banner-detik
LIFESTYLE

10 Tempat Wisata Anak di Bandung, Seru Sekaligus Mendidik!

author

Mommies Daily20 Dec 2023

10 Tempat Wisata Anak di Bandung, Seru Sekaligus Mendidik!

Mommies bingung memilih destinasi wisata untuk liburan keluarga? Ini beberapa rekomendasi tempat wisata anak di Bandung yang bisa dikunjungi.

Selain karena panorama alam yang mempesona, Bandung, ternyata juga menjadi surga bagi keluarga yang ingin menciptakan momen kebahagiaan bersama anak-anak. Bandung memiliki berbagai destinasi wisata yang menghibur sekaligus edukatif. Mulai dari museum unik sampai wisata alam, ada sejumlah destinasi yang menghibur sekaligus mengajarkan anak berbagai pengalaman yang menyenangkan. 

Destinasi Wisata di Bandung

Berikut adalah rekomendasi berbagai tempat wisata di Bandung yang cocok untuk anak.

1. Farmhouse Lembang

Foto: Lembang.co.id

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Pertama, ada Farm House Lembang sebagai destinasi wisata yang menghadirkan nuansa Eropa di dataran tinggi. Mommies dan Si Kecil bisa menyewa kostum gaya Eropa, mengunjungi kebun binatang mini, serta rumah kurcaci yang penuh tanaman asri. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. Harga tiketnya masuk yaitu sebesar Rp30.000.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Anak di Semarang dan Yogyakarta

2. Museum Geologi

Foto: Museum.geologi.esdm.go.id 

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Museum Geologi adalah tempat wisata ramah anak yang dikenal edukatif dalam menyajikan pengetahuan mengenai aspek kebumian. Fosil vertebrata, fosil invertebrata, artefak, bebatuan, dan mineral ditampilkan dalam museum ini. Museum Geologi buka pada hari Selasa hingga Kamis dari jam 09.00-15.00 WIB (lokasi tiket ditutup jam 14.30).

Pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, museum buka dari jam 09.00-14.00 WIB (lokasi tiket ditutup jam 13.30). Harga tiket untuk pelajar Rp2000 dengan menunjukkan Kartu Tanda Pelajar/Mahasiswa, sedangkan untuk umum Rp3000 dan turis asing Rp10.000.

3. Saung Angklung Udjo

Foto: Angklung-udjo.co.id

Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192

Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata budaya dan edukasi yang komprehensif, mencakup arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop pembuatan alat musik bambu. Cocok untuk mengenalkan Si Kecil pada kebudayaan lokal. Saung Angklung Udjo di Bandung aktif berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda, terutama Angklung, melalui pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat.

4. Trans Studio Bandung

Foto: Trans Studio Bandung

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273
Instagram: @transstudio.bandung

Trans Studio Bandung adalah tempat wisata seru yang penuh wahana dan atraksi show spektakuler untuk keluarga. Salah satu wahana favoritnya adalah roller coaster dengan manuver mundur juga rumah hantu Dunia Lain. Tiket masuk Trans Studio Bandung pada Senin-Jumat (weekdays) yaitu Rp200.000. Sedangkan, untuk Sabtu-Minggu (weekends) dan Masa Liburan yaitu Rp300.000

5. Ranca Upas

tempat wisata anak

Foto: Ranca Upas

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973
Instagram: @ranca_upas

Kawasan wisata Ranca Upas bisa menjadi destinasi alam terbuka untuk berkemah, outbound hingga memberi makan rusa. Mommies dan anak  bisa melakukan aktivitas menantang seperti menjelajahi jalur trekking lintas hutan, mengendarai motor ATV, atau mengikuti aktivitas berkuda, paintball (war games), dan archery yang seru.

Setelah itu manjakan diri dengan berendam air panas alami di kolam onsen, belanja dan memetik buah strawberry. Ranca Upas memiliki tiket masuk Rp25.000 per orang dan tiket Camping Rp40.000 per orang.

6. Floating Market Lembang

Foto: Floating Market Lembang

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Instagram: @floating.market.lembang

Sesuai namanya, Floating Market adalah kawasan pasar apung dengan berbagai kuliner tradisional yang lezat dan terjangkau. Untuk pengnjung anak, Floating Market memilki wahana rainbow slide, taman kelinci, kota mini, kuda tunggang, trampolin, flying fox, playground, dan lain-lain.

Tiket masuknya tersedia dengan harga Rp35.000 per orang, mencakup fasilitas welcome drink, akses ke Floating Market, dan Rainbow Garden. Terdapat juga opsi paket tiket lainnya, dengan kisaran harga antara Rp50.000 hingga Rp60.000 per orang. Untuk menikmati wahana-wahana tambahan, pengunjung perlu membeli tiket terpisah.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya, Cocok buat Healing

7. Observatorium Bosscha

Foto: Bosscha Observatory

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Instagram: @bosschaobservatory

Observatorium tertua di Indonesia ini tak hanya digunakan sebagai fasilitas penelitian, melainkan juga tempat wisata edukasi. Observatorium Bosscha berperan untuk melakukan pengamatan objek-objek astronomi maupun fenomena langit. Tempat ini didominasi oleh teleskop optik yang berjumlah 8 teleskop utama dan belasan teleskop portabel. Harga tiket Bosscha adalah Rp50.000 per orang, sedangkan bagi balita tidak dikenai biaya.

8. Kebun Binatang Bandung 

Foto: Bandung Zoo

Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Instagram: @bandung_zoo

Tempat wisata yang juga dikenal dengan Bandung Zoological Garden ini adalah lembaga konservasi dan edukasi ratusan hewan, juga tanaman di Kota Bandung. Bandung Zoological Garden turut dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti wahana tunggang, taman bermain anak, perahu kayuh, dan sebagainya. Dikutip dari laman resmi Bandung Zoo, harga tiket masuk ke Kebun Binatang Bandung dari Senin-Jumat adalah Rp50.000 per orang. Untuk Sabtu-Minggu seharga Rp60.000 per orang.

9. Bukit Strawberry Lembang

tempat wisata anak

Foto: Bukit Strawberry Lembang

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.109, Cibogo, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 

Mommies yang ingin mengajak Si kecil berkebun bisa berkunjung ke destinasi ini. Bukit Strawberry Lembang adalah wilayah perkebunan dimana pengunjung bisa petik stroberi secara langsung. Fasilitas lain yang tersedia termasuk restoran dan penginapan untuk glamping, lho. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat suasananya begitu sejuk dan asri. Harga tiket masuk Bukit Strawberry Lembang sekitar Rp30.000, untuk paket piknik dihargai Rp65.000 dan fun farming Rp55.000.

10. Jendela Alam

tempat wisata anak

Foto: Jendela Alam

Alamat: Komplek Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri No.KM 4, RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559 

Terakhir, ada Jendela Alam sebagai destinasi wisata di Bandung yang cocok untuk anak. Jendela Alam bertempat di wilayah dengan udara sejuk dan menyegarkan. Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan adalah berkebun, animal feeding, panen, telur, sampai naik kuda poni. Tiket masuk Jendela Alam dimulai dari Rp20.000, sedangkan beberapa wahana yang tersedia memiliki harga bervariasi. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Wisata dan Cafe Seru di Sentul, Destinasi Liburan Akhir Pekan bersama Keluarga

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Nazar Fadillah Sevtiana on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan