banner-detik
LIFESTYLE

Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membuat Kulit Kusam, Hindari Yuk!

author

Mommies Daily23 Nov 2023

Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membuat Kulit Kusam, Hindari Yuk!

Ada makanan tertentu yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mempengaruhi kilau alami kulit, lho. Ini jenis makanan yang bisa membuat kulit kusam.

Gaya hidup dan pola makan memainkan peran penting dalam kesehatan kulit kita. Saat kita memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, kita juga dapat merawat kecantikan kulit. Maka itu, kulit kusam seringkali disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Bagi sebagian orang, kulit kusam dapat mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri. Maka itu, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mendapatkan kulit cerah dan berseri.

BACA JUGA: MD Reviews: Philips ProMix Handblender, Alat Praktis Bikin Bahan Makanan di Rumah

Makanan yang Bisa Bikin Kulit Wajah Kusam

Berikut adalah makanan yang menyebabkan kulit kusam.

1. Makanan Tinggi Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan tubuh menghasilkan enzim yang dapat merusak kolagen. Padahal, kolagen dalam kulit, yang diperlukan untuk kelembaban dan kekenyalan. Jika Mommies ingin kulit yang cerah, hindari konsumsi makanan manis secara berlebihan, misal permen, kue, dan coklat. Coba ganti asupan manis dengan madu atau buah-buahan.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh, seperti margarin, susu murni, makanan cepat saji dan gorengan, bisa meningkatkan produksi minyak dalam kulit dan menyumbang pada kulit yang tampak kusam. Perlu diingat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kandungan lemak jenuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk pada kesehatan kulit. 

Tingginya kadar lemak jenuh dalam tubuh memicu sejumlah gangguan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk menuju kulit. Hal ini menyebabkan sejumlah gangguan pada kulit, termasuk kulit wajah terlihat kusam. Hindari asupan lemak jenuh berlebih dengan mengkonsumsi buah dan sayur, tidak mengolah makanan dengan cara digoreng dan minum produk susu rendah lemak.

3. Makanan Proses

Makanan proses atau olahan seringkali mengandung bahan tambahan dan pengawet yang mungkin tidak baik untuk kesehatan kulit. Beberapa makanan proses seperti mie instan, nugget, dan makanan kaleng bisa menyebabkan kulit kusam jika dikonsumsi berlebihan. Sebagai ganti, cobalah konsumsi makanan segar dan alami secara rutin agar membantu menjaga kulit tetap sehat.

4. Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Beberapa jenis makanan mengandung kadar garam yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kulit wajah terlihat tidak segar. Mengonsumsi makanan asin dalam jumlah berlebihan, seperti keripik kentang asin atau junk food, dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Keadaan dehidrasi merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kulit menjadi kering dan terlihat tidak bercahaya. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang rendah garam dan meningkatkan asupan air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan optimal.

Photo by Robin Stickel on Pexels

BACA JUGA: Perempuan Wajib Tahu! Ini 10 Makanan untuk Cegah Wajah Keriput

Cara Membuat Kulit Cerah dan Tidak Kusam

Selain menghindari makanan yang menyebabkan kulit kusam, berikut adalah beberapa cara membuat kulit cerah dan tidak kusam.

1. Terapkan Pola Makan Sehat

 

 

Makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan beri dan sayuran hijau, dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam. Selain itu, asupan air yang cukup juga bisa membuat kulit cerah dan kenyal secara alami. Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga hidrasi kulit dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Gunakan Tabir Surya

Melindungi kulit dari sinar matahari adalah kunci untuk menghindari kulit kusam akibat sinar UV. Gunakan sunscreen atau sunblock dengan SPF yang sesuai setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Beberapa sunscreen atau sunblock tersedia dengan SPF 30 atau bahkan SPF 50, juga dibuat untuk berbagai jenis kulit. Selain untuk menghilangkan kulit kusam, sunscreen atau sunblock juga berguna mencegah kulit kemerahan, kerutan, kulit terbakar, bahkan kanker kulit, lho.

3. Penggunaan Skincare yang Rutin

Membersihkan wajah secara teratur membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Pemakaian pelembab atau moisturizer juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya terlihat kering. Tak hanya itu, masker wajah dan scrub membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga memberikan tampilan kulit yang lebih segar.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan bisa mengurangi kelembaban dan mempengaruhi kualitas kulit. Selain itu, kebiasaan stres juga bisa membuat kulit kusam dan rentan berkerut. Untuk mengatasinya, terapkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengelola stres.

Sebagai ganti, lakukan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, misal olahraga dan jogging secara rutin. Aktivitas menyehatkan semacam ini tak hanya bisa menghilangkan stres, tetapi juga bisa menyuplai nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. 

BACA JUGA: Biasa Ada di Dapur, Ini 9 Makanan yang Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Kiril Gruev on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan