banner-detik
EDUCATION

9 Sekolah yang Memiliki Program Akselerasi di Indonesia

author

Mommies Daily09 Nov 2023

9 Sekolah yang Memiliki Program Akselerasi di Indonesia

Sekolah dengan program akselerasi bisa menjadi pilihan untuk anak yang berprestasi secara akademis dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata, lho.

Di berbagai wilayah Indonesia, terdapat sejumlah sekolah yang menawarkan program akselerasi yang dirancang untuk mempercepat pertumbuhan akademik siswa. Kelas akselerasi ini memuat siswa-siswi berbakat dengan prestasi akademik lebih dari rata-rata.

Dari pendekatan kurikulum yang inovatif hingga pengalaman belajar yang memperhatikan kebutuhan individu, artikel ini akan membahas sekian sekolah yang memiliki program akselerasi menarik untuk pertimbangan orangtua yang peduli akan pendidikan anak-anak mereka.

BACA JUGA: Mengenal Kurikulum SPC yang Berasal dari Singapura dan Populer Di Indonesia

Apa itu Program Akselerasi?

Program akselerasi dalam pendidikan adalah suatu program yang dirancang untuk mempercepat proses pembelajaran bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar di atas rata-rata. Tujuan utama dari program akselerasi adalah memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajar siswa yang lebih tinggi, sehingga mereka dapat mengejar dan menyelesaikan materi pembelajaran dengan lebih cepat daripada rekan-rekan sekelas mereka.

Program akselerasi umumnya menawarkan kurikulum yang lebih padat dan mendalam, serta menekankan pada pembelajaran yang lebih mendalam dan kompleks dalam berbagai bidang studi. Siswa yang mengikuti program akselerasi biasanya akan ditempatkan dalam kelas khusus yang memungkinkan mereka untuk bekerja dengan materi yang lebih menantang dan kompleks, serta terlibat dalam proyek-proyek belajar yang lebih mendalam dan mandiri. Di beberapa sekolah, program akselerasi dikenal atau disebut dengan SKS (Sistem Kredit Semester).

Sekolah yang Punya Program Akselerasi

Berikut adalah berbagai jenjang sekolah di Indonesia yang menawarkan program akselerasi

1. SDIT AL Azhar BSD

Alamat: Jl. Puspita Raya No.2, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
Telefon: (021) 5375647
Website: sd.alazhar-bsd.sch.id

Melansir dari Titik Kata, SDIT AL Azhar BSD memiliki program peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) untuk murid terpilih yang mulai direkrut di kelas 3. Murid yang ingin ikut kelas akselerasi ini harus memiliki prestasi akademik di atas 80, dan memiliki IQ di atas 130, serta lolos tes wawancara. Murid kelas PDCI pun menerima materi pelajaran yang sama, tapi mereka menerima tambahan materi pengayaan dan praktik.

2. SD AL Azhar Syifa Budi

Alamat: Jl. Kemang Raya No.7, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Telefon: (021) 71793333
Website: alazhar.syifabudi.sch.id

Sekolah unggulan dengan muatan Kurikulum Nasional dan Edexcel, dengan mengedepankan nilai-nilai Islam dan pendidikan penguatan karakter, dengan tetap mempersiapkan terhadap penguasaan sains, teknologi dan kemampuan multi bahasa. Sekolah ini juga memfasilitasi muridnya dengan kelas akselerasi, yaitu Program pembelajaran 5 tahun bagi peserta didik yang memiliki potensi dan bakat istimewa.

3. SMA Al Masoem Bandung

Alamat: Jl. Raya Cipacing No. 22, Jatinangor – Sumedang
Telefon: (022) 7798204
Website: almasoem.sch.id

Selanjutnya, ada SMA Al Masoem yang memberikan fasilitas untuk kelas akselerasi bagi murid cerdas pilihan agar bisa belajar lebih singkat yakni selama dua tahun saja. Murid akselerasi akan dipilih berdasarkan tes uji hasil siswa dan prestasi yang ditunjukkan selama menjalankan pendidikan di asrama maupun di kelas reguler. SMA Al Masoem sendiri merupakan boarding school yang berdedikasi mendidik murid dengan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional.

4. SD Laboratorium UPI Tasikmalaya

Alamat: Jl. Dadaha No.18, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Telefon: 085220284474
Website: sdlab-upitasik.sch.id

SD Laboratorium UPI Tasikmalaya memiliki program pendidikan akselerasi bagi siswa kelas 5 yang memenuhi syarat, juga telah menempuh program pembelajaran sepadan dengan standar kelulusan tingkat pendidikan sekolah dasar berdasarkan hasil seleksi kemampuan akademik di tingkat kelas 4.

Bagi siswa tingkat kelas V yang tidak mengikuti program akselerasi diberi peluang untuk menuntaskan program reguler sampai ke tingkat kelas 6. Tak hanya itu, sekolah ini juga memiliki CIMIPA (Cerdas Istimewa Matematika dan IPA) untuk mempersiapkan murid mengikuti olimpiade IPA.

5. Budi Cendekia Islamic School

Alamat: Jl.Boulevard, Kalimulya Grand Depok, Jawa Barat
Telefon: 0877-7444-8811
Website: bcischool.sch.id

Budi Cendekia Islamic School adalah sekolah swasta berbasis pendidikan Islam yang juga memiliki program akselerasi. Di sekolah ini, program akselerasi disebut dengan kelas SKS 4 Semester. Program Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan program yang tepat untuk mewadahi murid dengan kemampuan akademik kategori superior atau cerdas istimewa. Sekolah ini percaya bahwa murid dengan potensi tersebut diestimasikan mampu menempuh waktu studi yang lebih singkat.

6. SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT

Alamat: Jl. Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur
Telefon: (0321) 865265
Website: smulandu2-jbg.sch.id

SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT memiliki program unggulan yang bertajuk Program Sistem Kredit Semester (SKS). Menurut informasi dari situs NU Jombang, murid yang memiliki pola belajar yang cepat dapat memasuki sistem SKS 3 tahun plus. Sedangkan, murid yang belajar dengan cepat dan memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an dapat mengikuti SKS 3 tahun plus Hafidz Qur’an.

Untuk dapat mengikuti program SKS 3 tahun plus atau SKS 3 tahun plus tahfidz, ada masa orientasi di awal semester, baik di pondok maupun di sekolah. Murid harus mengikuti tes matrikulasi yang menguji bakat ekstrakurikuler mereka, kemampuan bahasa asing, tes akademik, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an, serta bakat mereka dalam mengikuti olimpiade.

7. SMAN 3 Surakarta

Alamat: Jl. Prof. Yohanes No.58, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telefon: (0271) 648681
Website: sman3-slo.sch.id

Berikutnya, ada SMAN 3 Surakarta yang memiliki program akselerasi bertajuk Program SKS, yaitu layanan cepat yang memungkinkan siswa lulus selama dua tahun. Melansir dari Solo Pos, murid yang mengikuti program ini harus terlebih dahulu memiliki nilai tes intelegensi dan nilai SMP yang sesuai standar. Di pertengahan semester satu, murid akan menjalani asesmen. Setelahnya siswa akan ditawarkan untuk mengikuti percepatan belajar.

8. MTsN 2 Ponorogo

Alamat: Jl. Ki Ageng Mirah No. 79 Ponorogo, Jawa Timur
Telefon: (0352) 461227
Website: www.mtsn2ponorogo.sch.id

MTsN 2 Ponorogo adalah sekolah berbasis pendidikan Islam yang menyediakan kelas percepatan, yaitu layanan kelas dengan peserta didik cerdas istimewa, dengan kriteria hasil nilai belajar dan IQ peserta didik setelah ditempuh satu semester, sesuai ketentuan yang berlaku. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada murid untuk menyelesaikan program reguler dalam jangka waktu yang lebih singkat dibanding teman-temannya.

9. Noble Academy

Alamat: 25th Floor, T.1-3, Podomoro City, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Grogol, Jakarta Barat
Telefon: (021) 39502274
Website: noble.sch.id

Noble Academy adalah lembaga pendidikan homeschooling yang memberikan kualitas pendidikan, kesempatan sosial, dan dukungan emosional terbaik bagi semua siswa dengan bakat dan minat sendiri melalui kurikulum yang dirancang secara individual untuk memenuhi potensi dan kebutuhannya.

Sekolah ini memiliki program Gifted untuk anak kelas 4 sampai 9 dengan IQ diatas 130 dan suka tantangan akademik maupun non-akademik. Murid dalam program ini akan belajar dengan kecepatannya sendiri dengan berbagai teknik pembelajaran, contohnya dengan Blended Learning, one-on-one mentorship, dan Project-Based Learning.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: Mengenal Kurikulum IPC, Tak Hanya Fokus Pada Nilai Tapi Juga Karakter Anak

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan