banner-detik
SELF

Cara Donasi untuk Palestina, Dijamin Aman dan Tepercaya

author

Dhevita Wulandari02 Nov 2023

Cara Donasi untuk Palestina, Dijamin Aman dan Tepercaya

Ingin membantu saudara-saudari hingga anak-anak di Palestina dengan berdonasi? Ini beberapa cara donasi untuk Palestina yang aman dan tepercaya.

Konflik antar Israel dan Palestina semakin memanas. Ditambah lagi baru-baru ini dalam rapat Majelis Umum PBB, Israel secara blak-blakan menolak gencatan senjata dan mengatakan bahwa hal itu “tidak akan terjadi”.

Bukan semata-semata soal agama saja, tapi konflik yang sudah berlangsung selama kurang lebih 75 tahun ini juga soal perebutan wilayah dan kemanusiaan. Semua orang harus mengedukasi diri sendiri dan orang sekitar dengan mengetahui sejarah terjadinya konflik ini agar lebih bisa memahami kondisi apa yang sebenarnya terjadi saat ini di Israel dan Palestina.

Banyaknya korban di mana sebagian adalah anak-anak membuat banyak orang semakin menyadari betapa seriusnya konflik antara kedua kubu ini. Tidak hanya warga di seluruh dunia, di Indonesia juga banyak demo untuk mendukung Palestina serta menggalang donasi untuk Palestina.

Semua orang diharapkan untuk secara bijak membagikan sumber yang jelas dan tepercaya mengenai isu ini. Sebab, tidak dipungkiri, ada banyak juga informasi yang tidak benar dan donasi palsu yang sudah tersebar di mana-mana. Sebaiknya, cari tahu dulu sumber yang memang kredibel sebelum membagikan berita dan sebelum melakukan donasi.

BACA JUGA: Deretan Artis yang Mendukung Palestina, Syifa Hadju hingga Bella Hadid

Cara Donasi ke Palestina

Berikut beberapa tempat yang aman dan tepercaya serta cara donasi untuk Palestina.

1. Kedutaan Besar Palestina di Jakarta

Kedutaan Besar Palestina di Jakarta menyampaikan pembukaan donasi untuk Palestina secara resmi melalui akun Instagram @palestineembassy.id. Para donator yang ingin berdonasi untuk Palestina bisa langsung mengirimkan lewat Bank Mandiri dengan nomor rekening 123-00-0010122-2 atas nama Embassy of the State of Palestine.

2. Kitabisa

Kitabisa juga membuka donasi untuk para korban bom di Palestina. Penggalangan dana dari Kitabisa juga banyak diinisiasi oleh para artis dan public figure di Indonesia, salah satunya melalui Hamidah Rachmayanti yang sudah melakukan donasi untuk Palestina sejak 2021.

Untuk berdonasi, donatur bisa memasukkan pilihan uang atau jumlah uang yang ingin didonasikan. Klik link dari Kitabisa ini untuk melakukan donasi.

3. Rumah Zakat

Selain bisa untuk membayar zakat dan sedekah, Rumah Zakat juga membuka penggalangan dana untuk Palestina. Caranya mudah, donatur bisa memilih jumlah uang yang akan didonasikan atau memasukkan nomial tertentu. Mommies dan Daddies bisa langsung klik di sini untuk berdonasi.

4. UNICEF

donasi palestina

UNICEF selalu update bantuan dan pasokan di website resmi www.supportunicefindonesia.org. Fokus pada pasokan air bersih dan bahan bakar, UNICEF juga memberi bantuan kegiatan rekreasi dan dukungan psikososial setiap hari untuk pengungsi anak-anak dan remaja. Selain itu, UNICEF juga memberikan bantuan uang tunai yang menyasar lebih dari 22.000 di mana setengahnya adalah anak-anak dan perlengkapan gawat darurat yang cukup untuk 80.000 orang selama 3 bulan.

Jika ingin berdonasi lewat UNICEF, Mommies dan Daddies bisa langsung klik di sini.

5. MER-C

Medical Emergency Rescue Commitee atau lebih dikenal dengan sebutan MER-C sudah sejak 2011 membangun Rumah Sakit Indonesia (RSI) untuk Palestina di Gaza. Dikutip dari laman resminya mer-c.org, hingga saat ini, dana pembangunan rumah sakit di Gaza, Palestina seluruhnya berasal dari donasi masyarakat Indonesia, tidak ada bantuan dana asing.

Selain membangun rumah sakit, MER-C juga membantu pengadaan alat kesehatan, membangun Trauma Centre & Rehabilitation untuk korban pengeboman, dan lain-lain. Untuk melakukan donasi, Mommies dan Daddies bisa cek rekening berikut ini:

  • BCA: 686.0153678
  • BSI: 700.1352.061
  • Mandiri: 124.000.8111.925
  • BRI: 033.501.0007.60308
  • Mega Syariah: 1000.209.400

donasi palestina

Foto: Instagram @mercindonesia

BACA JUGA: 6 Cara Menjelaskan Konflik Israel-Palestina kepada Anak Menurut Psikolog

Cover: Image by mrsiraphol on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan