banner-detik
LIFESTYLE

Butuh Rekreasi Seru dan Sehat? 8 Taman Kota di Indonesia Ini Cocok dikunjungi Bersama Anak

author

Fannya Gita Alamanda14 Jul 2022

Butuh Rekreasi Seru dan Sehat? 8 Taman Kota di Indonesia Ini Cocok dikunjungi Bersama Anak

Alih-alih cuma menghabiskan waktu asyik dengan gadget atau ngadem di mal, Mommies bisa ajak anak-anak bermain di taman-taman kota yang tersebar di Indonesia ini.

Menghabiskan waktu bersama anak-anak, menciptakan quality time, penting untuk tumbuh kembang mereka dan mempererat ikatan batin antara anak dan orang tua. Salah satu caranya adalah dengan rekreasi bersama.  Nah, rekreasi yang bermanfat bisa dilakukan dengan ngajak keluarga mengunjungi berbagai taman kota yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Masing-masing dengan keunggulannya tersendiri.

1. Taman Kota GBK di Jakarta

Buat yang pernah lihat Central Park yang ada di New York baik lewat majalah atau film-film, atau datang langsung ke sana, Jakarta juga punya lho. Taman ini memiliki area hijau yang luas untuk warga Jakarta melepas penat dan bersantai. Tempatnya pun sangat cocok untuk piknik. Sambil duduk manis, Anda dan anak-anak bisa menikmati pemandangan berupa pepohonan hijau plus deretan gedung-gedung pencakar langit sambil melakukan berbagai permainan.  

2. Tebet Eco Park

Dulunya taman ini bernama Taman Honda Tebet, namun setelah Pemerintah Kota Jakarta selesai melakukan revitalisasi, namanya diubah menjadi Tebet Eco Park dan resmi dibuka kembali untuk umum pada bulan Maret 2022. Berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, taman ini memiliki 2 kawasan yang terpisah antara Taman Tebet Seletan dan Taman Tebet Utara.

Namun kemudian atas prakarsa Pemerintah DKI, kedua taman ini disatukan dengan sebuah jembatan panjang dan cantik yang dinamai Infinity Link Bridge. Selain pepohonan rimbun, taman ini juga menyediakan beberapa alat olahraga dan beragam kegiatan yang dapat di coba oleh para pengunjung seperti TEP Plaza, Community Lawn, Thematic Garden, Forrest Border, Playground, Kebun Bibit dan banyak kegiatan menarik lainnya.

BACA JUGA: 5 Perpustakaan yang Seru Dikunjungi untuk Tingkatkan Minat Baca Anak

3. Pet Park, Bandung

Bagi para pecinta hewan yang senang bepergian sambil membawa hewan peliharaan kesayangan, kota Bandung menyediakan taman untuk hewan sekaligus sahabat kesayangan Anda. Di Pet Park Anda bebas bermain bersama hewan kesayangan. Taman hewan peliharaan ini juga menyediakan fasilitas pendukung seperti jogging track, meja, kursi, bahkan toilet khusus hewan.

4. Taman Kota Bungkul, Surabaya

Taman kota yang terletak di Jalan Raya Darmo ini dirawat dengan sangat baik. Tak heran jika ia pernah mendapatkan sebagai “The 2013 Asian Townscape Sector Award” atau taman terbaik se-Asia dari PBB. Di Taman Bungkul pengunjung bisa melihat aneka tanaman bunga yang ditata rapi, pepohonan yang rindang, taman yang bersih dari sampah, dan tersedia sarana olahraga plus berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya termasuk wifi gratis. 

5. Alun-alun Kota Batu, Malang

Mommies tahu apa yang membuat taman kota ini begitu istimewa? Alun-alun Kota Batu ini memiliki konsep yang sangat unik karena menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Bianglala. Pemandangannya terutama sangat cantik di malam hari karena lampu-lampu yang menerangi bianglala. Alun-alun kota Batu dilengkapi juga dengan taman bermain untuk anak-anak dan pusat kuliner.

6. Taman Kota Jembrana, Bali

Jika punya rencana berlibur ke Bali, Mommies bisa mengunjungi Taman Kota Pecangakan yang letaknya di Kabupaten Jembrana, 96 km dari kota Denpasar, Bali. Tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman. Taman kota ini didesain dengan sangat cantik dan indah. Ada air mancur yang di tengah-tengahnya berdiri Patung Dewa Ruci, tokoh pewayangan dari kisah Mahabarata. Selain dewa Ruci, ada pula patung-patung Drupadi, Kresna, Sengkuni, Arjuna, Srikandi, dan Rama yang saling berhadapan.

Di taman seluas 2 hektar ini terdapat juga lapangan rumput tempat warga melangsungkan upacara-upacara pada hari tertentu. Di malam hari, pemandangan lebih cantik lagi karena banyaknya cahaya lampu yang menerangi taman, terutama lampu berwarna warni di kolam.

7. Taman Kota Giri Menang, Lombok

Taman ini disebut-sebut memiliki kecantikan yang tak ada tandingannya. Taman yang berada di Kecamatan Gerung, Lombok Barat ini menempati lahan seluas 1,5 hektar dan menjadi salah satu kebanggaan Lombok Barat. Tidak hanya di siang hari, tapi terutama di malam hari, keelokannya kian terpancar berkat lampu warna-warni yang menghiasi taman. 

8. Taman Alam Lumbini, Brastagi

Mommies nggak perlu mengajak anak-anak jauh-jauh liburan ke Myanmar untuk melihat pagoda Shwedagon yang megah karena di Taman Alam Lumbini Brastagi, Mommies bisa melihat replika Pagoda Shwedagon seperti yang ada di Myanmar. Selain replika pagoda Shwedagon sebagai daya tarik Taman Alam Lumbini, pengunjung juga bakal dimanjakan dengan aneka tanaman cantik dan tertata rapi, sedap dipandang mata dan bikin sejuk hati.

 BACA JUGA: Komunitas Bermain yang Seru dan Sarat Edukasi Buat Si Kecil 

Cover image: Photo created by onlyyouqj by Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS