banner-detik
EDUCATION

Kemenag Buka Program Persiapan Beasiswa untuk Santri, Berikut Infonya!

author

Mommies Daily26 Nov 2023

Kemenag Buka Program Persiapan Beasiswa untuk Santri, Berikut Infonya!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mendaftar program persiapan beasiswa  untuk santri yang dibuka oleh Kemenag!

Kabar bagus untuk anak atau kerabat Mommies yang merupakan lulusan pesantren. Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), melalui Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB), telah merilis program Beasiswa Dana Abadi Pesantren Non-Gelar atau Program Persiapan Beasiswa.

Program Persiapan Beasiswa adalah sebuah langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan pesantren.

Lewat program ini, santri akan difasilitasi pembelajaran bahasa baik bahasa Inggris atau bahasa persyaratan lainnya. Tak hanya itu, santri juga akan dibekali pelatihan soft skills agar dapat memenuhi syarat ketika mendaftar beasiswa baik degree maupun non-Degree.

Program ini diselenggarakan secara luring dan/atau daring di perguruan tinggi dalam negeri yang ditunjuk sebagai mitra Kementerian Agama. Untuk pendaftaran programnya sendiri diketahui hanya sampai tanggal 29 November 2023 mendatang dan bisa diakses di laman beasiswa.kemenag.go.id.

BACA JUGA: Beasiswa Indonesia Maju, Ada yang Buat S1, Lho. Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Tentang Beasiswa LPDP – Kemenag

Beasiswa LPDP – Kemenag adalah skema beasiswa hasil kolaborasi antara LPDP dan Kementerian Agama RI. Beasiswa ini menyediakan peluang bagi warga Indonesia yang berkeinginan untuk mengembangkan karir, memperluas pengalaman, dan membangun jejaring di dalam dan luar negeri, baik melalui program gelar formal maupun non gelar.

LPDP-Kemenag bertekad untuk mempersiapkan individu sebagai pemimpin, pendidik, dan profesional masa depan, sambil mendorong inovasi untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan adil. Dengan fokus pada pendidikan tingkat tinggi, LPDP-Kemenag aktif berpartisipasi dalam mencetak sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di skala regional dan internasional.

Program beasiswa ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Program Beasiswa Gelar (Degree) dan Beasiswa Non Gelar (Non Degree).

Persiapan Mengajukan Beasiswa Indonesia Maju

Tentang Beasiswa Non Gelar

Menurut LPDP-Kemenag, Program Beasiswa Non Gelar diperuntukkan bagi alumni Perguruan Tinggi Keagamaan, Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan atau Pesantren, Guru Pendidikan Agama, Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan, Pegawai Kementerian Agama, dan Calon penerima beasiswa serta alumni beasiswa LPDP-Kemenag untuk mendapatkan pelatihan peningkatan kualifikasi dan kompetensi.

Program ini memiliki misi untuk memberdayakan sumber daya manusia di lingkungan pesantren sampai meraih tingkat yang optimal dalam berkontribusi pada kemajuan Indonesia ke depan.

Jadwal Program Persiapan Beasiswa Santri

  • Pendaftaran: hingga 29 November 2023
  • Seleksi berkas/administrasi: 30 November-4 Desember 2023
  • Pengumuman seleksi administrasi: 7 Desember 2023
  • Wawancara: 8-9 Desember 2023
  • Pengumuman kelulusan: 12 Desember 2023
  • Mulai pelatihan (3 bulan): Desember 2023

Apa saja syarat pendaftaran beasiswa Santri? Mommies yang penasaran bisa cek di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Beasiswa Kuliah S1 untuk Lulusan SMA dan Sederajat, di Dalam dan Luar Negeri

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan