banner-detik
LIFESTYLE

Jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah Baru, Punya Area Hijau Lebih Luas

author

Katharina Menge17 Nov 2023

Jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah Baru, Punya Area Hijau Lebih Luas

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII mengalami revitalisasi dan tampil dengan wajah baru pada awal September lalu. Sudah ada yang main ke sini?

Pada tanggal 1 september 2023 lalu, Taman Mini Indonesia Indah resmi tampil dengan wajah baru. Revitalisasi tempat wisata budaya ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi untuk menjadi ikon besar pariwisata Jakarta.

Setelah direnovasi, wajah baru TMII akan menampilkan area rekreasi dengan desain yang lebih dan mengusung konsep green zone dengan wahana serta atraksi-atraksi yang menghibur dan menampilkan kebudayaan serta kreativitas anak bangsa.

BACA JUGA: Butuh Rekreasi Seru dan Sehat? 8 Taman Kota di Indonesia Ini Cocok dikunjungi Bersama Anak

Mengusung Empat Pilar

Dilansir dari ASEAN 2023, wajah baru Taman Mini Indonesia Indah ternyata mengusung empat pilar penting di dalamnya. Pertama adalah green atau konsep ecopark, yang membuat 70% areanya merupakan area hijau. Pilar kedua adalah inclusive, yaitu menjadi tempat wisata untuk semua lapisan masyarakat.

Pilar yang ketiga adalah culture, yaitu menjadi destinasi wisata yang mempresentasikan ragam budaya Indonesia. Lalu pilah terakhir adalah smart, yaitu membuat destinasi ini sebagai fokus dalam implementasi platform digital.

Fasilitas Wajah Baru Taman Mini

Setelah direvitalisasi, Taman Mini Indonesia Indah kini memiliki deretan fasilitas baru di dalamnya. Semua fasilitasnya bisa dinikmati masyarakat saat berkunjung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 2023 bersama anak-anak dan keluarga.

Apa saja fasilitas barunya? Cek di bawah ini!

1. Area Piknik

TMII sebagai taman terbuka kini menyediakan banyak lahan yang bisa digunakan oleh para pengunjung dan keluarga untuk berpiknik.

2. Kursi Roda

Sekarang ada layanan kursi roda atau alat bantu mobilitas untuk pengunjung yang disediakan oleh pihak Taman Mini. Namun penggunaannya hanya berdasarkan permintaan, sehingga Mommies diharapkan melakukan pemesanan terlebih dulu sebelum berkunjung.

3. Dancing Fountain

Dancing Fountain bernama “Tirta Cerita” di Panggung Promenade Archipelago juga hadir menghiasi wajah baru Taman Mini Indonesia Indah. Tirta Cerita bisa dinikmati para pengunjung sebagai rangkaian dari acara penutup tiap malam di TMII.

4. Jagat Satwa Nusantara

Bukan area baru, sebab Taman Burung Jagat Satwa Nusantara sudah hadir sejak tahun 1975 dan mengalami revitalisasi dan dibuka kembali sejak 17 Agustus 2023 lalu, yang bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia. Mommies dan Daddies bisa melihat lebih dari 2.000 burung dari 218 spesies yang sebagian besar merupakan burung endemik Indonesia yang terawat dan beragam.

5. Toilet dan tempat ibadah

Kini toilet dan tempat ibadah tersedia di tiap Anjungan Daerah, Museum, dan sekitar area parkir. Mommies dan keluarga jadi semakin mudah beraktivitas dan tak perlu jalan jauh ketika ingin buang air hingga sholat.

taman mini

Siapa yang sudah melihat wajah baru Taman Mini Indonesia Indah? Kalau belum segera ajak anak-anak dan keluarga untuk berkunjungi dan menikmati aneka wisata di sana!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Wisata dan Cafe Seru di Sentul, Destinasi Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Foto: TamanMini.com

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan