banner-detik
SELF

Chris Martin Nyeker di Jakarta, Ini Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

author

Katharina Menge16 Nov 2023

Chris Martin Nyeker di Jakarta, Ini Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

Seperti Chris Martin, ini deretan manfaat jalan tanpa alas kaki alias nyeker untuk kesehatan. Dijamin bisa sehat seperti vokalis Coldplay tersebut.

Sehari sebelum menggelar konsernya di Jakarta, Chris Martin menghebohkan dunia maya dengan mengunggah foto kala dirinya sedang berjalan kaki di jalanan ibu kota.

Hal yang paling menarik perhatian adalah gayanya yang santai mengenakan kaus polos berwarna abu-abu dan celana pendek hitam dipadu topi berwarna senada. Tak hanya itu, dia juga sukses membuat kaget penggemarnya dengan berjalan tanpa mengenakan alas kaki alias nyeker. “Epic walk in Jakarta,” bunyi captionnya.

Dalam foto yang diunggah di Instagram resmi Coldplay itu juga dibagikan foto selfie Chris Martin bersama manajernya, Phil Harvey, di jembatan penyeberangan orang (JPO) kawasan Karet. Chris dan Phil terlihat sama-sama berkeringat dengan kondisi kaus yang basah.

Sementara banyak yang menganggap hal itu berbahaya karena bisa membuat kaki terluka, ada banyak hal baik yang bisa didapatkan dari kegiatan berjalan kaki, lho. Siapa yang tahu?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Coldplay (@coldplay)

BACA JUGA: 7 Olahraga yang Aman untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Manfaat Nyeker untuk Kesehatan Seperti Chris Martin

Dilansir dari Healthline, berikut deretan manfaat baik dari kegiatan jalan kaki tanpa alas kaki alias nyeker untuk kesehatan.

1. Memulihkan pola berjalan ‘alami’ diri

Menurut Dr. Jonathan Kaplan, spesialis kaki dan pergelangan kaki serta ahli bedah ortopedi di Hoag Orthopaedic Institute, berjalan tanpa alas kaki memulihkan pola berjalan ‘alami’ diri, yang juga dikenal sebagai gaya berjalan kita.

Sebab ada banyak alas kaki yang memiliki bantalan dan penyangga yang berlebihan, yang meskipun nyaman sebenarnya bisa mencegah diri unguk menggunakan kelompok otot tertentu yang sebenarnya dapat memperkuat tubuh.

2. Mengontrol kaki

Dengan nyeker, secara langsung kita melatih kontrol yang lebih baik atas posisi kaki sendiri ketika menyentuh tanah.

3. Meredakan nyeri

Saat berjalan tanpa alas kaki, tubuh akan melatih peningkatan keseimbangan, propriosepsi (fungsi saraf sensorik), dan kesadaran tubuh. Nantinya deretan hal tersebut akan membantu membantu meredakan nyeri yang sedang dialami di beberapa titik tubuh.

4. Meningkatkan kerja bagian tubuh

Berjalan kaki tanpa alas ternyata membantu membuat mekanika kaki jadi lebih baik sehingga meningkatkan mekanisme pinggul, lutut, dan inti tubuh.

5. Menjaga rentang gerak sendi kaki

Manfaat lain dari nyeker adalah menjaga rentang gerak yang tepat pada sendi kaki dan pergelangan kaki serta kekuatan dan stabilitas yang memadai pada otot dan ligamen Anda.

6. Menyembuhkan kaki

Pernah merasakan kaki pegal atau ngilu karena terlalu lama pakai sepatu atau karena bantalannya yang tidak nyaman? Berjalan tanpa alas kaki akan membantu menyembuhkan nyeri atau ngilu yang dirasakan, lho.

7. Menguatkan otot kaki

Jalan nyeker sangat bermanfaat untuk memguatkan otot kaki, yang tugasnya menopang daerah punggung bawah.

Wah, ternyata ada banyak manfaat jalan kaki tanpa alas kaki alias nyeker yang bisa didapat jika diterapkan rutin. Pantas saja Chris Martin selalu terlihat sehat!

BACA JUGA: Cara Memaksimalkan Kerja Paru-paru Demi Kesehatan Diri dan Keluarga, Menurut Ahli!

Cover: Instagram/coldplay

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan