banner-detik
SELF

Ciri-ciri Orang yang Financially Privilege, Apakah Anda Termasuk?

author

Mommies Daily27 Nov 2023

Ciri-ciri Orang yang Financially Privilege, Apakah Anda Termasuk?

Di zaman yang serba membutuhkan uang, muncul istilah financially privilege. Apa ini dan benarkah semua orang memilikinya atau hanya segelintir orang saja?

Bicara tentang uang memang tak pernah ada habisnya ya, Mommies. Uang dicari dan dikumpulkan, tapi kenyataannya cepat habis juga. Nah, akhir-akhir ini ada istilah baru yaitu financially privilege atau hak istimewa yang menyangkut finansial. Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut penjelasannya.

Financially privilege adalah istilah yang sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi telah baru viral di internet, dengan penyanyi-penulis lagu Jensen McRae yang mencuitkan tentang hal itu di aplikasi X. Belum lagi ada sebuah video TikTok tentang masalah ini yang telah ditonton lebih dari ratusan ribu kali.

Untuk mengerti tentang financially privilege, kita harus lebih dulu memahami arti privilege. Privilege adalah sebuah hak istimewa atau sesuatu yang membuat seseorang lebih superior daripada orang yang lain.

BACA JUGA: 9 Tips Sukses Jalani Frugal Living, Pasutri Ini Sudah Buktikan!

Orang dengan privilege memiliki hak istimewa lebih mungkin berada dalam posisi kekuasaan. Misalnya, mereka lebih mungkin mendominasi politik, kaya secara ekonomi, memiliki pengaruh terhadap media, dan memegang posisi eksekutif di perusahaan.

Nah, financially privilege menguntungkan mereka yang memiliki uang, melindungi mereka dari kenyataan hidup yang lebih keras. Misalnya, orang-orang ini biasanya tidak mengkhawatirkan tentang sewa rumah, atau membayar mobil baru.

Privilege ini dapat diperoleh siapa saja dari kelas sosial mana pun, baik uang tersebut merupakan pemberian atau hasil jerih payah sendiri, meskipun mereka yang berasal dari kelas menengah ke atas lebih mungkin mendapatkannya karena warisan.

Menarik bukan, bisa jadi Mommies juga bagian dari financially privilege tanpa disadari. Untuk mengetahuinya, coba cek ciri-cirinya berikut ini.

Ciri-ciri financially privilege

Seperti yang tadi disebutkan, financially privilege bisa berasal dari kelas sosial mana pun. Mungkin Mommies berpikir kalau mereka yang punya hak ini adalah yang berasal dari ekonomi mapan. Tak sepenuhnya salah, tapi mereka yang dari kelas menengah juga bisa memiliki financial privilege.

1. Punya akses ke sekolah dan pendidikan tinggi

Sayangnya pendidikan masih menjadi sesuatu yang mahal. Jika seseorang bisa menjalani kuliah bahkan hingga S1 dan S2, itu sebenarnya sudah menjadi salah satu ciri financial privilege.

2. Tak perlu memberikan uang ke orang tua

Ini ciri-ciri yang relevan bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah generasi sandwich. Kalau seseorang punya orang tua dan tidak wajib memberikan uang hasil kerja, wah itu sebuah financial privilege yang besar.

BACA JUGA: Tanda-tanda Financial Abuse Alias Pelecehan Finansial di dalam Rumah Tangga

3. Tak khawatir resign dan tak punya penghasilan

Nah, ini juga financial privilege yang tak banyak disadari. Bagi mereka yang tak memiliki financial privilege, berat rasanya untuk berhenti dari pekerjaan dan tidak mendapatkan gaji atau penghasilan dari kerja tersebut.

Mengapa? Karena mereka tidak punya tabungan atau support system (keluarga, teman, pasangan) yang mau mendukung mereka secara finansial.

4. Tak mikir besok makan apa

Mungkin tanda financially privilege yang paling bisa diukur adalah hal ini. Jika belum berpikir besok mau makan apa karena tidak punya uang, bersyukurlah karena masih mempunyai privilege itu.

Sosok yang financially privilege

Mau lebih mudah lagi mengetahui apa itu financially privilege? Mungkin Mommies perlu melihat contoh hidupnya alias sosok yang memang punya hak istimewa dalam hal keuangan.

Meski banyak public figure yang menampik mereka punya privilege, Cinta Laura adalah sosok yang terbuka dan mengatakan jika ia mempunyai financial privilege.

Dalam podcast bersama Melaney Ricardo, Cinta pernah berujar, “Aku dilahirkan dalam posisi yang sangat ber-privilege. Dalam arti hidup nyaman, nggak pernah memikirkan besok harus makan apa, tinggal di mana.”

Meski begitu, Cinta termasuk aktif dalam berbagai hal kemanusiaan, yang tak bisa dipungkiri mampu dilakukan dirinya karena ia financially privilege.

BACA JUGA: MD 911: Bantu Jawab Pertanyaan Anak tentang Keuangan

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan