab rasa penasaran anak mengenai hal-hal rumit dengan penjelasan yang sederhana. Durasi videonya singkat dan animasinya simpel sehingga ramah anak.

2. Nat Geo Kids (National Geographic Kids)

Rekomendasi YouTube channel berikutnya adalah Nat Geo Kids. Channel ini menyajikan konten edukatif dengan cara yang menyenangkan dan membawa anak-anak ke petualangan alam dan sains. Video-videonya memberikan wawasan mendalam tentang satwa liar, eksplorasi dunia, pengetahuan alam, sampai penjelajah luar angkasa.

3. SciShow Kids

SciShow Kids mengajak anak-anak untuk mengeksplorasi sains dengan cara yang mudah dipahami. Channel ini menyajikan video eksperimen sederhana yang bisa diikuti, hingga penjelasan konsep ilmiah. SciShow Kids merangsang rasa ingin tahu anak-anak dan menjawab pertanyaan polos mereka dengan penjelasan yang mudah dicerna.

4. Art for Kids Hub

Rekomendasi YouTube channel yang satu ini cocok untuk Si kecil yang senang menggambar dan punya jiwa seni. Art for Kids Hub menyediakan panduan langkah demi langkah untuk menggambar dan mewarnai berbagai karakter dan objek yang disukai anak-anak. Channel yang dikelola seorang ayah bersama keluarganya ini juga menyajikan tutorial origami yang keren.

5. NussaOfficial

Nussa adalah animasi pendek buatan Indonesia yang fokus pada pendidikan Islam untuk anak. Nussa menceritakan tentang keseharian seorang anak laki-laki bernama Nussa, bersama adik perempuannya yang bernama Rara. Kisah yang disajikan lekat dengan penerapan ilmu agama dalam keseharian anak.

6. Riko The Series

Mirip dengan Nussa, Riko The Series menyajikan animasi pendek bertema pendidikan agama Islam untuk anak usia TK sampai SD. Riko The Series menceritakan seorang anak delapan tahun bernama Riko dan sahabat robotnya, Q110. Selain itu, channel ini juga menyajikan video pengetahuan alam sampai murottal berisi ayat-ayat pendek dari Al Quran.

7. CrashCourse Kids

Rekomendasi YouTube channel yang terakhir adalah CrashCourse Kids. Bersama host Sabrina Cruz, CrashCourse Kids menjelaskan konsep-konsep ilmiah dengan cara yang menyenangkan. Setiap video membahas topik tertentu secara ringkas dan mudah dimengerti, mulai dari biologi, geografi, astronomi, dan lainnya.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Rekomendasi Akun Youtube Tentang Dongeng untuk Anak

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan