banner-detik
PARENTING & KIDS

Permainan Berbahaya Tahun 2023, dari Lato-Lato hingga Kuda Tomprok

author

Mommies Daily27 Nov 2023

Permainan Berbahaya Tahun 2023, dari Lato-Lato hingga Kuda Tomprok

Sebelum anak bermain, orang tua perlu memberi penjelasan tentang bahaya yang bisa timbul. Berikut beberapa permainan berbahaya yang pernah terjadi tahun ini.

Bermain tentu menjadi kegiatan seru bagi anak-anak hingga orang dewasa. Sebelum bermain, para orang tua harus benar-benar memahami dan mengecek keamanan kegiatan dan alat yang digunakan anak untuk bermain. Sebab, permainan yang terlihat menyenangkan juga ternyata bisa membahayakan lho, Mommies dan Daddies!

Di tahun 2023 ini sendiri, ada beberapa kejadian tidak mengenakkan dan sangat disayangkan yang muncul dan disebabkan oleh beberapa permainan. Mulai dari cidera, harus melakukan operasi, hingga bahkan harus kehilangan nyawa. Maka dari itu, penting sekali untuk memastikan semua hal yang berhubungan dengan anak bahkan diri kita sendiri itu aman untuk dimainkan.

3 Permainan Seru Namun Berbahaya

Ini beberapa permainan yang seru dan menyenangkan, namun bisa berbahaya untuk semua usia, khususnya untuk anak.

Lato-lato

Foto: HaiBunda

Permain lato-lato yang sempat populer pada tahun 60-an dan 70-an sempat viral kembali di awal hingga pertengahan 2023. Permainan ini menggunakan dua bola plastik yang cukup keras dan diikat menggunakan tali. Kemudian dikaitkan di jari tangan dan diayunkan secara naik turun atau atas bawah sehingga terlihat seperti membentuk lingkaran.

BACA JUGA: Permainan Seru untuk Melatih Kemampuan Membaca Anak

Namun, permainan ini dianggap berbahaya karena pada beberapa kasus, lato-lato yang dimainkan ternyata tanpa sengaja mengenai wajah dan tangan yang membuat bengkak bagian tubuh yang terkena. Bahkan, ada kasus seorang bocah di Sukabumi sampai cidera bibir dan bocah di Kalimantan yang sampai operasi mata.

Dikutip dari CNN Indonesia, lato-lato bahkan dilarang untuk dimainkan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Inggris. Hal ini disebabkan karena benda ini menimbulkan kebisingan dari bunyinya yang sangat mengganggu dan bisa menyebabkan kekacauan. Di Inggris sendiri, tak sedikit anak-anak yang mengalami patah tulang karena bermain lato-lato.

Egg Crack Challenge

Foto: Kidspot

Masih ingat egg crack challenge yang beberapa bulan lalu viral di TikTok? Challenge ini mengharuskan seseorang untuk memecahkan telur mentah ke jidat seseorang lainnya dengan cara ditepukkan ke jidat orang tersebut secara tiba-tiba. Pada kebanyakan challenge, ternyata telur ditepukkan ke jidat anak tanpa sepengetahuannya.

Meski terlihat sepele, namun tantangan ini bisa berbahaya lho, Mommies! Mulai dari bisa iritasi jika cairan putih dan kuning telur terkena ke mata, berpotensi cidera fisik jika pukulan atau tepukan ke jidat dilakukan cukup keras dan menyebabkan memar, hingga kontaminasi dari cangkang telur yang kotor dan telur yang masih mentah.

Kuda Tomprok

Foto: Kaskus

Permainan kuda tomprok merupakan permainan yang dilakukan oleh dua kelompok. Kelompok yang kalah berperan menjadi kuda atau penopang yang memanjang ke belakang, lalu kelompok pemenang adalah yang melompat ke atas kelompok yang menjadi kuda. Kuda tomprok sering dimainkan di sekolah, terutama di kelas, saat jam istirahat oleh para murid laki-laki.

Terlihat seru dan menyenangkan, namun permainan ini juga bisa membahayakan diri bahkan nyawa, seperti peristiwa meninggalnya seorang siswa di SMP Bekasi yang terjadi di minggu ketiga November lalu. Permainan kuda tomprok ini bisa menyebabkan cidera saat terjatuh. Bisa jadi jatuh dan terkilir karena tidak kuat menahan beban orang-orang di atasnya hingga bahkan lebih parah dari itu.

BACA JUGA: 4 Permainan yang Bisa Meningkatkan Skill Matematika Si Kecil

Cover: Image by rawpixel.com on Freepik 

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan