banner-detik
PARENTING & KIDS

Kumpulan Worksheet Belajar Berhitung untuk Balita, Gratis

author

Mommies Daily05 Dec 2023

Kumpulan Worksheet Belajar Berhitung untuk Balita, Gratis

Bisa membantu Si Kecil belajar mengenal angka sampai berhitung, ini kumpulan link worksheet belajar berhitung untuk balita yang bisa diunduh gratis.

Pada anak usia balita, anak sudah bisa mulai mengenal angka. Ada berbagai cara dalam mengajari anak untuk belajar berhitung. Salah satunya, dengan worksheet belajar. Kumpulan worksheet berhitung ini tidak hanya menyediakan pelajaran yang bermanfaat, tetapi juga menyajikannya dalam bentuk yang menyenangkan dengan berbagai bentuk soal interaktif. Melalui aktivitas belajar yang interaktif, anak-anak dapat mengembangkan dasar-dasar matematika mereka sambil tetap bersenang-senang. 

Tips Mengajarkan Balita Belajar Berhitung

1. Libatkan Benda Nyata

Gunakan benda-benda di sekitar balita untuk membantu mereka memahami hitungan. Contohnya, ajak mereka menghitung mainan, atau berhitung dengan jari. Mulai dengan cara bertahap, misal ajarkan balita untuk mengenal angka kecil dahulu, misal dari 1 – 10, sebelum beralih ke angka belasan dan puluhan. 

2. Nyanyikan Lagu Hitungan

Lagu adalah salah satu media pembelajaran yang berguna dan menyenangkan bagi anak. Gunakan lagu-lagu yang melibatkan hitungan, mulai dari angka kecil ke besar. Dengan memutar atau menyanyikan lagu angka, Mommies bisa meningkatkan daya ingat balita terhadap angka.

BACA JUGA: 20 Worksheet untuk Balita Belajar Menulis, Bisa Download Gratis!

3. Permainan dan Visualisasi

Gunakan permainan dengan angka, seperti menyusun blok atau menyelipkan bola ke dalam wadah sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Selain itu, Mommies juga bisa menggunakan visualisasi berupa flash card atau kartu angka berwarna-warni atau gambar untuk membantu balita mengenali dan mengaitkan angka-angka. 

4. Aktivitas Sehari-hari

Sisipkan hitungan dalam kegiatan sehari-hari, seperti menghitung langkah, jumlah tangkapan bola saat bermain, atau jumlah makanan. Cara ini membantu balita melihat relevansi konsep hitungan dalam konteks nyata.

5. Gunakan Worksheet

Worksheet menyediakan berbagai jenis soal yang bisa mengasah logika anak sejak usia dini. Selain berhitung, worksheet dapat mengajarkan anak dalam menulis angka, mengenali urutan angka, dan lain-lain. Mommies bisa dampingi anak dalam mengerjakan worksheet pelajaran sesuai tingkatan usia dan kemampuannya. 

6. Konsistensi dan Dorongan Positif

Berikan pujian ketika balita berhasil menghitung dengan benar. Dorong mereka secara positif dan berikan mereka  kesempatan untuk terus berlatih. Tentunya, Mommies harus konsisten dalam mendampingi anak dalam setiap proses pembelajaran. 

BACA JUGA: Permainan Bahaya Tahun 2023, Lato-lato hingga Kuda Tomprok

Worksheet Menghitung untuk Balita

Menghitung benda

Menghitung dan menulis angka

Berhitung sampai 5

Berhitung sampai 10

Berhitung sampai 20

Melengkapi Angka yang Hilang

BACA JUGA: Ini Perbedaan Otak Anak Laki-laki dan Perempuan Menurut Penelitian

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Yan Krukau on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan