banner-detik
LIFESTYLE

11 Buah Tinggi Kolagen yang Bantu Mencerahkan Kulit dan Hilangkan Kerutan di Wajah, Bikin Awet Muda!

author

Katharina Menge01 Nov 2023

11 Buah Tinggi Kolagen yang Bantu Mencerahkan Kulit dan Hilangkan Kerutan di Wajah, Bikin Awet Muda!

Jika Mommies ingin mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan kerutan di wajah, sangat disarankan untuk mengonsumsi deretan buah yang tinggi kolagen berikut ini!

Buah tinggi kolagen bisa jadi jalan keluar untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan bebas kerutan alias membantu penampilan terlihat awet muda.

Namun masih banyak orang yang mencari rutinitas perawatan anti-aging, mulai dari mencoba segala jenis pembersih wajah, krim pelembap, dan suplemen di pagi hari, ditambah masker malam atau serum sebelum tidur. Ada juga yang mencari perawatan di spa atau klinik kecantikan, hingga memakai makeup untuk dapatkan kulit wajah yang cerah dan bebas kerutan.

Tidak ada yang salah dengan itu, bahkan jika kalian merasa itu cara termudah maka lakukanlah. Meski begitu, pasti ada banyak juga yang merasa deretan perawatan di atas membuat dompet terkuras. Nah, jalan termudah dan terjangkau yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan membantu tubuh memproduksi protein anti penuaan alami, yaitu kolagen.

“Kolagen merupakan protein yang paling melimpah di tubuh,” jelas Marisa Moore, RDN, LD, ahli diet terdaftar serta pakar pangan dan gizi. “Ia terdapat di kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat dan memainkan peran penting dalam kesehatan sendi dan menjaga kelenturan dan elastisitas kulit.”

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen. Jadi untuk memastikan kulit tetap cerah dan kerutan di wajah menghilang, cobalah konsumsi deretan buah kaya kolagen berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Skincare Dengan Kandungan Kolagen, Cocok Untuk Umur 40-an

Buah Tinggi Kolagen yang Bantu Awet Muda

Ini dia rekomendasi buah tinggi kolagen yang bisa membantu wajah jadi awet muda, bebas kerutan, serta mencerahkan kulit!

1. Buah beri

Segala jenis buah beri, mulai dari stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan beri lainnya mengandung vitamin C dengan dosis tinggi yang bisa memberikan keajaiban pada kulit. Menurut penelitian dari Natial Library of Medicine, di dalam deretan buah ini juga terkandung asam ellagic yang bisa membantu melawan kerusakan akibat sinar UV.

2. Jeruk

Vitamin C adalah nutrisi yang membantu menghubungkan asam amino selama produksi kolagen. Di dalam satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Jumlah tersebut cukup baik untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan untuk wanita dewasa, yaitu 75 miligram. Konsumsi buah jeruk berarti membantu produksi kolagen dalam tubuh.

3. Alpukat

Alpukat punya banyak manfaat kesehatan dan rasanya juga nikmat. Alpukat mengandung omega 3 yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Penelitian pun menemukan fakta bahwa sterolin dalam minyak alpukat bisa meningkatkan jumlah kolagen pada kulit secara signifikan.

4. Pisang

Pisang mengandung vitamin C seperti banyak buah lainnya, dan pisang berukuran sedang akan memberi tubuh 10% vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari. Tak hanya itu, vitamin C dalam pisang juga bisa membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Selain itu ada juga kandungan Vitamin A yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

5. Jeruk bali

Punya rasa yang manis dan asam, jeruk bali juga kaya akan vitamin C, yang terbukti membantu pembentukan kolagen. Bersama dengan kandungan vitamin A, jeruk bali adalah kandungan anti penuaan yang luar biasa, yang bantu melembutkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

6. Mangga

Satu cangkir mangga ternyata membantu memenuhi 67 persen kebutuhan vitamin C dan lebih dari 8 persen kebutuhan tembaga harian. Ada juga kandungan folat, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin E yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi mangga adalah cara termudah dan terbaik untuk mendukung kesehatan kulit.

7. Kiwi

Kiwi dan biji kiwi ternyata juga turut membantu tubuh memproduksi kolagen. Semakin banyak kolagen yang diproduksi tubuh, kulit Anda akan semakin kencang. Selamat tinggal kantung mata yang kendor. Selain kaya vitamin C, biji kiwi kaya akan antioksidan yang membantu mencegah produksi radikal bebas, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

8. Jambu biji

Jambu biji tinggi akan kandungan vitamin esensial, mulai dari vitamin A, B, C dan K. Jambu biji juga mengandung sedikit zinc yang merupakan salah satu faktor pendukung produksi kolagen selain vitamin C. Satu buah kiwi ukuran sedang saja mengandung hampir 80% dari kebutuhan vitamin c harian yang direkomendasikan.

9. Pepaya

Daging buah pepaya kaya akan enzim papain yang meningkatkan produksi kolagen dan salah satu agen anti inflamasi terbaik dari alam. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, dan antioksidan yang membantu melembabkan, menutrisi kulit, dan memperlambat proses penuaan.

10. Semangka

Tahukah kenapa ada banyak produk serum anti-aging dengan kandungan semangka? Ya, benar. Karena semangka mengandung vitamin A, C, dan E, serta air dalam jumlah tinggi, yang semuanya meningkatkan hidrasi kulit dan menstimulasi kolagen.

11. Nanas

Kalian harus tahu bahwa dalam cangkir nanas terkandung 88% nilai harian untuk vitamin C. Coba konsumsi jus nanas karena itu membantu tubuh mensintesis kolagen, yang membantu kulit tetap kencang dan fleksibel. Selain itu, vitamin C dan asam amino di dalamnya juga akan membantu perbaikan sel dan jaringan.

BACA JUGA: 10 Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan