banner-detik
LIFESTYLE

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya, Cocok Buat Healing

author

Mommies Daily19 Dec 2023

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya, Cocok Buat Healing

Surabaya mulai dilirik sebagai tempat wisata yang menjanjikan. Mulai dari Tugu Pahlawan yang historis hingga Pantai Kenjeran yang punya banyak atraksi.

Ibukota Jawa Timur, Surabaya, rupanya menyimpan banyak tujuan wisata yang menarik, loh. Surabaya biasanya dikenal sebagai kota industri dan juga pusat pemerintahan Jawa Timur. Akses untuk ke kota ini juga terbilang mudah dan memiliki banyak opsi.

Surabaya juga merupakan sebuah kota dengan Pelabuhan yang ramai, sehingga banyak akulturasi budaya yang terjadi hingga menghasilkan budayayang unik. Anda juga dapat menikmati pemandangan laut yang luas dan juga berjalan-jalan di sepanjang tepi pantai di mana Mommies dan keluarga dapat melihat ke seberang jembatan terkenal yang menghubungkan kota ini dengan pulau tetangga, Madura.

Tempat Wisata di Surabaya

Jika punya waktu untuk berkunjung ke Surabaya, ada beberapa tempat wisata Surabaya yang wajib dikunjungi. Mulai dari wisata legendaris hingga wisata Surabaya terbaru, ada di daftar ini.

BACA JUGA: 30 Destinasi Wajib Dikunjungi di Malang, Mulai dari Tempat Wisata, Tempat Makanan hingga Oleh-oleh

1. Kelenteng Sanggar Agung

Begitu sampai ke lokasi kelenteng yang terletak di area Pantai Ria Kenjeran, Mommies akan disambut dengan gapura megah dengan sosok Dewi Kwan Im di tengahnya. Ada juga patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk dan paling sering dijadikan objek berfoto. Dewi Kwan Im memang menjadi ikon dari kelenteng ini, sehingga membuat tempat ini sebagai wisata religi di Surabaya.

BACA JUGA:

2. Monumen Kapal Selam

Sesuai namanya, atraksi utama dari wisata Surabaya satu ini adalah kapal selam besar yang dibuat di Rusia. Kapal selam ini digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia hingga dinonaktifkan pada tahun 1990 dan kemudian dijadikan museum di kota ini.

3. Museum House Sampoerna

Karena serial Gadis Kretek di Netflix sedang viral, Mommies bisa mengunjungi museum House of Sampoerna. Ini adalah museum besar dari salah satu merek rokok terkenal di Indonesia. Mommies bisa belajar tentang Sejarah kretek dan juga mengetahui proses pembuatan rokok. Wah, serasa jadi Jeng Yah, ya.

4. Tugu Pahlawan

Ini dia salah satu ikon kota Surabaya yang tersohor. Tugu yang menjulang tinggi ini sudah berdiri sejak masa penjajahan. Jangan khawatir, kamu tidak akan dikenakan biaya jika mengunjungi tempat ini dikarenakan Tugu Pahlawan gratis untuk umum.

5. Chinatown

Kawasan Chinatown di Surabaya sangat autentik, karena mayoritas masyarakat Surabaya masih memiliki darah keturunan Tionghoa. Selain bisa menemukan banyak arsitektur lokal dengan sentuhan Chinese, di sini juga banyak tempat makan enak, loh. Cocok buat wisata kuliner di Surabaya.

6. Hotel Majapahit

Foto: Instagram @hotelmajapahitsby

Mungkin bingung buat apa mampir ke hotel saat berwisata ke Surabaya? Eits, jangan salah. Hotel Majapahit merupakan salah satu landmark tua yang paling terkenal di Surabaya dan dibangun pada 1910. Mommies dan keluarga bisa menikmati arsitektur klasiknya sambil makan atau minum teh ala noni-noni Belanda di sini.

BACA JUGA: MD Visit: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga Hits di Tangerang Selatan

7. Patung Suro dan Boyo

Tentu Mommies tahu tempat apa ini. Ya, ini adalah patung yang jadi ikon kota yakni Patung Suro dan Boyo. Patung ini memiliki cerita bagaimana Kota Pahlawan bisa dinamakan menjadi Surabaya. Rasanya belum lengkap ke Surabaya tapi enggak foto-foto berlatar patung hiu dan buaya ini. Tenang saja, area di sekitarnya gratis, kok.

8. Jembatan Suramadu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Surabaya juga termasuk kota pelabuhan yang berbatasan dengan Madura. Jembatan Nasional Suramadu adalah salah satu yang terpanjang di dunia dan membentang antara Surabaya dan pulau tetangga, Madura. Datanglah ke area wisata alam terdekat dengan jembatan di waktu malam, pemandangannya nggak kalah dengan jembatas ikonis luar negeri, Golden Gate di San Fransisco.

9. Masjid Cheng Hoo

Mungkin Mommies sudah tahu bahwa Surabaya memiliki populasi Tionghoa yang besar yang awalnya datang ke sini sebagai pedagang dan kemudian menetap di daerah tersebut. Mereka kemudian berbaur dengan masyarakat lokal dan ada juga yang akhirnya memeluk agama Islam. Salah satu buktinya adalah Masjid Cheng Hoo, yang merupakan salah satu situs keagamaan utama bagi warga Tionghoa Indonesia di Surabaya yang memeluk agama Islam.

10. Hutan Bambu Keputih

Surabaya konon dikenal karena cuacanya yang panas. Nah, bagi Mommies dan keluarga yang mau wisata alam terdekat Surabaya yang hawanya sejuk bisa mampir ke Hutan Bambu Keputih. Awalnya lahan ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, yang kemudian disulap menjadi hutan bambu dengan pemandangan indah bak di Jepang.

11. Pantai Kenjeran Lama

Satu lagi tempat wisata alam Surabaya, ada Pantai Kenjeran Lama yang merupakan pantai yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Surabaya. Di sini ada banyak atraksi di samping pemandangan alamnya yang cantik. Namun, pantai ini juga jadi favorit destinasi warga lokal sehingga sering penuh ketika hari libur. Lokasinya di Kecamatan Bulak, kira-kira 30 menit berkendara dari pusat kota.

BACA JUGA: 11 Tempat Wisata di Lombok, Ada yang Dekat Mandalika!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Photo by Rohman Obet on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan