banner-detik
LIFESTYLE

Uniknya Menginap di PituRooms, Hotel Tertipis di Indonesia yang Ada di Salatiga

author

Katharina Menge21 Nov 2023

Uniknya Menginap di PituRooms, Hotel Tertipis di Indonesia yang Ada di Salatiga

Kalau berlibur ke Salatiga, Mommies dan Daddies wajib banget menginap di PituRooms, hotel paling tipis di Indonesia yang super unik ini.

Salatiga sudah semakin bertumbuh dan memiliki banyak daya tarik, salah satunya adalah PituRooms, hotel tertipis di Indonesia yang ada di sana. Kebetulan akhir pekan lalu Mommies Daily berkesempatan menginap dan merasakan uniknya hotel yang satu ini. Kalau Anda ingin mencoba liburan ke Salatiga, maka kami sangat menyarankan untuk menginap di hotel yang terletak di tengah kota ini.

BACA JUGA: Fakta Dino Park di Jatim Park Malang, Tempat Wisata dengan Tema Zaman Purba

Hanya Memiliki 7 Kamar

PituRooms yang terletak di Jalan Sukowati Nomor 33 ini diberi gelar hotel tertipis di Indonesia karena lebar bangunannya hanya 280 cm atau 2,8 meter dengan tinggi bangunan 17 meter dan panjang 9,5 meter. Compact hotel ini terdiri dari 7 lantai yang terdiri dari tujuh kamar.

Seperti namanya, PituRooms berasal dari Bahasa Jawa ‘Pitu’ yang artinya tujuh. Nama yang sangat cocok untuk hotel ini, yang hanya memiliki tujuh kamar dengan desain interior tematik yang menarik.

Tawarkan Pemandangan dan Sajian Menarik

Masing-masing kamar di hotel ini memiliki gaya dan warna karya seni yang berbeda di tiap kamarnya. Di dalamnya terdapat satu kasur dan satu toilet dengan fasilitas lengkap, mulai dari cloud pillow yang memberikan jaminan tidur lebih berkualitas, double bed yang cocok untuk dua tamu, hair dryer, brankas kamar, snack bar, kamar mandi dengan pancuran dan air panas, hingga TV dengan Netflix yang menyempurnakan liburan, baik sendiri atau bersama pasangan.

Beruntung jika Anda menginap di kamar teratas PituRooms, sebab ruang tersebut menawarkan pemandangan indah Gunung Merbabu yang bisa dilihat dari jendela. Tak hanya itu, nikmati breakfast with a view di Pitu Longue yang terletak di lantai paling atas hotel ini.

PituRooms juga menyediakan pilihan sarapan dari menu legendaris lokal Salatiga, seperti tumpang koyor dan soto ayam. Cicipi juga aneka makanan olahan masyarakat setempat di PituRasa, mulai dari rolade singkong, wedang ronde, dan enting-enting gepuk, yang beberapa disediakan sebagai camilan yang dapat dinikmati secara gratis di PituRooms.

Di lantai bawah pun tersedia area NgopoNgopi yang dibuat di Piturooms untuk mendorong kemajuan kopi lokal
Salatiga. Di sini Anda bisa menikmati seduhan kopi langsung dari barista ternama Salatiga sambil mencicipi deretan camilan menarik dari Piturasa.

Fasilitas Berteknologi Canggih

Terdiri dari tujuh lantai, seluruh area PituRooms bisa dijangkau dengan berjalan kaki menaiki tangga. Namun, PituRooms juga menyediakan lift yang sangat unik. Lift di PituRooms berdiameter 75cm yang cukup dinaiki oleh satu orang.

Lift yang digunakan di PituRooms tersebut menggunakan teknologi pneumatic, yaitu teknologi yang memanfaatkan ruang vacuum untuk penggeraknya. Teknologi ini hampir sama dengan teknologi kereta cepat Hyperloop yang dikembangkan oleh Elon Musk.

Hotel tertipis di Indonesia ini dirancang oleh arsitek adalah Ary Indra, pemilik Aboday Design di Jakarta yang kini bermukim di Salatiga. Untuk mengisi dekorasinya, Piturooms menggandeng beberapa seniman muda Indonesia. Salah satunya adalah Alodya Yap yang mengerjakan “Salatiga Pride” dan Nurlaila yang karyanya memanfaatkan pipa ducting AC.

Hebatnya lagi, PituRooms juga baru saja memenangkan penghargaan Best Design Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Paket bersama PituRooms

Salah satu hal unik lainnya dari PituRooms adalah deretan paket yang ditawarkan hotel ini. Mommies dan Daddies bisa mendapatkan pengalaman liburan maksimal dengan memanfaatkan aneka paket yang ada di hotel ini.

PituRooms memiliki PituTur, yaitu paket wisata yang disusun untuk Anda yang ingin menikmati Salatiga sambil bersantai, menikmati kuliner, dan juga memahami sejarahnya. Dengan mencoba paket wisata ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi deretan tempat wisata menarik, seperti Kelenteng Salatiga, Danau Rawa Pening, Gua Rong, Gunung Telomoyo, Museum kereta Ambarawa, Mata Air Senjoyo, dan yang terbaru adalah Gumuk Sidul Menul-menul.

Selanjutnya PituRooms memiliki paket PituHiking dan PituTur. PutiTur merupakan kegiatan yang mewadahi para pecinta olahraga lari yang ingin mengeksplorasi jalur lari di Salatiga. Nantinya Mommies dan Daddies akan ditemani oleh Salatiga Running Buddies, komunitas lari lokal di Salatiga. Nantinya kalian akan diberi pilihan jarak lari 5k dan 10k dan diajak melintasi wilayah persawahan dan melihat cantiknya gunung Merbabu.

Nikmati juga Work From Pitu yang ditawarkan oleh hotel ini untuk Anda yang ingin tetap produktif di tengah liburan dengan layanan wifi disajikan dengan maksimal.

Anda juga bisa berjalan kali mengelilingi banyak tempat menarik di sekitar PituRooms. Lokasinya yang terletak di tengah kota membuat hotel ini dikelilingi dengan banyak restoran, tempat nongkrong, hingga tempat oleh-oleh untuk keluarga. PituRooms juga dekat dengan Alun-Alun Salatiga yang waib dikunjungi.

Nah, masih ragu untuk liburan ke Salatiga dan menginap di PituRooms? Pokoknya kalau butuh liburan singkat dan menenangkan, coba one-stop vacation yang ditawarkan hotel yang satu ini.

Alamat: Jl. Sukowati No.33, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50724
Telepon: 0878-8252-5777
Website: piturooms.com

BACA JUGA: 4 Destinasi Wisata di Bandung yang Bisa Dikunjungi dengan Kereta Cepat ‘Whoosh’

Foto: Dok. Pribadi

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan