banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

5 Hal yang Tidak Perlu Membuat Overthinking dalam Hubungan Asmara

author

Mommies Daily13 Nov 2023

5 Hal yang Tidak Perlu Membuat Overthinking dalam Hubungan Asmara

Banyak orang sering overthinking karena banyak hal ketika menjalin sebuah hubungan asmara. Padahal tidak perlu, lho.

Perilaku overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan dapat menjadi beban tersendiri. Sayangnya, kecenderungan untuk overthinking bisa semakin meningkat saat berada dalam suatu hubungan.

Overthinking dalam konteks hubungan dapat mengganggu keseimbangan emosional dengan pasangan dan membuat masalah yang timbul menjadi lebih rumit. Ada beberapa hal yang membuat Mommies terlalu berpikir secara berlebihan, dan semua hal tersebut sebaiknya jangan terlalu dipikirkan.

BACA JUGA: Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan yang Super Insecure

5 Hal yang Tidak Perlu Membuat Overthinking

Berikut adalah 5 Hal yang tidak seharusnya membuat Anda overthinking dalam hubungan.

7 Pertengkaran yang Biasanya Dialami Pasangan Bekerja

1. Kesulitan dalam berkomunikasi secara terbuka

Salah satu pemicu timbulnya perasan ini dalam hubungan adalah kurangnya komunikasi terbuka antar pasangan. Ketika terdapat perasaan yang sulit atau takut untuk diungkapkan, hal ini dapat membuat pasangan saling menebak apa yang sebenarnya dimaksud oleh satu sama lain.

Hal ini bisa berlanjut pada overthinking dan prasangka buruk ke pasangan. Oleh karena itu, dalam menjalin hubungan, penting untuk berkomunikasi secara terbuka mengenai perasaan dan keinginan demi menghindari konflik dan kesalahpahaman.

2. Takut masalah muncul dalam hubungan

Ketakutan terhadap masalah yang muncul dalam hubungan adalah hal yang sering terjadi jika Mommies sering overthinking. Mungkin Mommies pernah mengalami patah hati yang menyakitkan di masa lalu, dan takut bahwa hal yang sama akan terjadi di hubungan saat ini. Rasa takut yang berulang tersebut bisa membuat Mommies berprasangka buruk pada pasangan sehingga bisa membuat keharmonisan berkurang.

Overthinking tidak akan mengubah dinamika hubungan atau mencegah kemungkinan adanya tantangan di masa depan. Lebih baik Mommies fokus menjalani hubungan di masa kini dan menikmati saat bahagia daripada berpikiran negatif, ya.

3. Ingin mengendalikan hubungan sepenuhnya

Ada orang yang beranggapan bahwa dengan mengendalikan setiap aspek dalam hubungan, dia dapat memastikan kelangsungan dan keamanan ikatan tersebut. Namun, keinginan untuk mengontrol hubungan seringkali berdampak negatif pada pasangan. Jika pasangan tidak mau dikendalikan, Mommies mungkin mempertanyakan apakah rasa cintanya masih ada. Hal ini dapat berlanjut pada perilaku o yang negatif.

Padahal, keberhasilan hubungan memerlukan kerjasama dan keterlibatan dari kedua belah pihak. Hubungan yang sehat didasari kesetaraan, sehingga tak ada satu pihak yang berhak mengontrol pihak lainnya. Daripada mencoba untuk menguasai segalanya, lebih baik jaga hubungan agar tetap langgeng dengan menerapkan komunikasi terbuka, juga saling mendukung dan meluangkan waktu bersama pasangan.

Apa lagi hal yang tidak perlu dibuat overthinking dalam hubungan? Mommies yang penasaran bisa langsung klik di sini, ya!

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Daftar Zodiak yang Paling Overthinking Soal Pernikahan, Termasuk Leo

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan