Tips Parenting Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Mengasuh Tiga Anak, Selalu Ajarkan Kejujuran!

Parenting & Kids

Katharina Menge・15 Nov 2023

detail-thumb

Menjadi orang tua dari tiga orang anak, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu ternyata punya sederet tips parenting yang diterapkan pada buah hati mereka.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu menikah pada tahun 2017 silam dan kini telah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Sedah Mirah (5 tahun), Panembahan Al Nahyan (3 tahun), dan Panembahan Al Saud (1 tahun).

Seperti orang tua lainnya, tentunya pasangan ini memiliki gaya pengasuhan tersendiri untuk membesarkan ketiga anak mereka.

Saat tampil di acara perayaan hari Ibu yang diadakan salah satu baby shop tahun 2018 silam, Kahiyang pernah ungkap bahwa dia berusah meniru hal-hal baik yang dilakukan orang tuanya, terutama sang ibu, dalam mendidik dirinya dan diterapkan ke anak-anak dia.

Setelah sebelumnya Mommies Daily membahas tips parenting Gibran Rakabuming dan istrinya, Selvi Ananda, kali ini kami merangkum deretan tips parenting pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Mungkin saja bisa menjadi inspirasi Mommies dan Daddies.

BACA JUGA: Gaya Parenting Gibran Rakabuming, Didik Anak Agar Tetap Rendah Hati

Tips Parenting Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu

Ini dia deretan tips parenting Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu kepada anak-anak mereka.

1. Selalu berbagi tugas

Percaya bahwa ‘pekerjaan’ mengurus anak bukan hanya tugas salah satu pihak, Kahiyang dan Bobby Nasution pun berbagi tugas dalam mengasuh anak-anak. Saat Sedah masih kecil, Kahiyang bertugas mengurusnya di hari Senin-Jumat, sementara Bobby di hari Sabtu-Minggu. Hal itu karena kesibukan Bobby bekerja di weekdays sehingga tugasnya kebagiannya di akhir pekan.

Dikutip dari Psychology Today, melibatkan sosok ayah dalam pengasuhan anak akan sangat sangat pending untuk tumbuh kembang mereka. Selain itu juga bisa memengaruhi kompetensi sosial anak, prestasi di sekolah, dan regulasi emosi.

2. Menjaga kata-kata

Kahiyang juga pernah ungkap bahwa sebagai orang tua, keduanya berusaha untuk menjaga kata-kata. Dia percaya bahwa apa yang diucapkan oleh orang tua pasti bisa ditiru anak. “Saya tidak mau apa yang saya ucapkan ditiru oleh anak,” ucap Kahiyang.

3. Ajarkan kejujuran

Bobby Nasution juga kerap mengajarkan kejujuran pada anak-anaknya. Ketika waktunya mengurus Sedah Mirah dan Nahyan bermain di akhir pekan, Bobby mengajak keduanya bermain dan makan es krim. Ketika Nahyan mengaku belum makan es krim, padahal sebelumnya sudah, Bobby pelan-pelan terus bertanya dan meminta kejujuran sang anak. Ketika Nahyan akhirnya mengaku, Bobby pun memberikan apresiasi atas kejujuran putranya itu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bobby Nasution (@bobbynst)

4. Rutin adakan me time sekeluarga

Walau punya tugas masing-masing dalam mengurus anak, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tetap mempersiapkan waktu khusus untuk dihabiskan bersama-sama. Dalam satu unggahannya di Instagram, pasangan ini terlihat berfoto bersama anak-anak di sebuah photobooth, bahkan bersama Saud juga.

“Yaa setidaknya berusaha buat in frame semua,” bunyi dalam caption foto tersebut. Keluarga Bobby dan Kahiyang terlihat bahagia dan menikmati waktu mereka.

View this post on Instagram

 

A post shared by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang)

5. Perdalam ilmu agama

Sejak kecil, pasangan ini juga selalu mengajarkan anak-anaknya untuk mendalami agama. Kahiyang mengakui dia mulai mengajarkan beberapa kebiasaan kecil pada anaknya, seperti membacakan doa sebelum tidur dan beberapa bacaan surat pendek Al-Quran. Kebiasaan tersebut bisa membantu anak-anak mereka tumbuh dengan kebiasaan dan nilai agama yang baik.

BACA JUGA: Sandra Dewi dan Kahiyang Ayu Berbagi Kisah #SenangnyaJadiIbu

Foto: Instagram/ayanggkahiyang