banner-detik
PARENTING & KIDS

15 Film Wajib Tonton Bareng Anak Laki-laki

author

Fannya Gita Alamanda31 Dec 2023

15 Film Wajib Tonton Bareng Anak Laki-laki

Ini adalah rekomendasi 15 film wajib tonton dengan anak laki-laki Mommies. Beberapa di antaranya adalah film-film terbaik sepanjang masa yang sarat makna.

Utamakan waktu berkualitas bersama seluruh anggota keluarga. Jika belum dijadikan kebiasaan, Mommies bisa mulai di akhir pekan ini. Meluangkan waktu untuk menjalin ikatan dan membentuk hubungan yang hangat dengan anak-anak adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan orang tua.

Nggak harus rumit dan makan biaya besar, kok. Ini bisa sesederhana seperti menonton film yang Mommies tahu bisa dinikmati seluruh keluarga di rumah.

BACA JUGA: 7 Film Inspiratif untuk Ditonton Bareng Anak

Film untuk Ditonton Bersama Anak Laki-laki

Jika Mommies sedang mencari film-film keluarga yang bagus untuk ditonton dan bisa dijadikan bahan obrolan dan renungan setelahnya, berikut ini daftarnya:

1. Finding Nemo (2003)

Mommies dan anak-anak laki-laki Mommies bakal tertawa sampai otot perut pegal menyaksikan kisah lucu sekaligus mengharukan. Ceritanya tentang petualangan ayah ikan badut (clown fish) yang pemalu mencari putranya di lautan luas. Tindakannya membuktikan bukan cuma Ibu yang bisa punya cinta seluas samudera untuk anak-anaknya.

Kategori: Semua Umur/ General Audience (SU/GA)
Direkomendasikan untuk usia 5 tahun ke atas.

Foto: Disney Plus

2. Happy Feet (2006)

Kisah inspiratif tentang seekor penguin yang belum menemukan lagu andalannya tapi dia pandai menaritrack yang mematikan dan pesan yang membangkitkan semangat. Pada dasarnya, cintai dan hargai dirimu apa adanya. Ada pula pesan tentang lingkungan hidup tentang perjuangan penguin untuk mendapatkan sumber makanan yang kian terbatas.

Catatan: Beberapa adegan dengan singa laut yang sangat ganas bisa bikin takut penponton balita.

Kategori: Bimbingan Orang tua/ Parental Guide (BO/PG).
Direkomendasikan untuk usia 6 tahun ke atas.

3. Cars (2006)

Setiap anak laki-laki yang ngoleksi mobil mainan pasti akan menyukai film ini. Cars bercerita tentang mobil balap yang bicaranya lancer. Dari film ini anak-anak akan belajar arti persahabatan sejati.

Kategori: SU.
Direkomendasikan untuk usia 5 tahun ke atas.

4. Ratatouille (2007)

Anak-anak akan menyukai cerita lucu tentang tikus Prancis yang bermimpi menjadi koki gourmet dan berani menghadapi semua rintangan. Ceritanya dipenuhi unsur komedi yang disukai juga oleh orang dewasa. Secara keseluruhan, kisah tentang hewan pengerat kecil ini sangatlah menginspirasi.

Kategori: SU
Direkomendasikan untuk usia 6 tahun ke atas.

5. Up (2008)

Tentang persahabatan unik antara seorang anak laki-laki yang ceria dan seorang lelaki tua yang pemarah. Mereka melakukan perjalanan yang sedikit berbahaya, banyak humor, dan kisah cinta kasih yang indah.

Kategori: BO.
Direkomendasikan untuk usia 6 tahun ke atas.

Foto: Prime Video

6. Despicable Me, 2 & 3 (2010, 2013, 2017)

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama akan menyukai dongeng orang jahat yang berubah menjadi orang baik. Tentang penjahat kejam yang belajar mencintai trio gadis kecil yatim piatu.

Kategori: BO.
Direkomendasikan untuk usia 6 tahun ke atas.

7. LEGO Movie (2014)

Bercerita tentang Minifig LEGO biasa yang harus menyelamatkan alam semesta dari penguasa bisnis yang kejam. Everything is Awesome bahkan sebelum filmnya berakhir.

Kategori: BO.
Direkomendasikan untuk usia 6 tahun ke atas.

8. The Peanuts Movie (2015)

Di film ini, Charlie Brown mulai menyukai tetangganya, sementara Snoopy asyik mengejar saingan beratnya, Red Baron. Di akhir film, seluruh keluarga akan menarik pesan betapa pentingnya untuk selalu menjadi diri sendiri, mau bekerja keras, dan menerima keadaan orang lain apa adanya.
Kategori: BO.

Direkomendasikan untuk usia: Bimbingan Orang tua untuk anak di bawah 6 tahun dan oke untuk anak usia 6 tahun ke atas.

9. Zootopia (2016)

Setelah seekor berang-berang menghilang, polisi kelinci Judy Hopps dan sahabat rubahnya yang memiliki catatan kriminal, Nick Wilde, harus memecahkan kejahatan tersebut. Sepanjang jalan, keduanya bertemu dengan beberapa warga unik yang membentuk Zootopia dan akhirnya belajar untuk saling menghargai perbedaan di antara mereka.

Kategori: BO
Direkomendasikan untuk usia 8 tahun ke atas.

10. Wonder (2017)

Anak-anak akan belajar tentang empati, kasih sayang, dan pentingnya bersikap baik kepada mereka yang dikucilkan karena memiliki cacat tubuh. Film ini bercerita tentang perjuangan seorang anak laki-laki dengan kelainan wajah.

Mommies juga bisa mengajak anak-anak nonton sekuelnya yang berjudul “White Bird: A Wonder Story”. Pesan utama dari film ini adalah tentang menerima, menghargai karakter orang lain dan melihat lebih dari sekedar penampilan luar.

Catatan: tidak disarankan untuk anak di bawah 8 tahun.

Kategori: BO
Direkoendasikan untuk 8-13 tahun karena ada tema pembulian.

Foto: Prime Video

11. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Sang pahlawan, Miles Morales adalah seorang remaja yang belajar bahwa tindakan heroik bisa dilakukan dnegan cara apa saja.

Kategori: BO.
Direkomendasikan untuk usia 13 tahun ke atas

12. The Secret Life of Pets 2 (2019)

Anda tidak perlu menonton bagian pertama “The Secret Life of Pets” untuk menikmati sekuel ini. Namun, jika Anda ingin menikmati film malam yang panjang dan menyenangkan, menonton kedua bagian film ini two in a row adalah ide yang bagus.

Film ini mengisahkan kehidupan rahasia Max, seekor anjing yang menggemaskan, dan semua teman peliharaannya saat mereka bertualang setelah pemiliknya berangkat kerja atau sekolah. Film ini semakin relate jika keluarga Mommies memiliki hewan peliharaan.

Kategori: BO
Direkomendasikan untuk usia 13 tahun ke atas.

13. Toy Story 1, 2, 3, 4 (1995 – 2019)

Setiap anak akan menyukai kisah ikonik tentang kehidupan rahasia dan persahabatan yang hangat antara para mainan. Setiap film memiliki keistimewaannya masing-masing.

Kategori: SU.
Direkomendasikan untuk BO di bawah usia 5 tahun, Oke untuk usia di atas 5 tahun.

14. Yes Day (2021)

Sepasang orang tua, Allison dan Carlos memutuskan untuk memberikan “Hari Ya” kepada ketiga anak mereka, di mana tidak ada kata tidak untuk apa pun yang diminta atau dilakukan anak-anak (dengan alasan yang masuk akal). Kekacauan pun terjadi sehingga kesimpulan pun ditarik bahwa selalu mengiyakan permintaan dan tindakan anak adalah ide yang buruk.

Kategori: BO
Direkomendasikan untuk usia 7 tahun ke atas.

15. The Mitchells vs The Machines (2021)

Kiamat robot mengganggu perjalanan sebuah keluarga yang disfungsional dan membuat mereka harus bekerjasama menyelamatkan bumi dari kehancuran. Film yang lucu dan menyenangkan ini akan membuat seluruh keluarga terbahak-bahak bercampur haru.

Pesan dari film ini sangatlah sederhana namun dalam: keluarga selalu yang utama. Film ini juga menyinggung pentingnya orang tua memberikan ruang kepada anak-anak melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut.

Kategori: BO. Karena ada adegan dan gambar visual yang menakutkan, film ini tidak cocok untuk anak di bawah delapan tahun.
Direkomendasikan untuk usia: BO untuk anak berusia 8-12 tahun karena tema film (fiksi ilmiah) tentang kiamat robot dan konflik keluarga.

Catatan
BO= Bimbingan Orang tua; PG (parental guide)
SU= Semua Umur; GA (general audience)

Foto: Sony Pictures Animation

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Film Mengharukan dan Inspiratif Tentang Ayah untuk Ditonton!

Cover: Prime Video

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan