banner-detik
SELF

7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Pendengaran, Termasuk Pakai Earphone!

author

Katharina Menge10 Nov 2023

7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Pendengaran, Termasuk Pakai Earphone!

Ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang buruk untuk kesehatan pendengaran. Akibatnya tentu saja bisa membuatnya rusak. Ini daftarnya!

Pendengaran merupakan salah satu indra yang sangat penting bagi setiap manusia. Menjaga dan merawat kesehatannya adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini akan membantu kita untuk dapat mendengar suara-suara di sekitar dan berkomunikasi dengan lingkungan.

Sayangnya, ada banyak kebiasaan buruk yang seringkali tanpa sadar dilakukan oelh banyak orang dan memiliki akibat fatal bagi kesehatan telinga.

Dilansir dari Consumer Affairs, Dr., Jenn Schumacher, audiolog untuk ReSound US, mengatakan bahwa kesehatan pendengaran manusia berhubungan dengan aneka kebiasaan sehari-hari, termasuk makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Jadi, kenali aneka kebiasaan buruk yang bisa merusak pendengaran dan mulai hindari melakukannya dari sekarang.

BACA JUGA: Menjaga Kesehatan Telinga Anak Karena Terlalu Sering Pakai Headphone

Kebiasaan Buruk yang Merusak Pendengaran

Ini dia tujuh kebiasaan buruk yang merusak pendengaran dan harus dijauhi, ya, Mommies dan Daddies.

1. Merokok

Kebiasaan buruk pertama yang merusak pendengaran adalah merokok. Tidak hanya buruk untuk pernapasan dan paru-paru, pendengaran pun terpapar bahaya akibat kegiatan yang satu ini.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa perokok memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran daripada yang bukan perokok. Jenn Schumacher mengatakan bahwa 70% perokok memiliki peluang lebih besar mengalami gangguan pendengaran.

2. Paparan suara keras

Pencinta acara live musik? Anda harus sedikit waspada, nih. Pasalnya paparan suara keras, seperti saat konser musik, suara mesin industri, atau alat musik bervolume tinggi, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel rambut di telinga bagian dalam.

Sel-sel rambut tersebut bertanggung jawab untuk menerjemahkan gelombang suara menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak. Jadi, ketika suara yang didengar semakin keras, maka semakin besar pula risiko kerusakan yang mungkin dialami.

Suara yang melebihi 85 desibel (dB) bahkan dapat menyebabkan kerusakan pendengaran jika terpapar selama lebih dari 8 jam. Waduh!

3. Pakai earphone atau headphone bervolume tinggi

Siapa yang hobi pakai earphone atau headphone saat beraktivitas sehari-hari, terlebih dalam volume tinggi? Kebiasaan ini sangat buruk dan bisa merusak pendengaran, sama efeknya dengan terkena paparan suara keras.

Dalam sebuah studi ditemukan fakta bahwa anak-anak yang menggunakan earphone atau headphone dengan volume yang tinggi selama satu jam lebih maka dia beririsko mengalami gangguan pendengaran 50 persen lebih besar dari mereka yang mendengarkan dengan suara kecil.

Untuk melihat kebiasaan buruk lainnya, klik di sini!

BACA JUGA: Tips Memotong Kuku dan Membersihkan Telinga Bayi

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan